mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Sipil Pengaruh Bracing Pada Portal Struktur Baja (Studi Literatur). Pengaruh gempa merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dianalisis dalam perencanaan struktur gedung, terutama bangunan-bangunan yang berada dalam wilayah yang sering dilanda gempa besar. Mengingat bahwa wilayah kepulauan Indonesia terletak didaerah rawan gempa.

Oleh karena itu diperlukan suatu perencanaan bracing yang baik terhadap bahaya gempa agar tidak terjadi tingkat kecelakaan dan kerugian yang besar. Dalam tugas akhir ini akan dibahas perencanaan tentang pengaruh bracing sebagai penahan gaya akibat gempa pada portal tanpa bracing dan dengan portal memakai bracing struktur baja sesuai dengan SNI 03-1726-2002 dan SNI 03-1729-2002.

Terdapat dua portal penahan gempa yaitu sistem rangka pemikul momen (momen resisting frames) dan concentrically braced frames terdiri dari tipe X dan tipe V terbalik, dimana kedua portal tersebut diberikan pembebanan yang sama (beban mati dan beban hidup) dan beban gempa yang dianalisis dengan statik ekuivelen dengan zona gempa wilayah 4.

Gaya dalam yang bekerja dihasilkan dengan menggunakan SAP 2000 V9 yang hasil outputnya dipilih gaya terbesar berdasarkan hasil kombinasi lalu dibuat langkah awal penentuan dimensi dengan preliminary atau memperkirakan dimensi elemen-elemen struktur yang mampu memikul beban yang bekerja.

Berdasarkan perhitungan yang dilakukan menggunakan metode LRFD (load and resisting factor design) pada Skripsi Sipil Pengaruh Bracing Pada Portal Struktur Baja (Studi Literatur) ini adalah tanpa bracing memiliki berat profil total 5002 kg dan dengan bracing yaitu concentrically braced frames terdiri dari tipe X memiliki berat profil total 5959,46 kg dan tipe V terbalik memiliki berat profil 4550 kg. Maka dengan bracing concentrically braced frames V terbalik memiliki berat profil total yang ringan.

Dengan struktur biasa/tanpa bracing memiliki deformasi yang cukup besar sehingga memiliki daktalitas yang besar dan memiliki kekakuan yang rendah, Tetapi dengan struktur bracing concentrically braced frames tipe X yang memiliki kekakuan yang tinggi untuk menahan gaya lateral (gempa) karena bracing tipe X mampu berdeformasi inelastik yang besar tanpa kehilangan yang signifikan kekuatan dan kekakuan struktur. Skripsi Sipil Pengaruh Bracing Pada Portal Struktur Baja (Studi Literatur).

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Filed under: Sipil

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!