mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Teknik Sipil ANALISIS KLAUSULA KONTRAK KERJA KONSTRUKSI DENGAN PENDEKATAN STANDAR KONTRAK FIDIC 1999 DAN UUJK RI NO.18 THN 1999 . Dibawah ini dijelaskan mengenai inti permasalahan, tujuan penelitian dan hal penting lainnya yang menyangkut skripsi ini

PERMASALAHAN
Yang menjadi permasalahan didalam studi kasus pada proyek ini bahwa, draft isi kontrak (format FIDIC edisi 1999 ”for Construction”) yang sudah mengalami perubahan-perubahan mendasar oleh Pengguna Jasa mengenai hak dan kewajiban, diterima oleh Penyedia Jasa dengan kemungkinan tanpa menganalisa dampak dan essensi dari perubahan tersebut dapat merugikan pihak Kontraktor.

Dengan mempertimbangkan hal-hal tersebut diatas, Penulis melihat bahwa kontrak konstruksi antara Pemilik sebagai ” Pengguna Jasa ” dan Kontraktor Utama sebagai ” Penyedia Jasa ” perlu membahas:

  1. Bagaimana dampak yang terjadi pada sasaran biaya proyek bagi Kontraktor Utama, sebagai akibat dari perubahan-perubahan mendasar dari klausul kontrak tersebut?
  2. Adakah perubahan tersebut memutuskan prinsip ”balance risk” yang menjadi spirit utama kontrak FIDIC?

Dari permasalahan tersebut diatas, penulis akan mencoba mencari solusi pemecahan yang dapat dijadikan sebagai rekomendasi atas upaya-upaya apa saja yang harus dilakukan agar tidak terjadi lagi dimasa yang akan datang

BATASAN PERMASALAHAN

Yang menjadi batasan penelitian adalah membahas masalah sekitar perubahan-perubahan mendasar pada klausul kontrak kerja konstruksi pembangunan gedung apartemen The Capital Residence antara Pemilik sebagai ”Pengguna Jasa” dan Kontraktor sebagai ”Penyedia Jasa” dengan menggunakan dokumen ”Condition of Contract for Construction for Building and Engineering Works Designed by the Employer” edisi tahun 1999 – The Construction Contract yang disusun oleh FIDIC, sebagai alat untuk mengatur dan mengendalikan proses penyelenggaraan proyek tersebut.

Tentunya asas keadilan dan kesetaraan dari dokumen kontrak adalah kunci sukses terselenggaranya pelaksanaan sebuah proyek konstruksi, dimana sukses yang dimaksud adalah dapat mencapai sasaran dan tujuan atau memberikan nilai tambah (benefit) bagi kedua pihak yang berkontrak.

Namun kenyataannya pada kasus kontrak antara Pemilik dan Kontraktor Utama proyek The Capital Residence ini telah terjadi perubahan mendasar pada klausul General Condition of Contract yang dituangkan didalam Particular Condintion of Contract mengenai hak dan kewajiban, dimana perubahan ini tidak disertai dengan antisipasi penanganan oleh Kontraktor Utama, sehingga menimbulkan dampak negatif yang signifikan pada sasaran proyek.

Dengan luasnya ruang lingkup permasalan tersebut maka penulis hanya meninjau dari aspek teknis saja dengan batasan permasalahan pada studi kasus ini hanya adalah :

  1. Studi kasus melakukan menganalisa pada klausula-klausula dokumen kontrak yang berubah atau dihapus (untuk kepentingan satu yaitu pihak Pengguna Jasa).
  2. Dari analisa tersebut akan ditentukan dan diurutkan klausula yang paling berdampak negatif signifikan pada sasaran dan tujuan proyek.
  3. Kemudian dilakukan pembahasan lanjutan pada 3 klausul berdasarkan urutan dampak terbesar dari hasil penelitian yang disertai pembuktian contoh kasus yang terjadi pada masa pelaksanaan kontrak konstruksi tersebut.

MAKSUD DAN TUJUAN PENELITIAN
Adapun maksud dari penelitian ini adalah :

Mencari tahu bagaimana sebaiknya agar permasalahan perubahanperubahan klausul kontrak yang dapat memberatkan satu pihak tidak terjadi, sehingga prinsip kesetaraan antara dua pihak yang berkontrak tetap terjaga.

Tujuan dari penyusunan skripsi ini adalah:

  1. Menganalisa penyebab, dampak dan cara penanganan dengan pendekatan risiko (hubungan sebab akibat) dalam klausula-klausula kontrak konstruksi antara Pemilik dan Kontraktor Utama yang dapat berpengaruh pada sasarAn biaya proyek.
  2. Membantu memberikan gambaran dan referensi yang baik untuk proyek sejenis dimasa yang akan datang.

Demikian tadi dibahas mengenai beberapa hal penting dalam Skripsi Teknik Sipil ANALISIS KLAUSULA KONTRAK KERJA KONSTRUKSI DENGAN PENDEKATAN STANDAR KONTRAK FIDIC 1999 DAN UUJK RI NO.18 THN 1999 ini yang dapat membantu anda menambah ide penulisan berkaitan dengan tema skripsi ini.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.

Filed under: Sipil

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!