mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Teknik Sipil IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG MENYEBABKAN KLAIM BIAYA DARI KONTRAKTOR KE PEMILIK PROYEK PADA PROYEK GEDUNG BERTINGKAT DI JAKARTA . Berikut dibawah ini adalah perumusan masalah, tujuan penelitian , signifikasi masalah , dan batasan masalah dalam skripsi ini.

Perumusan Masalah
Deskripsi Permasalahan

Proyek-proyek pada masa kini lebih rumit dengan lingkup pekerjaannya lebih luas dan nilai kontrak yang besar, sehingga pelaksanaan dan kinerja pembangunan gedung-gedung dan pekerjaanpekerjaan konstruksi umum menimbulkan klaim dalam kontrak.

Biasanya para kontraktor yang paling banyak mengajukan gugatan-gugatan dibanding dengan pemilik proyek. Klaim merupakan suatu hal yang sering terjadi pada proyek konstruksi dengan berbagai faktor penyebab yang amat beragam.

Dari penelitian Janney, Vince, & Madsen (1996), diperoleh kesimpulan bahwa klaim yang sering terjadi di dunia konstruksi didominasi oleh sektor perumahan dan kondominium, gedung perkantoran, serta fasilitas pemerintah.

Hal ini disebabkan karena pembangunan pada sektor-sektorini dominan/paling sering dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Sedangkan untuk pembangunan gedung bertingkat, klaim berdampak signifikan karena ketergantungan tahapan dan urutan pekerjaan masing-masing pekerjaan sangat tinggi.

Signifikansi Masalah
Dari penelitian-penelitian Deddy Marsudiwibowo dan Astawa Gde (Fakultas Teknik UI, Januari 2000), diketahui bahwa klaim mempunyai dampak yang negatif terhadap kinerja biaya dan atau waktu proyek gedung bertingkat di Jakarta.

Jika tidak diselesaikan sedini mungkin, klaim ini mempunyai kecenderungan menjadi perselisihan dan berakibat pada penurunan kinerja terhadap biaya ataupun waktu pelaksanaan konstruksi secara keseluruhan.

Oleh karena itu, merupakan suatu hal yang penting kontraktor maupun pemilik proyek untuk mengidentifikasi faktor-faktor apa saja yang menyebabkan kontraktor mengajukan klaim ke pemilik proyek, mengetahui penyebab, serta tindakan korektif yang diambil.

Rumusan Masalah

Berdasarkan penjelasan pada deskripsi dan signifikansi masalah, maka diperoleh pertanyaan penelitian (research question) sebagai berikut: Faktor-faktor/kejadian apa saja yang menyebabkan kontraktor mengajukan klaim biaya ke pemilik proyek pada proyek gedung bertingkat?

Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor/kejadian yang menyebabkan kontraktor mengajukan klaim biaya ke ke pemilik proyek pada proyek gedung bertingkat di Jakarta.

Batasan Penelitian
Penyusunan skripsi ini dibatasi pada 3 (tiga) hal. Agar penelitian ini lebih fokus, maka yang menjadi batasan dari penelitian ini ialah:

1. Proyek yang diamati ialah proyek bangunan bertingkat di Jakarta.
2. Tahapan manajemen klaim yang ditinjau ialah tahap identifikasi klaim.
3. Klaim yang ditinjau ialah klaim biaya dari sisi kontraktor.

Di atas tadi uraian tentang perumusan masalah, tujuan penelitian , signifikasi masalah , dan batasan masalah dalam Skripsi Teknik Sipil IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG MENYEBABKAN KLAIM BIAYA DARI KONTRAKTOR KE PEMILIK PROYEK PADA PROYEK GEDUNG BERTINGKAT DI JAKARTA ini, semoga bermanfaat.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.

Filed under: Sipil

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!