mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Teknik Sipil ANALISA NUMERIK PERILAKU STRUKTUR BALOK BETON BERTULANG BERBAHAN DASAR GEOPOLIMER . Berikut adalah penjelasan tentang tujuan penelitian, ruang lingkup masalah dan hipotesa yang menyangkut skripsi ini.

TUJUAN PENELITIAN

Penelitian ini ber tujuan untuk memperkirakan dan mengetahui perilaku dari balok yang dibuat dari bahan goepolimer setelah dibebani melalui suatu analisa numerik. Dengan memperkirakan perilaku balok beton goepolimer sebelum balok beton geopolimer itu dibuat, maka diharapkan akan menghasilkan balok beton yang efisien baik dari sisi ekonomi maupun kekuatannya. Adapun hal-hal yang akan dipelajari da lam penelitian ini adalah

  • Kurva

Kurva tarik dan tekan menjadi hal yang penting dalam penelitian ini. Mengetahui batas-batas kekuatan beton geopolimer akan mempermudah dalam merencanakan suatu desain.

  • Analisa Penampang Balok

Penampang balok yang dianalisa dalam percobaan ini adalah bagaimana menentukan letak garis ne tral, besarnya gaya-gaya yang bekerja baik gaya tekan maupun gaya tarik.

  • Kurva Momen-kurvatur

Kurva momen-kurvatur merupakan kurva yang dapat dihas ilkan dari perencanaan balok yang akan didesain.

  • Pemprograman

Program sebagai alat bantu piranti lunak yang digunakan untuk proses perhitungan numerik

RUANG LINGKUP PERMASALAHAN

Penelitian beton geopolimer sudah pernah dilakukan sebelumnya. Namun yang dilakukan hanya berupa tes tekan terhadap sample-sample beton pada umumnya. Penelitian terhadap ap likasi penggunaan pada lapangan, dalm hal ini adalah balok beton geopolimer, belum dilakukan.

Perilaku beton seperti susut Rangkak ( ) belum diketahui pada beton geopolimer. Kelebihan menggunakan beton geopolimer adalah bet on ini menggunakan bahan sisa ( ) yaitu abu terbang yang merupakan sisa hasil pembakaran batu bara.

Persediaan semen di alam juga terbatas sehingga diperlukan alternatif beton untuk kedepannya. Perencanaan balok beton geopolimer yang akan dibuat berdasarkan perhitungan analisa numerik mengg unakan metode f iber model. Batasan masalah pada skripsi ini adalah sebagai berikut :

  1. Analisa Fiber model dilakukan dengan membagi penampang balok beton bertulang menjadi serat-serat dan memberikan sifat non-linear material pada masing-masing serat. Sifat non-linear geometri penampang balok diabaikan.
  2. Analisa fiber model dilakukan dengan empat asumsi dasar :
  • Penampang datar sebelum mengalami lentur akan tetap datar setelah mengalami lentur. Sesuai dengan Teori Bernoulli. Regangan longitudinal beton dan baja pada berbagai titik di sepanjang penampang sebanding dengan jaraknya dari garis netral.
  • Kurva tegangan-regangan baja diketahui. Hubungan teganganregangan baja diasumsikan berupa kurva tegangan-regangan bilinear.
  • Kuat tarik beton dianggap 10 % dari kuat tekannya.
  • Kkurva tegangan-regangan beton yang menggambarkan besar dan distribu si tegangan tekan diketahui. Hubungan regangan-regangan beton menggunakan model Desayi dan Krishnan

3 . Penggunaan Metode Numerik dengan batasan sebagai berikut :
1. Integrasi Persamaan menggunakan aturan trapesium
2. Akar persamaan ditentukan dengan metode bagi dua
3. Interpolasi dilakukan secara linear
.
HIPOTESA AWAL

Dengan penelitian ini diharapkan mendapatkan beton geopolimer yang efisien. Mampu memperhitungkan komposisi yang tepat dan memperhitungkan batas aman dari beton geopolimer bahkan sebelum beton tersebut dibuat. Selain itu untuk membuktikan hasil yang didapat berdasarkan percobaan.

Demikian tadi penjelasan tentang tujuan penelitian, ruang lingkup masalah dan hipotesa yang menyangkut Skripsi Teknik Sipil ANALISA NUMERIK PERILAKU STRUKTUR BALOK BETON BERTULANG BERBAHAN DASAR GEOPOLIMER ini. Semoga bermanfaat.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.

Filed under: Sipil

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!