mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Teknik Sipil Analisa Ketahanan Gempa Pada Struktur Rumah Tradisional Sumatra . Berikut adalah penjelasan mengenai pokok permasalahan, tujuan penelitian, pembatasan masalah dan lain-lain yang menyangkut skripsi ini.

POKOK PERMASALAHAN

Selama ratusan tahun umurnya, bangunan Rumah Tradisional warisan nenek moyang ini telah mengalami guncangan gempa, baik skala kecil maupun besar. Dari catatan sejarah, ternyata sistem struktur yang digunakansangat efektif dalam mengontrol efek destruktif gempa bumi yang terjadi, sehingga rumah ini tetap berdiri kokoh selama beratus-ratus tahun.

Pada penelitian ini, sistem struktur yang digunakan pada Rumah Tradisional warisan nenek moyang tersebut akan dikaji lebih dalam, sehingga dapat diketahui sistem struktur yang efektif dalam menahan gaya gempa bumi yang ada.

TUJUAN PENELITIAN

Tujuan dari penulisan penelitian ini adalah untuk menganalisa analisa ketahanan gempa pada struktur Rumah Tradisional yang ada di Pulau Sumatra. Dengan memodelisasi bangunan Rumah Tradisional yang ada di Pulau Sumatra, kemudian mempelajari respon sistem struktur bangunan tersebut jika menerima gaya gempa. Diharapkan hasil analisa diharapkan dapat diketahui kelemahan dan kelebihan dari struktur Rumah Tradisional Sumatra.

PEMBATASAN MASALAH

Untuk penulisan Penelitian ini dibatasi permasalahan berupa pemodelan Struktur dengan analisa dinamik time history. Struktur Rumah Tradisional Sumatra yang akan ditinjau sebanyak 4 jenis yaitu

  1. Rumah Bolon Simalungun ( Kabupaten Pematang Sinatar, Provinsi Sumatra Utara),
  2. Rumah Omo Sebua ( Kabupaten Nias Selatan, Provinsi Sumatra Utara ),
  3. Rumah Gadang Bodi Caniago ( Kabupaten Solok, Provinsi Sumatra Barat),
  4. Rumah Limas ( Kota Palembang, Provinsi Sumatra Selatan ).

Pemilihan ke 4 jenis Rumah Tradisional ini didasarkan berdasarkan sistem struktur yang dianggap dapat mewakil Rumah Tradisional secara keseluruhan.

METODOLOGI PENELITIAN

Penelitian dilakukan deng an mempelajari ragam macam Rumah Tradisional Sumatra dengan Studi Literatur, Observasi Lapangan dan Wawancara. Dari ragam macam Rumah Tradisional Sumtra dipilih yang memiliki kesamaan dalam sistem struktur. Kemudian dilakukan pengklasifikasian berdasarkan sistem struktur.

Hasil dari pengklasfikasian didapat Rumah Tradisional Sumatra yang akan dimodelisasi sesuai dengan kondisi aktual bangunan. Selanjutnya untuk mengevaluasi responnya, bangunan ini akan digetarkan dengan analisa time history bantuan program SAP Non Linear V.10.0.1.

Kinerja seismik dari bangunan tersebut akan dievaluasi berdasarkan respon struktur yang terjadi. Sehingga akhirnya dapat diketahui seberapa besar kemampuan dari Rumah Tradisional tersebut dalam menerima gaya gempa yang terjadi.

Demikian tadi penjelasan mengenai pokok permasalahan, tujuan penelitian, pembatasan masalah dan lain-lain yang menyangkut Skripsi Teknik Sipil Analisa Ketahanan Gempa Pada Struktur Rumah Tradisional Sumatra ini, semoga bermanfaat.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.

Filed under: Sipil

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!