mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Teknik Sipil ANALISIS APLIKASI LEAN CONSTRUCTION UNTUK MENGURANGI LIMBAH MATERIAL PADA PROYEK KONSTRUKSI JEMBATAN . Tujuan penelitian
1. Mengidentifikasi proses yang menghasilkan limbah (sumber limbah) pada perusahaan precast
2. Mengevaluasi jenis limbah yang dihasilkan dalam proyek konstruksi jembatan pada perusahaan precast dengan menggunakan teknik lean construction.

Penelitian Skripsi Teknik Sipil ini akan mengidentifikasi pekerjaan-pekerjaan yang menghasilkan limbah (material waste) dalam pelaksanaan pekerjaan struktur konstruksi jembatan yaitu proses pabrikasi girder dengan metode precast.

Konsep lean sendiri dalam Skripsi Teknik Sipil ini merupakan buah pemikiran dari lean thinking yang dipopulerkan oleh Toyota’s Chief Engineer, Taiichi Ohno dalam Toyota Producction System. Konsep ini sendiri lahir setelah Ohno melakukan studi banding untuk meninjau sistem produksi yang diterapkan di Ford.

Berbeda dengan Ford yang melakukan pembatasan terhadap permintaan produk, Ohno melakukan aktivitas produksi saat pemesanan itu ada. Dengan kata lain dalam Skripsi Teknik Sipil ini , gudang atau lokasi enyimpanan diupayakan untuk kosong dan sebagai konsekuensinya, kinerja produktivitas harus berjalan efektif, sehingga barang dapat diterima konsumen dengan tepat waktu.

Satu dari kunci utama dari prinsip “Lean” seperti yang tertulis dalam “Toyota Production System” dalam Skripsi Teknik Sipil ini adalah identifikasi kegiatan-kegiatan menjadi dua golongan yaitu kegiatan yang memberikan nilai tambah dan kegiatan yang tidak perlu (pemborosan).

Dengan melakukan identifikasi pada setiap kegiatan yang terlibat, maka kegiatan yang mendatangkan manfaat bagi konsumen dapat ditingkatkan, sementara kegiatan yang merupakan pemborosan dapat direduksi.

Kontruksi ramping, seperti didefinisikan oleh Lean construction Institute(LCI), merupakan sebuah sistem produksi yang pelaksanaannya berbasis manajemen ditekankan pada kepercayaan dan kecepatan penyelesaian nilai.

Tujuan dari lean construction dalam Skripsi Teknik Sipil ini adalah membangun proyek sekaligus member nilai, meminimasi limbah dan mencapai kesempurnaan untuk keuntungan semua stakeholder (Pinch, 2005)[20].

Pekerjaan-pekerjaan yang termasuk dalam kategori pemborosan ini kemudian digolongkan menjadi dua jenis, ‘needs to be done but non-value adding or waste (harus diselesaikan, namun tidak memberikan nilai atau pemborosan) dan limbah murni (pure waste).

Demikian tadi, uraian singkat mengenai Tujuan penelitian, batasan masalah dan beberapa teori dari skripsi teknik sipil ini yang berjudul ANALISIS APLIKASI LEAN CONSTRUCTION UNTUK MENGURANGI LIMBAH MATERIAL PADA PROYEK KONSTRUKSI JEMBATAN , semoga bermanfaat .

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Artikel lainnya:

Filed under: Sipil

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!