mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Teknik Sipil ANALISIS PENGGUNAAN APLIKASI SOFTWARE OPTIMASI WASTE BESI PADA PEKERJAAN STRUKTUR BETON BERTULANG PROYEK XYZ . Berikut adalah uraian tentang signifikasi masalah, maksud dan tujuan penelitian, beberapa batasan penelitian dan hal penting lainnya yang dapat menambah referensi anda

Signifikansi Masalah

Proyek konstruksi memiliki potensi penghasil sisa material besi tulangan yang sangat besar, hal ini disebabkan karena proyek konstruksi umumnya menggunakan sistem struktur beton bertulang yang terdiri dari besi tulangan.

Dari studi kasus yang pernah dilakukan PT PP Persero pada tiga proyek gedung yang ada di Indonesia diketahui nilai sisa material besi tulangan yang dihasilkan sebesar 2.9 % – 12.5 %. Nilai tersebut cukup signifikan berpengaruh terhadap anggaran biaya proyek karena dapat menyebabkan cost overrun akibat pengendalian material yang lemah.

Dengan adanya fenomena sisa material besi tulangan maka dibutuhkan metode baru yang dapat mengoptimasi sisa material besi tulangan agar menjadi lebih optimal dan efisien dibandingkan dengan metode konvensional. Metode optimasi yang dapat dilakukan adalah dengan cara meminimalisasi pemakaian besi tulangan.

Besi tulangan merupakan salah satu bahan baku utama pembentuk bangunan. Besi tulangan digunakan sebagai penopang berdirinya suatu bangunan. Besi tulangan yang digunakan untuk mendirikan bangunan terdiri dari berbagai macam panjang, sedangkan besi tulangan yang disediakan di pasaran dijual dengan panjang standar.

Oleh karena itu, besi tulangan yang telah dibeli harus dipotong sesuai dengan kebutuhan konstruksi bangunan. Pemotongan besi tulangan pasti menyisakan sisa yang tidak dapat digunakan untuk konstruksi bangunan karena panjang yang tidak sesuai.

Namun, kontraktor ingin mengoptimasi pemotongan besi tulangan agar sisa besi tulangan yang tidak digunakan seminimal mungkin. Mereka ingin memotong besi tulangan dengan pola yang benar agar tujuan tersebut dapat tercapai karena perbedaan pola pemotongan dapat menghasikan sisa yang berbeda-beda.

Pola pemotongan adalah cara yang digunakan untuk memotong besi tulangan dengan panjang standar menjadi beberapa bagian. Bagian yang terbentuk merupakan ukuran yang dibutuhkan untuk konstruksi bangunan. Cara memilih ukuran besi tulangan yang dibeli juga merupakan elemen yang mempengaruhi pola pemotongan.

Rumusan Masalah
Dengan adanya sisa material besi tulangan yang berpengaruh secara langsung terhadap anggaran biaya proyek, maka dibutuhkanlah suatu pengendalian material berupa metode baru dengan bantuan software agar sisa material yang terjadi lebih optimal.

Berdasarkan pembahasan di atas terdapat sebuah pertanyaan penting yang harus dijawab pada penelitian ini, yaitu : Apakah penggunaan aplikasi SOWB dapat mengurangi sisa material besi tulangan pada pekerjaan struktur beton bertulang menjadi lebih optimal?

TUJUAN PENELITIAN
Penelitian ini bertujuan untuk :

  1. Mengetahui keefektifan aplikasi SOWB dalam mengoptimasi sisa material besi tulangan pada pekerjaan struktur beton bertulang.
  2. Menganalisis langkah-langkah optimasi yang dapat dilakukan untuk mengurangi nilai total waste besi tulangan pada pekerjaan struktur beton bertulang.

RUANG LINGKUP DAN BATASAN PENELITIAN
Ruang lingkup penelitian ini dilakukan pada suatu proyek gedung bertingkat dengan lantai lebih dari kurang dari 10 lantai dan hanya pada pekerjaan struktur beton bertulang gedung tersebut.
Adapun batasan-batasan penelitian yang dilakukan adalah :

  1. Penelitian dibatasi pada bangunan Gedung 10 lantai Penelitian dilakukan pada proyek XYZ karena pada proyek tersebut telah melakukan penerapan aplikasi SOWB.
  2. Obyek penelitian yang ditinjau adalah sisa material besi tulangan. Obyek penelitiannya adalah sisa material besi tulangan karena input aplikasi SOWB berupa hasil bar bending schedulle (BBS) atau bestat besi tulangan yang merupakan rekapitulasi tipe besi tulangan yang dibutuhkan.
  3. Penelitian dilakukan pada pekerjaan struktur beton bertulang. Hal ini dilakukan karena pada umumnya struktur beton bertulang menggunakan besi tulangan sebagai tulangannya.

Demikian penjelasan tentang Skripsi Teknik Sipil ANALISIS PENGGUNAAN APLIKASI SOFTWARE OPTIMASI WASTE BESI PADA PEKERJAAN STRUKTUR BETON BERTULANG PROYEK XYZ di atas, semoga dapat menambah referensi teman-teman mahasiswa yang sedang menyusun skripsi.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Artikel lainnya:

Filed under: Sipil

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!