mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Sipil Kajian Respon Bangunan Soft Story Terhadap Pengaruh Gempa. Sebuah tingkat/lantai lunak (soft story) dikenal sebagai lantai yang lemah (weak story) didefenisikan sebagai tingkat pada gedung yang memiliki sebagian besar kekakuan atau kapasitas untuk menyerap energinya sangat kecil untuk melawan/menahan induksi tekanan akibat gempa terhadap gedung tersebut.

Gedung dengan tingkat lunak memiliki karakteristik dengan bukaan yang banyak karena penggunaan dinding yang sedikit. Pada tugas akhir ini dianalisa pengaruh penggunaan dinding yang memberikan efek besar pada bangunan. Pada bangunan yang tidak menggunakan dinding pengisi pada lantai dasar (lantai yang dianggap lunak) memberikan kekakuan yang lebih kecil daripada bangunan yang menggunakan dinding pengisi pada lantai dasar. Pada analisa dipakai metode diagonal tekan ekivalen oleh Saneinejad and Hobbs (1995).

Pembahasan tugas akhir Skripsi Sipil Kajian Respon Bangunan Soft Story Terhadap Pengaruh Gempa ini dilakukan dengan analisa beban dorong statik (pushover). Bangunan yang dianalisa adalah bangunan dengan 3 bentang dengan panjang bentang tepi 8m dan bentang tengah 6m, sementara tinggi lantai dasar sebagai lantai lunak 6m dan tingkat di atasnya 4m. Struktur dianalisa secara bertahap, yaitu tanpa dinding di lantai dasar sebagai tahap awal kemudian dengan menggunakan dinding pada tahap kedua.

Ketika bangunan yang tidak menggunakan dinding pada lantai dasar memberikan kekakuan sebesar 10461,69 kg/cm, pada displacement 0,283959 m dan base shear 84245,67 kg, bangunan hampir runtuh. Sementara pada bangunan setelah menggunakan dinding pada lantai dasar memberikan kekakuan 194190,36 kg/cm dan pada displacement 0,977017 m bangunan mampu memikul beban sebesar 4629017,49 kg. Perbandingan yang diperoleh dari analisa untuk kekakuan sebesar 94,61 %, displacement 70,94 %, dan base shear 98,18 %. Skripsi Sipil Kajian Respon Bangunan Soft Story Terhadap Pengaruh Gempa.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Filed under: Sipil

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!