mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Sipil Analisis Sistem Pendistribusian Air Bersih pada Bangunan Bertingkat dengan Software EPANET 2.0. Sistem distribusi air bersih umumnya merupakan suatu jaringan perpipaan yang tersusun atas sistem pipa, pompa dan perlengkapan lainnya. Pendistribusian air bersih pada gedung-gedung bertingkat memerlukan suatu instalasi pendistribusian yang mampu memenuhi kebutuhan akan air bersih secara merata ke seluruh tempat pada gedung.

Dalam penulisan Skripsi Sipil Analisis Sistem Pendistribusian Air Bersih pada Bangunan Bertingkat dengan Software EPANET 2.0 ini dirancang suatu pendistribusian air bersih pada gedung, dimana perancangan ini meliputi kebutuhan total air bersih, ukuran dan jenis pipa yang digunakan, reservoir, pompa, dan tangki air. Analisa yang digunakan dalam perancangan ini menggunakan perhitungan manual secara step by step dengan rumus Darcy-Weisbach dengan kajian pembanding software EPANET 2.0.

Perhitungan yang dilakukan merupakan analisa nilai head pada masing-masing pipa. Dimana kebutuhan air pada gedung adalah 15.000 liter per hari. Dimana nilai head didapat dari pengurangan head dengan kerugian head. Dengan elevasi gedung 15 meter dan pipa yang digunakan PVC dengan diamater 4 inci, 3 inci, 2 inci, 1½ inci, ¾ inci, ½ inci.

Dan menganalisa jenis pompa sesuai spesifikasinya. Hasil perhitungan manual dibandingkan dengan output EPANET 2.0 memiliki perbandingan head pada masing-masing pipa dengan jumlah 1,343 persen. Berdasarkan perhitungan maka didapat persen ralat rata-rata yaitu sebesar 0,096 persen. Maka hal ini menunjukkan bahwa pada perhitungan secara manual menggunakan rumus Darcy Weisbach dan EPANET 2.0 tidak jauh berbeda. Skripsi Sipil Analisis Sistem Pendistribusian Air Bersih pada Bangunan Bertingkat dengan Software EPANET 2.0.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Filed under: Sipil

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!