mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Teknik Sipil EVALUASI FAKTOR REDUKSI GEMPA PADA SISTEM GANDA RANGKA RUANG . Berikut adalah tujuan penelitian, pembatasan masalah dan metode penulisan tentang skripsi ini.

TUJUAN PENULISAN

Tujuan penulisan Tugas Akhir ini adalah menganalisa faktor reduksi gempa (R) dari beberapa model struktur sistem ganda (dual system) yang terdiri dari Sistem Rangka Pemikul Momen Menengah (SRPMM) dan Sistem Rangka Pemikul Momen Khusus (SRPMK).

Dalam desain dan analisa, penggunaan faktor reduksi gempa dilakukan dengan metoda langsung dan metoda pembobotan. Model-model struktur tersebut, dibuat dan didesain menggunakan program ETABS.

Tujuan selanjutnya dalam penulisan Tugas akhir ini adalah mencari hubungan antara berat tulangan berbanding volume beton (kg/m3) dari masing-masing elemen (balok, kolom dan dinding geser) pada model-model struktur yang dibuat sehingga diperoleh hubungannya dengan nilai faktor reduksi gempa yang digunakan.

PEMBATASAN MASALAH
Pembatasan masalah dalam Tugas Akhir ini adalah sebagai berikut :

  1. Model struktur yang dibuat merupakan struktur rangka beton bertulang dengan subsistem penahan gempa berupa dinding geser kantilever beton bertulang.
  2. Model struktur yang dibuat merupakan struktur gedung beton bertulang berdasarkan Standar Perencanaan Ketahanan Gempa untuk Bangunan Gedung SNI 03-1726-2002 dan Tata Cara Perhitungan Struktur Beton untuk Bangunan Gedung SNI 03-2847 2002.
  3. Pembebanan pada struktur berdasarkan Peraturan Pembebanan Indonesia untuk Rumah dan Gedung (PPIURG 1987).
  4. Model struktur dianalisis dengan analisa dinamik.
  5. Faktor reduksi gempa (R) yang dipergunakan pada Sistem Rangka Pemikul Momen adalah 6,5 (untuk SRPMM) dan 8,5 (untuk SRPMK). Hal tersebut sesuai untuk wilayah gempa zona 3 (DKI Jakarta).
  6. Gaya gempa yang akan dibahas adalah gaya gempa lateral (tidak termasuk gempa vertikal dan efek cambuk diabaikan).

METODOLOGI PENULISAN
Metodologi penulisan yang dilakukan dalam penyusunan Tugas Akhir ini antara lain :

1. Studi Literatur
Studi literatur merupakan tahap awal penulisan sebagai proses pemahaman mengenai gempa, dinding geser dan rangka pemikul momen. Studi literatur terutama dilakukan terhadap peraturan Ketahanan Gempa untuk Bangunan Gedung SNI 03-1726-2002 dan peraturan Struktur Beton untuk Bangunan Gedung SNI 03-2847-2002. Literatur lainnya yang mendukung dan memperjelas kedua peraturan diatas, dapat dipergunakan sebagai bagian dari studi dan bahan penulisan.

2. Wawancara
Wawancara yang dilakukan untuk penulisan Tugas Akhir ini terutama menyangkut saran, bimbingan dan petunjuk dari dosen-dosen terkait dan pihak-pihak yang faham mengenai topik yang dibahas dalam Tugas Akhir ini.

3. Pemodelan struktur dan analisa
Pemodelan yang dibuat untuk studi kasus pada penulisan tugas akhir ini berupa struktur rangka ruang beton bertulang sistem ganda. Pemodelan dan desain dalam penulisan Tugas Akhir ini menggunakan bantuan program komputer (ETABS). Selanjutnya dilakukan analisa terhadap model-model tersebut sehingga diperoleh kesimpulan.

Demikian tadi adalah tujuan penelitian, pembatasan masalah dan metode penulisan tentang Skripsi Teknik Sipil EVALUASI FAKTOR REDUKSI GEMPA PADA SISTEM GANDA RANGKA RUANG ini , semoga bermanfaat.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.

Filed under: Sipil

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!