mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Teknik Sipil FAKTOR PENYEBAB KETERLAMBATAN PEKERJAAN KONSTRUKSI BANGUNAN GEDUNG BERTINGKAT YANG BERPENGARUH TERHADAP PERUBAHAN ANGGARAN BIAYA PADA PEKERJAAN STRUKTUR . Berikut adalah deskripsi masalah, perumusan masalah, tujuan penelitian dan lain sebagainya yang penting untuk anda yang mengambil judul skripsi ini

Deskripsi Permasalahan

Dalam proses pekerjaan konstruksi, sering dijumpai permasalahan yang memiliki berbagai faktor penyebab terjadinya permasalahan tersebut. Begitu juga dengan akibat yang ditimbulkan oleh masalah tersebut terhadap proses pekerjaan konstruksi.

Salah satu bentuk dari permasalahan tersebut adalah keterlambatan pekerjaan. Keterlambatan pekerjaan memiliki berbagai macam penyebab baik yang diakibatkan oleh kelalaian yang dilakukan oleh manusia hingga keterlambatan yang terjadi akibat faktor alam.

Faktor lokasi proyek mempengaruhi faktor penyebab keterlambatan. Keterlambatan pekerjaan konstruksi akan menimbulkan berbagai permasalahan baru dalam proses pekerjaan proyek, terutama pada biaya proyek.

Pekerjaan struktur memiliki peran yang amat vital pada proses konstruksi suatu bangunan, karena hampir seluruh pekerjaan yang terdapat didalamnya terletak pada jalur kritis, yang apabila terjadi keterlambatan pada salah satu pekerjaan tersebut, maka akan berimbas pada pekerjaan selantunya.

Signifikansi Masalah Skripsi Teknik Sipil ini adalah

Perubahan biaya konstruksi yang diakibatkan oleh keterlambatan pekerjaan proyek tidak dapat dikesampingkan baik oleh owner selaku pemilik maupun oleh kontraktor selaku pelaksana. Karena dana yang dimiliki oleh owner jumlahnya terbatas dan sesuai dengan perjanjian yang telah tercantum dalam kontrak kerja antara owner dengan kontraktor.

Keterlambatan proyek sering kali menjadi sumber perselisihan dan tuntutan antara pemilik dan kontraktor, sehingga keterlambatan proyek akan menjadi sangat mahal nilainya baik ditinjau dari sisi kontraktor maupun pemilik.Menurut survey di USA yang melibatkan 193 pemilik proyek gedung dilaporkan bahwa sekitar 53% dari responden menyatakan penjadwalan yang buruk akan menyebabkan keterlambatan dan merupakan penyebab utama pembengkakan biaya proyek.

Di Inggris, satu penelitian oleh the Building Cost Information Service menemukan bahwa 47% proyek melebihi biaya, 71% diantaranya diakibatkan dari waktu yang melebihi dari yang direncanakan.

Apabila kontraktor tidak memiliki strate i penanganan permasalahan tersebut dengan baik, akan menyebabkan kerugian sebesar selisih dari harga kontrak. Pada umumnya owner akan bersikap acuh karena kesepakatan harga telah tertara dalam kontrak dan kontraktor akan terus mendapatkan tekanan dari owner untuk menyelesaikan pekerjaan konstruksi tepat waktu

Rumusan Masalah

  1. Faktor dominan apa saja yang menjadi penyebab keterlambatan pada pekerjaan struktur bangunan gedung bertingkat
  2. Seberapa besarkah pengaruh dari keterlambatan pada pekerjaan struktur bangunan gedung bertingkat terhadap perubahan RAB struktur
  3. Strategi apa yang digunakan untuk menyelesaikan masalah perubahan RAB struktur bangunan gedung bertingkat

Tujuan Penelitian
Tujuan dari Skripsi Teknik Sipil ini adalah :

  1. Untuk mengetahui faktor-faktor dominan yang menyebabkan keterlambatan pada pekerjaan struktur bangunan gedung bertingkat
  2. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari keterlambatan pekerjaan struktur terhadap perubahan dari RAB pekerjaan struktur.
  3. Untuk mengetahui strategi apa yang umum digunakan untuk mengatasi perubahan RAB pekerjaan struktur akibat keterlambatan, baik berupa strategi preventif maupun strategi korektif

Batasan Penelitian

  1. Faktor yang diteliti dalam Skripsi Teknik Sipil ini adalah faktor yang berkaitan dengan keterlambatan pekerjaan struktur bangunan gedung bertingkat yang memiliki kaitan dengan perubahan RAB struktur pekerjaan tersebut.
  2. Penelitian dibatasi pada kinerja waktu dan biaya
  3. Subjek yang dijadikan narasumber sedang atau berpengalaman dalam proses konstruksi gedung bertingkat
  4. Proyek konstruksi yang dijadikan objek penelitian adalah bangunan dengan jumlah lantai minimum 4 lantai
  5. Lokasi proyek yang dijadikan objek penelitian berada di wilayah Jakarta, Bogor, Bekasi, dan Depok.
  6. Responden berasal dari perusahaan Kontraktor dan Konsultan MK yang berada di wilayah DKI Jakarta dan Sekitarnya.
  7. Sudut pandang penelitian ini dibatasi hanya dari sudut pandang kedua belah responden, yaitu kontraktor dan konsultan MK.
  8. Metoda pengumpulan data dengan cara kuisioner bertahap.

Demikian tadi penjelasan mengenai deskripsi masalah, perumusan masalah, tujuan penelitian dan lain sebagainya yang berguna untuk anda yang mengambil Skripsi Teknik Sipil berjudul FAKTOR PENYEBAB KETERLAMBATAN PEKERJAAN KONSTRUKSI BANGUNAN GEDUNG BERTINGKAT YANG BERPENGARUH TERHADAP PERUBAHAN ANGGARAN BIAYA PADA PEKERJAAN STRUKTUR .

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Artikel lainnya:

Filed under: Sipil

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!