mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Teknik Sipil EVALUASI DAN PERBAIKAN STRUKTUR BANGUNAN EKSISTING DENGAN METODE PENINGKATAN KINERJA ELEMEN UNTUK MEMENUHI SNI 03-1726-2002 . Berikut adalah ringkasan hipotesis dan metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini.

Hipotesis Awal Penelitian Skripsi Teknik Sipil

Bangunan gedung yang dijadikan studi kasus dalam penelitian ini didirikan pada tahun 1964-1965 sehingga gedung tersebut diasumsikan dirancang berdasarkan Peraturan Beton Indonesia (PBI) tahun 1955 dan pada saat itu belum ada peraturan perencanaan ketahanan gempa bangunan gedung di Indonesia.

Dengan melihat keadaan Indonesia yang berada pada perbatasan lempenglempeng besar dunia yang merupakan daerah yang rentan akan bahaya gempa bumi, bangunan tersebut diasumsikan tidak mampu menahan beban gempa nominal akibat gempa rencana sesuai dengan SNI 03-1726-2002.

Namun demikian, bangunan gedung tersebut diharapkan akan kuat menahan beban gempa nominal akibat gempa rencana sesuai dengan SNI 03-1726-2002 ketika dilakukan perbaikan dengan memberikan perkuatan (retrofit) yang sesuai.

Metodologi Penelitian

Untuk mencapai tujuan Skripsi Teknik Sipil ini, dilakukan evaluasi berupa analisis dan pemeriksaan struktur bangunan gedung beton bertulang sebagai berikut.

Evaluasi hasil survey dan investigasi lapangan menggunakan kerangka evaluasi ketahanan gempa bangunan eksisting yang diterbitkan sebagai FEMA 310, A Handbook for the Seismic Evaluation of Buildings – A Prestandard.

Analisis struktur dalam Skripsi Teknik Sipil ini terhadap beban kombinasi dalam proses evaluasi ketahanan gempa bangunan eksisting dengan menggunakan beban gempa sesuai dengan Standar Tata Cara Perencanaan Gempa untuk Bangunan Gedung SNI 03-1726-2002 dan pemeriksaan kekuatan serta kekakuan struktur beton bertulang sesuai dengan Standar Tata Cara Perencanaan Struktur Beton untuk Bangunan Gedung SNI 03-2847-2002.

Pemilihan metode perbaikan/perkuatan komponen struktur bangunan yang tidak memenuhi kualifikasi kekuatan atau kekakuan struktur berdasarkan hasil evaluasi struktur di atas menggunakan kerangka pemilihan perbaikan bangunan eksisting untuk menahan beban gempa yang diterbitkan sebagai FEMA 356, Prestandard and Commentary for the Seismic Rehabilitation of Buildings.

Demikian tadi ringkasan hipotesis dan metode penelitian yang digunakan dalam Skripsi Teknik Sipil EVALUASI DAN PERBAIKAN STRUKTUR BANGUNAN EKSISTING DENGAN METODE PENINGKATAN KINERJA ELEMEN UNTUK MEMENUHI SNI 03-1726-2002 ini, semoga bermanfaat bagi teman-teman mahasiswa semua.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Artikel lainnya:

Filed under: Sipil

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!