mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Teknik Sipil EVALUASI DAKTILITAS PADA STRUKTUR GANDA . Berikut adalah permasalah penelitian dan tujuan penelitian. Selain itu ada juga pembahasan mengenai batasan-batasan penelitian yang perlu anda simak berikut ini.

PERMASALAHAN
Dalam menentukan nilai R yang akan digunakan pada perancangan struktur, terdapat perbedaaan pendekatan antara peraturan SNI dan IBC. SNI 2002 menyatakan bahwa untuk menentukan nilai R struktur ganda yang terdiri dari dua subsistem dengan masing-masing nilai R yang berbeda, maka nilai R gabungan haruslah berdasarkan kombinasi sesuai dengan rumusan yang telah diberikan.

SNI menetapkan nilai R gabungan berdasarkan nilai R berbobot. Sedangkan IBC 2000 menyatakan nilai R untuk struktur ganda tersebut, haruslah diambil nilai R terkecil dari salah satu subsistemnya.

Permasalahan yang terjadi adalah bagaimana menentukan nilai R yang mendekati kondisi sebenarnya, apakah dengan menggunakan nilai R terbesar, R terkecil, atau nilai R berbobot sesuai dengan SNI. Pertanyaan lainnya adalah pada bangunan tingkat rendah, menengah, dan tinggi, nilai R yang manakah yang akan mendekati kondisi sebenarnya.

TUJUAN PENULISAN
Tujuan dari penulisan ini adalah mencari nilai R yang paling efesien dalam perancangan struktur tahan gempa yang terdiri dari dua subsistem. Apakah nilai R yang digunakan harus dibobotkan atau mengambil salah satu nilai R dari subsistem yang digunakan. Penggunaan nilai R tentunya akan mengefektifkan perancangan struktur. Selain itu dengan penulisan ini dapat dilakukan evaluasi daktilitas rencana dengan daktilitas kebutuhan dari sebuah struktur.

PEMBATASAN MASALAH
Evaluasi dengan metode ini membatasi masalah dalam hal:

  1. Struktur terdiri dari dua subsistem.
  2. Gaya lateral yang diterima struktur dalam arah (axis) yang sama.
  3. Analisa dilakukan terhadap beban dinamik akibat gempa.
  4. Hubungan faktor reduksi gempa R dengan daktilitas digunakan pada rentang priode panjang.
  5. Analisa dilakukan dengan permodelan sistem Massa-Pegas-Peredam/ satu derajat kebebasan.
  6. Model inelastis – non linear.
  7. Permodelan dijalankan dengan program MATLAB.

HIPOTESIS
Pada disain struktur bangunan, digunakan faktor reduksi gempa R. Nilai R disain ini diatur oleh peraturan yang berlaku. Pada struktur yang mempunyai dua subsistem, nilai R disain yang digunakan bisa saja nilai R terkecil dari subsistem yang ada, ataupun nilai R berbobot.

Nilai R dipengaruhi oleh rasio periode getar struktur dengan periode getar gempa. Pada struktur yang mempunyai periode getar alami besar, nilai R perlu lebih kecil dibandingkan dengan nilai R perlu pada struktur rendah (periode getar alami kecil).

Atau dengan kata lain, nilai R disain berdasarkan pendekatan IBC lebih cocok untuk bangunan rendah, sedang, dan tinggi. Sedangkan nilai R dengan pendekatan SNI (nilai R berbobot) cocok digunakan pada bangunan sedang dan tinggi.

Diatas adalah permasalah penelitian dan tujuan penelitian. Selain itu ada juga pembahasan mengenai batasan-batasan penelitian yang perlu telah anda simak tentang Skripsi Teknik Sipil EVALUASI DAKTILITAS PADA STRUKTUR GANDA ini.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.

Filed under: Sipil

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!