mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Teknik Sipil EFEKTIFITAS UPAYA PENGENDALIAN BANJIR DAS CITARUM BAGIAN HULU MELALUI PENGENDALIAN PEMANFAATAN LAHAN DAN NORMALISASI ALUR SUNGAI . Dibawah ini adalah rumusan masalah, tujuan penelitian, dan batasan masalah dalam penelitian ini

Perumusan Masalah

Mengingat bencana banjir sudah sering terjadi di daerah hulu DAS Citarum,Pengendalian banjir pada DAS Citarum hulu harus segera dilakukan. Maka di sini diperlukan pengendalian pemanfaatan lahan dalam mengatasi masalah banjir mengingat terjadinya dan berkembangnya masalah banjir terutama adalah disebabkan oleh kegiatan masyarakat.

Upaya non struktural perlu kita kembangkan dan terus ditingkatkan melalui pengendalian pemanfaatan lahan sebagai suatu solusi mengatasi masalah banjir pada DAS Citarum hulu. Pengendalian pemanfaatan lahan dapat dilakukan melalui peran serta dari masyarakat. Pengertian masyarakat dalam Skripsi Teknik Sipil bukan hanya masyarakat yang tinggal di daerah hulu DAS Citarum, melainkan juga pemerintah sebagai pemberi kebijakan. Maka di sini timbul-lah sinergi antara semua pihak bahwa permasalahan banjir DAS Citarum hulu diperlukan keterkaitan semuapihak dan menjadi masalah bersama.

Berdasarkan uraian diatas, maka rumusan masalah yang harus dijawab dalam Skripsi Teknik Sipil ini adalah:

  1. Bagaimana gambaran bencana banjir yang terjadi di DAS Citarum hulu dengan kondisi eksisting sungai.?
  2. Seberapa besar dimensi sungai yang dibutuhkan dalam pekerjaan normalisasi dalam menampung debit akibat hujan di DAS Citarum hulu.?
  3. Seberapa besar dimensi sungai yang dibutuhkan dengan adanya pengendalian pemanfaatan lahan terhadap DAS Citarum hulu.?

Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian ini adalah :

  1. Menghitung kondisi eksisting kapasitas sungai apakah masih dapat menampung debit akibat hujan.
  2. Menghitung dimensi kapasitas sungai rencana sebelum adanya pengendalian pemanfaatan lahan.
  3. Menghitung dimensi kapasitas sungai rencana setelah adanya pengendalian pemanfaatan lahan
  4. Menentukan hubungan antara perubahan tata guna lahan (land use) dengan banjir yang terjadi di DAS Citarum bagian hulu.

Batasan Masalah

Ruang lingkup yang menjadi batasan dalam Skripsi Teknik Sipil ini adalah :

  1. Materi yang diteliti hanya bencana banjir Citarum yang terjadi di dataran tinggi Bandung (hulu DAS Citarum) dengan luas DAS 1762 km2, tidak di sepanjang aliran Sungai Citarum.
  2. Bencana banjir yang diteliti yaitu yang disebabkan oleh pengalih fungsian lahan (land-use).
  3. Penelitian dilakukan dengan menggunakan program Win TR 20 dan data-data curah hujan.

Demikian tadi diuraikan rumusan masalah, tujuan penelitian, dan batasan masalah dalam Skripsi Teknik Sipil EFEKTIFITAS UPAYA PENGENDALIAN BANJIR DAS CITARUM BAGIAN HULU MELALUI PENGENDALIAN PEMANFAATAN LAHAN DAN NORMALISASI ALUR SUNGAI ini, semoga bermanfaat.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.

Filed under: Sipil

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!