mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Teknik Sipil ANALISIS RESPON SEISMIK BANGUNAN BERTINGKAT DENGAN TRANSFER BEAM DARI KOMBINASI RANGKA BAJA DAN SISTEM PRATEGANG LUAR . Dibawah ini dijelaskan mengenai latar belakang, tujuan dan metode penelitian yang ada di dalam skripsi ini.

Latar Belakang Skripsi Teknik Sipil ini adalah

Kebutuhan akan tempat untuk melakukan kegiatan sehari-hari baik kegiatan perekonomian dan lain sebagainya memaksa para ahli konstruksi yang bekerja sama dengan ahli tata kota untuk memberikan solusi yang tepat. Salah satu solusi yang telah dilaksanakan adalah dengan membangun ruang ke atas dalam bentuk bangunan bertingkat untuk menghemat lahan yang digunakan.

Salah satu solusi untuk pembangunan dengan kasus seperti ini adalah dengan menggunakan transfer beam. Transfer beam ini akan berperan dalam memindahkan gaya-gaya dari struktur atas ke struktur yang ada di bawahnya. Kolom yang seharusnya ada di lahan yang terhalang oleh bangunan cagar budaya digantikan perannya oleh transfer beam yang sudah dapat menahan beban struktur di atasnya dan didistribusikan ke pondasi melalui kolom-kolom yang menumpu transfer beam tersebut.

Tujuan Skripsi

Tujuan penulisan skripsi ini adalah menganalisa respon seismik struktur gedung bertingkat secara tiga dimensi dengan transfer beam dari kombinasi rangka baja dan sistem prategang luar, dimana terdapat heritage building atau bangunan cagar budaya pada lahan yang akan dibangun. Analisa yang dilakukan akan dibantu dengan program ETABS v9.6.0.

Metode Penelitian Skripsi Teknik Sipil

Penulisan skripsi ini dilakukan melalui tahapan-tahapan kerja sebagai berikut:

a. Penelusuran literatur

Dalam tahapan ini, penulis mempelajari dasar-dasar teori dari analisa dinamik melalui buku-buku, jurnal, atau tugas akhir yang berkaitan dengan analisa respon seismik bangunan bertingkat dan mengenai transfer beam rangka baja, serta sistem prategang luar.

b. Preliminary design

Dalam tahapan ini penulis menentukan desain awal dari bangunan yang akan dianalisa yaitu dengan menentukan bentuk bangunan, properti material yang digunakan, estimasi dimensi komponen struktur.

c. Modelisasi struktur dan beban dengan variasi parameter

Dalam tahapan ini sudah mulai digunakan software yang digunakan sebagai penunjang dalam analisa. Modelisasi struktur secara tiga dimensi dibuat dalam bentuk tiga dimensi yang disederhanakan dengan berbagai variasi, yaitu variasi jumlah tingkat dan variasi jumlah strand pada sistem prategang luar. Kombinasi pembebanan yang dalam analisa ini untuk setiap variasi parameter juga dibuat pada tahapan ini.

d. Analisa struktur

Pada tahapan ini dilakukan analisa pada modelisasi struktur yang telah dibuat sebelumnya dengan berbagai variasi. Analisa dilakukan untuk setiap kombinasi pembebanan pada setiap variasi model struktur. Hasil dari analisa ini akan diperoleh respon seismik struktur berupa karakteristik dinamik, displacement, dan gaya geser tingkat pada sturktur.

e. Kesimpulan

Setelah semua keluaran (output) dari analisa struktur yang didapatkan maka dapat diambil kesimpulan akhir dari hasil penelitian pada Skripsi Teknik Sipil ini.

Ruang Lingkup Pembahasan

Pembahasan masalah pada Skripsi Teknik Sipil ini adalah model struktur bangunan tingkat tinggi dengan transfer beam yang berupa kombinasi antara rangka baja dan sistem prategang luar. Simulasi yang dilakukan meliputi struktur bangunan dengan sistem tersebut dengan variasi jumlah lantai yaitu 4 lantai, 6 lantai, dan 8 lantai, serta dengan variasi jumlah strand pada sistem prategang luar yang digunakan yaitu 8 strand, 12 strand, dan 16 strand pada masing-masing tendon dengan menggunakan strand besrdiameter 15 mm.

Seluruh struktur ini dianalisa dengan analisa respon seismik menggunakan analisa respon spektrum yaitu metode CQC (Complete Quadratic Combination) dengan asumsi percepatan gempa pada wlayah 3 tanah lunak Indonesia.

Demikian tadi uraian mengenai latar belakang, tujuan dan metode penelitian yang ada di dalam Skripsi Teknik Sipil ANALISIS RESPON SEISMIK BANGUNAN BERTINGKAT DENGAN TRANSFER BEAM DARI KOMBINASI RANGKA BAJA DAN SISTEM PRATEGANG LUAR ini.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.

Filed under: Sipil

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!