mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Sipil Pengaruh Limbah Abu Sawit Terhadap Sifat Mekanik dan Fisi Beton. Abu sawit merupakan limbah dari pengolahan kelapa sawit yang merupakan sisa dari pembakaran serabut dan cangkang kelapa sawit didalam tungku pembakaran yang disebut boiler. Bahan limbah ini banyak ditemukan di wilayah indonesia dan belum dimanfaatkan secara maksimal. Penumpukan karena tak semua limbah dapat di daur ulang menjadi hal yang bermanfaat, sehingga keberadaan yang terus meningkat menjadi masalah disetiap negara.

Pada penelitian Skripsi Sipil Pengaruh Limbah Abu Sawit Terhadap Sifat Mekanik dan Fisi Beton ini menggunakan abu sawit yang dimana Abu sawit memiliki sifat pozzolan dan mengandung unsur silica yang cukup banyak (sekitar 60% dari berat seluruh sisa pembakaran) yang dijadikan sebagai penambah sejumlah semen dengan variasi 0%, 7.5%, 12.5%, 17.5%, 22.5%, yang bertujuan untuk mengetahui jumlah optimum abu sawit dan pengaruhnya terhadap beton. Limbah abu sawit digunakan mengetahui workabilitas beton segar dengan penambahan bahan tambah abu sawit, serta mengetahui sifat mekanis beton yaitu terdiri dari absorbsi, kuat tekan dan elastisitas silinder beton, serta mengetahui pola retak pelat beton dengan dibandingkan beton normal pada mutu yang sama.

Benda uji yang digunakan adalah silinder dengan diameter 15 cm dan tinggi 30 cm serta pelat beton dengan ukuran 100 cm x 100 cm x 8 cm dimana perawatan beton dengan cara perendaman di air untuk silinder, dan untuk pelat beton di buat di ruangan terbuka. Pengujian kuat tekan dan elastisitas silinder dilakukan pada umur 28 hari untuk semua variasi. Pengamatan pola retak pada benda uji pelat beton dilakukan dilakukan pada umur beton 1, 3, 7, 14, 28, 45 dan 60 hari dengan bentuk benda uji pelat beton.

Dari hasil pengujian Skripsi Sipil Pengaruh Limbah Abu Sawit Terhadap Sifat Mekanik dan Fisi Beton ini diperoleh hasil penurunan pada nilai slump, kenaikan pada absorbsi beton, Pada pengujian silinder penambahan Abu Sawit pada campuran beton dapat memberikan peningkatan pada kuat tekan beton dengan variasi 7.5% (260.44 kg/cm2), sedangkan pada penambahan Abu Sawit dengan kadar 12.5% (235,53 kg/cm2), 17.5% (205,71 kg/cm2) dan 22.5% (182,68 kg/cm2) dapat menurunkan kuat tekan beton terhadap beton normalnya (251,95 kg/cm2), Penambahan Abu Sawit pada campuran beton dapat menurunkan modulus elastisitas beton.

Semakin banyak kadar yang kita gunakan modulus elastisitas beton yang semakin kecil. Semakin besar penambahan abu sawit pada campuran beton maka jumlah, panjang dan lebar retak pada pelat yang terjadi semakin berkurang, Pengurangan jumlah, panjang dan lebar retak dikarenakan air yang diserap oleh abu sawit tersebut dapat membantu dan menjaga beton dari penguapan yang tinggi sehingga terhindar dari retak-retak rambut selama proses pengerasan dan perawatan pada beton. Skripsi Sipil Pengaruh Limbah Abu Sawit Terhadap Sifat Mekanik dan Fisi Beton.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Filed under: Sipil

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!