mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Teknik Sipil FAKTOR-FAKTOR INTERNAL KONTRAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KINERJA BIAYA PADA PROYEK GEDUNG BERTINGKAT . Berikut adalah rumusan masalah, signifikansi masalah, tujuan penelitian dan lainnya yang menjelaskan gambaran umum tetnang skripsi ini.

Perumusan Masalah
Deskripsi Masalah

Pada penelitian ini, yang akan dilakukan peneliti adalah mencari faktor internal perusahaan jasa konstruksi apa saja yang mempengaruhi kinerja biaya proyek. Dengan mengetahui faktor internal yang mempengaruhi kinerja biaya proyek, dapat diketahui langkah-langkah antisipatif dengan melakukan berbagai macam perbaikan pada perusahaan jasa konstruksi guna dapat meningkatkan kualitas kinerja biaya pada proyek. Permasalahan faktor internal tersebut dikelompokkan menjadi beberapa faktor, antara lain :

  1. Manajemen, contohnya permasalahan seperti pemimpin yang menolak inovasi, penerapan safety manajemen yang buruk, tidak tepatnya mengatur strategi perusahaan, dan lain-lain.
  2. Organisasi, contoh permasalahannya seperti sistem komunikasi yang kurang efektif, sistem prosedur dan birokrasi yang berbelit-belit, dan lain-lain.
  3. Sumber daya manusia, contohnya permasalahan seperti rendahnya standar etika, rendahnya produktivitas, minimnya pengetahuan dan kemampuan teknik SDM, dan lain-lain.
  4. Keuangan, contoh permasalahannya seperti buruknya arus kas perusahaan, sistem akutansi yang kurang mendukung, kontrol anggaran yang kurang baik, dan lain-lain.
  5. Budaya Perusahaan, contoh permasalahannya kurangnya budaya kerjasama dan saling menghargai, kurangnya budaya perusahaan dalam memberikan apresiasi terhadap prestasi pekerja, kurangnya budaya menghargai waktu, dan lain-lain.

Faktor internal perusahaan kontraktor merupakan salah satu faktor yang sangat penting dan mempunyai pengaruh sebesar 42% terhadap kesuksesan perusahaan (Teng, 2002).

Faktor internal perusahaan kontraktor tersebut harus dapat dikelola dan ditingkatkan oleh kontraktor itu sendiri. Untuk dapat mengelola faktor-faktor tersebut bukanlah hal yang mudah terlebih hampir selalu terjadi banyak perubahan dalam hal pelaksanaan proyek. Oleh karena itu diperlukan banyak keahlian dalam mengelola proyek.

Signifikansi Masalah

Dari salah satu penelitian yang sangat komprehensif tentang cost overrun pada global construction (Flyvbjerg, 2002), terdapat penemuan, ditemukan 9 dari 10 proyek mengalami cost overrun; overrun 50-100 % umum terjadi, overrun banyak terjadi pada 20 negara dan 5 benua ditemukan pada penelitian ini, dan data overrun secara konstan tersedia datanya telah selama 70 tahun.

Dari sekian banyak kasus cost overrun yang dijabarkan pada penelitian tersebut, maka perlu identifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi buruknya kinerja biaya, karena kemungkinan terjadinya cost overrun pada suatu proyek sangat tinggi menurut statistik pada penelitian tersebut.

Apabila masalah faktor internal perusahaan kontraktor tersebut yang mempengaruhi kinerja biaya tidak diatasi, maka kualitas dari kinerja biaya dapat menurun, menyebabkan terjadinya cost overrun, yang tentu saja menyebabkan kerugian untuk kontraktor.

Rumusan Masalah
Berikut adalah beberapa pertanyaan yang akan dikaji dalam penelitian ini:

  1. Faktor internal pada perusahaan jasa konstruksi apa yang dominan, yang mempengaruhi kinerja biaya proyek?
  2. Mengetahui tindakan solusi apa saja yang dilakukan apabila telah terjadi terhadap faktor internal yang dominan terhadap kinerja biaya proyek?

Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja permasalahanpermasalahan dari faktor internal kontraktor yang dapat mempengaruhi kinerja biaya proyek, dan mencari solusi dari permasalahan-permasalahan dari faktor internal tersebut.

Batasan Masalah
Batasan-batasan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :

  • Penelitian dilakukan pada kontraktor yang telah mengerjakan proyek bangunan tinggi.
  • Penelitian dan pengambilan data dilakukan di daerah JABODETABEK.
  • Penelitian menggunakan sudut pandang kontraktor.\
  • Hal-hal yang akan diamati dalam penelitian ini adalah hanya mengenai permasalahan-permasalahan yang terdapat pada faktor internal kontraktor yang berpengaruh terhadap kinerja biaya proyek.

Demikian tadi penjelasan singkat mengenai gambaran dari Skripsi Teknik Sipil FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KINERJA BIAYA PADA PROYEK GEDUNG BERTINGKAT ini, semoga bermanfaat.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Artikel lainnya:

Filed under: Sipil

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!