mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Teknik Sipil ANALISIS PENERAPAN PENDEKATAN METODE SIX SIGMA DALAM PENJAGAAN KUALITAS PADA PROYEK KONSTRUKSI .

Signifikansi Masalah

Penerapan berbagai metode untuk menjamin sebuah kualitas, ternyata tidak sepenuhnya diimbangi dengan hasil yang optimal pula. Sebuah proyek kecil sekalipun tentunya menginginkan kualitas yang sempurna, apalagi ketika kita7 Peter S. Pande (2000) : “ The Six Sigma Way Team Field Book” p.8. berbicara mengenai sebuah proyek besar.

Faktor-faktor yang menyebabkan ketidakoptimalan pada pelaksanaan sebuah proyek tentunya harus dapat diminimalisir dengan menggunakan strategi implementasi yang tepat agar tujuan organisasi dapat tercapai.

Proyek konstruksi merupakan sebuah gabungan dari berbagai jenis proses yang kesemuanya bersatu untuk mencapai sebuah tujuan besar. Pada pembahasan kali ini, penerapan pendekatan metode 6-sigma tidak dilakukan terhadap sebuah produk dari sebuah proyek konstruksi, melainkan terhadap proses yang terjadi selama proyek konstruksi sedang berlangsung.

Melalui prinsip 5W dan 1H penjelasan mengenai metode 6-sigma dapat lebih tergambarkan dengan baik. Pada W yang pertama yakni what berisi mengenai penjelasan secara umum apa konsep dari metode 6-sigma ini, mulai dari pengertian, tujuan, latar belakang, sasaran, dll.

Untuk W yang kedua yaitu why, dijabarkan mengenai alasan mengapa metodologi ini banyak digunakan, seberapa penting metode ini dapat menjawab solusi yang dinginkan, dll. Sedangkan untuk W yang ketiga yaitu who berisi mengenai subjek pelaku metodologi ini, dan untuk W yang keempat dan kelima yakni when dan where berisi penjabaran mengenai situasi dan kondisi apa saja, dan pada tahapan apa metodologi ini dapat diaplikasikan.

Untuk H yang berarti how berisi penjabaran mengenai bagaimana metodologi ini diterapkan terutama pada cara atau konteks yang berbeda. Dalam bagan perumusan masalah di atas, diambil satu buah pendekatan yang terkait dengan penelitian ini, yaitu bagaiman pendekatan metodologi 6-sigma ini dapat diterapkan pada kondisi dan konteks yang berbeda (kotak merah).

Rumusan Masalah

Berdasarkan penjabaran kerangka perumusan masalah di atas, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini ditujukan untuk menjawab pertanyaan :

  1. Bagaimana kondisi eksisting manajemen mutu yang ada pada proyek konstruksi saat ini ?
  2. Apakah pengimplementasian pendekatan metode 6-sigma relevan untuk dilakukan pada proses pelaksanaan proyek konstruksi ?

TUJUAN DAN MANFAAT PENELITIAN
Tujuan Penelitian

Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah untuk :
1. Mengetahui kondisi eksisting manajemen mutu pada proyek konstruksi saat ini.
2. Mengetahui relevansi pengimplementasian pendekatan metode 6- sigma pada proses pelaksanaan proyek konstruksi.

BATASAN PENELITIAN

Batasan penelitian yang dilakukan adalah bukan mengetahui bagaimana bekerja dengan 6-sigma pada proyek konstruksi melainkan adalah menjabarkan elemen-elemen yang terdapat dapam metode 6-sigma yang kemudian dapat diimplementasikan pada suatu sistem yang telah berjalan (establish) pada proses pelaksanaan proyek konstruksi.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Artikel lainnya:

Filed under: Sipil

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!