mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Teknik Sipil EVALUASI KINERJA HALF-SLAB AKIBAT PEMBEBANAN GRAVITASI DAN GEMPA BUMI . Penjelasan dibawah ini menerangkan tentang rumusan masalah, tujuan penelitian, batasan masalah dan lain-lain yang menyangkut skripsi ini.

RUMUSAN MASALAH

Penggunaan metode half-slab merupakan suatu hal yang baru didalam sebuah dunia konstruksi, sehingga masih banyak permasalahan dapat timbul di kemudian hari. Sedangkan rumusan masalah yang harus dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana kinerja penggunaan metode half-slab jika dibandingkan dengan metode konvensional (Cast in Situ). Span Thickness of Thickness of

TUJUAN PENELITIAN

Secara umum penelitian ini bertujuan untuk memenuhi persyaratan akademis dalam kurikulum Program Studi Teknik Sipil S1 Reguler Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Sedangkan tujuan khusus dari penelitian ini adalah untuk melihat mengevaluasi kinerja metode half-slab karena adanya spasi dibanding pelat konvensional dengan pembebanan gravitasi dan gempa bumi.

BATASAN MASALAH

Untuk penyederhanaan permodelan serta pembahasan materi yang lebih detail, maka penulis akan membatasi masalah yang akan di bahas. Adapun batasan masalah dalam penelitian ini adalah :

1. Bangunan yang akan dimodelkan berukuran :

  • Luas bangunan : 18 m x 18 m = 324 m2
  • Ukuran kolom : 550mm x 550mm
  • Ukuran balok : 300mm x 600mm
  • Tebal pelat : 130mm
  • Spasisambungan : 10 mm
  • Jumlah lantai maksimum : 4 Lantai
  • Mutu beton maksimum : K-350

2. Bangunan merupakan suatu kesatuan sistem struktur beton monolit yang terdiri dari kolom, balok, dan pelat (tulangan diabaikan).

3. Perilaku komposit dari half-slab tidak diperhitungkan, karena ketika pengecoran, pelat pracetak telah ditahan oleh Propping/penyangga.

4. Pembebanan yang digunakan adalah pembebanan gravitasi dan pembebanan gempa bumi dengan metode statik ekivalen

5. Metode yang digunakan dalam permodelan adalah metode FEM (Finite Element Method-Metode Elemen Hingga) dengan menggunakan program SAP2000 v10.0.1 dan ETABS v9.5

6. Analisis yang digunakan adalahan analisis 3 (tiga) dimensi.

7. Variasi yang digunakan adalah variasi permodelan, variasi tebal pelat, variasi banyak lantai, variasi mutu beton struktur, serta variasi mutu beton topping.

METODOLOGI PENELITIAN

Metodologi yang digunakan di dalam penelitian ini adalah :

  • Studi Kepustakaan

Penelitian dilakukan dengan literatur yang sesuai dengan topik yang dipilih sebagai dasar dari permodelan yang akan dilakukan.

  • Diskusi

Penelitian ini juga dilakukan dengan diskusi dengan dosen pembimbing serta dosen-dosen penunjang lainnya mengenai hal-hal yang berhubungan dengan topik penelitian.

  • Pemodelan struktur dengan perangkat lunakpenunjang Penelitian dilakukan dengan memodelkan stuktur dengan perangkat lunak penunjang yaitu SAP 2000 v10.0.1 dan ETABS v9.5 dengan menggunakan beberapa variabel analisis untuk dibandingkan.

HIPOTESIS AWAL

Dengan menggunakan metode half-slab, akibat dari adanya perbedaan ketebalan antara spasi sambungan dan daerah sekitarnya maka gaya dalam yang terjadi pada pelat akan semakin kecil dan defleksi bangunan akan bertambah karena dengan adanya spasi sambungan pada metode half-slab, bangunan akan lebih fleksibel.

Demikian penjelasan tentang Skripsi Teknik Sipil EVALUASI KINERJA HALF-SLAB AKIBAT PEMBEBANAN GRAVITASI DAN GEMPA BUMI ini diatas, semoga bermanfaat bagi teman-teman mahasiswa lainnya.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.

Filed under: Sipil

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!