mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Teknik Sipil IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PENYIMPANGAN BIAYA MATERIAL RANGKA ATAP BAJA RINGAN PADA PT. X . Dibawah ini adalah penjelasan tentang perumusan masalah, tujuan penelitian, signifikasi masalah, batasan masalah dan masih banyak lagi yang dijelaskan dibawah ini

PERUMUSAN MASALAH
Deskripsi Masalah

Sebagian besar struktur rangka atap untuk bangunan rumah tinggal (residential), perkantoran, maupun bangunan sosial (rumah sakit, sekolah, dll) di Indonesia masih menggunakan konstruksi dari kayu dengan penutup atap dari genteng.

Material kayu dipilih karena dinilai lebih ekonomis dan lebih praktis dibandingkan dengan baja konvensional. Namun, dari segi ketahanan, umur pakai konstruksi kuda-kuda kayu relatif pendek dengan sejumlah kelemahan yang ditemui akibat proses alamiah dari material kayu itu sendiri.

Alternatif lain yang tersedia, struktur kuda-kuda dari baja konvensional, juga memiliki beberapa kelemahan. Baja konvensional memiliki struktur yang sangat berat dengan profil yang tebal, tidak tahan terhadap karat, proses pengerjaan yang rumit dengan pengelasan dan memerlukan pengecatan, serta banyaknya sisa material yang terbuang. Semua ini, bila ditinjau dari segi biaya dan waktu, sangat tidak efisien.

Rangka atap baja ringan ini merupakan alternatif material penggunaan rangka atap yang sudah ada. Perhitungan desain rangka atap baja ringan dirancang dengan peranti lunak yang canggih, software komputer.

Software ini merupakan hasil pengembangan dari R&D Department BlueScope Lysaght di Chester Hill, Australia, sehingga output desain yang dikeluarkan secara struktural dijamin kekuatannya.

Dengan bantuan software ini, pekerjaan desain menjadi sangat cepat, mudah, dan akurat dengan human error yang sangat minimal. Kemampuan yang canggih dari software ini juga memberikan fleksibilitas tinggi pada rangka atap baja ringan untuk mengikuti bentuk-bentuk atap yang dikehendaki arsitek.

Selain desain yang akurat, software ini juga mengeluarkan kebutuhan material yang selanjutnya dibantu dengan software lain, yaitu Excel. Penggunaan kedua software ini sangat membantu dalam penyelesaian dan keakuratan kebutuhan material suatu proyek konstruksi rangka atap.

Pada praktiknya, penyimpangan penggunaan material rangka atap baja ringan selalu saja terjadi. Penyimpangan ini diakibatkan oleh kebutuhan material yang sudah dihitung oleh pihak desain dengan realisasi penggunaan material di lapangan. Penyimpangan terjadi pada beberapa proyek rangka atap baja ringan yang dikerjakan oleh PT. X selaku subkontraktor.

Dari permasalahan di atas, penulis mencoba untuk mengulas lebih dalam faktor-faktor yang berpengaruh terhadap penyimpangan biaya material rangka atap baja ringan pada PT. X.

Signifikansi Masalah

Penyimpangan material menyebabkan tertundanya pelaksanaan pekerjaan. Selain itu, penambahan material di luar perhitungan awal menyebabkan berkurangnya laba dari perusahaan yang bersangkutan.

Sudah seharusnya penyimpangan material ini dapat diantisipasi dari awal perhitungan. Sumber daya manusia merupakan faktor penyebab utama permasalahan yang terjadi, baik dari pihak desain maupun dari pihak pelaksana di lapangan. Jenis penutup atap dan bentuk atap juga merupakan faktor penyebab kekurangan penggunaan material.

Banyak faktor lain yang menyebabkan perbedaan kebutuhan bahan yang terjadi. Beberapa masalah seperti yang telah diuraikan di atas dan kaitannya dengan biaya dijadikan pembahasan mendalam melalui penelitian ini.

Rumusan Masalah

Pembahasan dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut:
1. Apa saja faktor-faktor yang berpengaruh terhadap penyimpangan biaya material rangka atap baja ringan pada PT. X?
2. Apa tindakan koreksi yang dapat diterapkan untuk mengatasi permasalahan ini?

TUJUAN PENELITIAN

Tujuan penelitian ini adalah:
1. Untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap penyimpangan biaya material rangka atap baja ringan pada PT. X.
2. Untuk mengetahui tindakan koreksi yang dapat diterapkan dalam mengatasi masalah ini.

BATASAN PENELITIAN

Pembatasan penelitian yang diberikan penulis memiliki ruang lingkup sebagai berikut:
1. Proyek pembangunan rangka atap baja ringan pada bangunan rumah tinggal.
2. Luas atap bangunan tidak lebih dari 300 m2.
3. Penelitian dibatasi pada kinerja biaya.
4. Sudut pandang yang ditinjau adalah sisi subkontraktor.

Demikian tadi adalah penjelasan tentang perumusan masalah, tujuan penelitian, signifikasi masalah, batasan masalah dan lain-lain mengenai Skripsi Teknik Sipil IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PENYIMPANGAN BIAYA MATERIAL RANGKA ATAP BAJA RINGAN PADA PT. X ini, semoga dapat membant teman-teman memperbanyak referensi skripsi.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.

Filed under: Sipil

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!