mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Sipil Analisa Sistem Jaringan Pendistribusian Pipa Air Bersih di PDAM Tirta Bulian Tebing Tinggi. Air bersih adalah salah satu jenis sumberdaya berbasis air yang bermutu baik dan biasa dimanfaatkan oleh manusia untuk dikonsumsi atau dalam melakukan aktivitas mereka sehari-hari termasuk diantaranya adalah sanitasi.

Dalam Skripsi Sipil Analisa Sistem Jaringan Pendistribusian Pipa Air Bersih di PDAM Tirta Bulian Tebing Tinggi ini dijelaskan bahwa kehadiran PDAM dimungkinkan melalui Undang-undang No. 5 tahun 1962 sebagai kesatuan usaha milik Pemda yang memberikan jasa pelayanan dan menyelenggarakan kemanfaatan umum di bidang air minum. Maksud dan tujuan penelitian ini untuk menganalisa sistem penyaluran dan pendistribusian pada pipa air minum di sebagian dari kota Tebing Tinggi yang dikelola oleh PDAM Tirta Bulian Tebing Tinggi, tepatnya pada daerah Kelurahan Lalang Kecamatan Rambutan dengan menganalisa pemakaian air pada jam puncak.

Tahapan-tahapan dalam penyelesaian tugas akhir Skripsi Sipil Analisa Sistem Jaringan Pendistribusian Pipa Air Bersih di PDAM Tirta Bulian Tebing Tinggi ini yaitu terlebih dahulu mengumpulkan data yang dibutuhkan baik primer dan sekunder dari PDAM Tirta Bulian. Kemudian menghitung banyaknya penduduk yang ada di area Kelurahan Lalang Kecamatan Rambutan. Tahapan berikutnya adalah menghitung kebutuhan air pada tiap titik layanan pada area perumahan.

Dari data yang ada dan dari hasil perhitungan yang telah dilakukan, kemudian dilakukan perhitungan Hardy Cross dengan menggunakan persamaan Darcy-Weisbach yang dibantu dengan software Microsoft Excel. Berdasarkan hasil perhitungan didapat bahwa total kebutuhan air untuk masyarakat Kelurahan Lalang Kecamatan Rambutan sebesar 915,56 m3/hari. Adapun kebutuhan maksimal terjadi pada pukul 17.00-20.00 WIB sebesar 0,03531 m3/detik yang berdasarkan perhitungan pada pemakaian 24 jam.

Pipa yang dipakai adalah jenis pipa Galvanized Iron dengan diameter pipa 75 mm dan 50 mm. Pompa yang digunakan berdasarkan hitungan berkapasitas 18 l/det/unit. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perbandingan debit asumsi dengan debit pemakaian di lapangan sebesar 32%. Pada perhitungan Hardy-Cross aliran debit yang terbesar pada pipa adalah 0,0161 m3/det dan aliran debit terkecil pada pipa adalah 0,00007 m3/det. Pompa yang digunakan sudah dapat mampu mendistribusikan air ke Kelurahan Lalang Kecamatan Rambutan dengan kapasitas 60 l/det sebanyak 2 unit. Skripsi Sipil Analisa Sistem Jaringan Pendistribusian Pipa Air Bersih di PDAM Tirta Bulian Tebing Tinggi.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Filed under: Sipil

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!