mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Teknik Sipil IDENTIFIKASI KETERLIBATAN ASOSIASI JASA PELAKSANA KONSTRUKSI DALAM PROSES LELANG JASA KONSTRUKSI . Berikut adalah signifikasi masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian yang penting disimak untuk menambah referensi skripsi para mahasiswa yang sedang menyusun skripsi.

Signifikansi Masalah
Sebagai salah satu organisasi yang berwenang terhadap pengaturan, pembinaan, pengawasan, dan pemberdayaan usaha jasa konstruksi, Asosiasi Jasa Pelaksana Konstruksi di Kabupaten Brebes belumlah optimal dalam menjalankan fungsi dan tugasnya.

Selain itu, berbagai kasus persaingan usaha tidak sehat dalam bidang jasa konstruksi terus bermunculan, yang umumnya muncul dalam bentuk persekongkolan lelang. Hal ini dapat dilihat dari belum terwujudnya suatu persaingan usaha yang sehat dalam kegiatan lelang jasa konstruksi, di mana asosiasi menjembatani kepentingan para anggotanya untuk menciptakan kondisi persaingan semu.

Perangkat seperti dokumen kontrak dan paket lelang disusun dan direkayasa sesuai dengan keperluan proyek. Pengondisian semacam ini sangat menentukan dalam upaya mendapatkan proyek yang diinginkan oleh anggota.

Oleh karena keterlibatan Asosiasi Jasa Pelaksana Konstruksi yang signifikan, maka perlu menjadi perhatian khusus bagi panitia lelang sebagai pihak yang mewakili pemilik proyek untuk melaksanakan kegiatan pengadaan barang atau jasa konstruksi, sehingga diharapkan bisa mendapatkan penyedia jasa konstruksi yang terbaik untuk melaksanakan pekerjaan yang diberikan.

Rumusan Masalah
Pelelangan jasa konstruksi yang diselenggarakan oleh Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Brebes mempunyai kompleksitas pada ranah implementasi. Kompleksitas itu terkait dengan adanya dugaan keterlibatan Asosiasi Jasa Pelaksana Konstruksi.

Hal tersebut bisa saja terjadi, yang barangkali didasarkan atas ketidakmampuan para pelaku usaha untuk memahami prinsip-prinsip dasar kegiatan pengadaan barang atau jasa konstruksi, sehingga harus termanifestasikan dalam pelelangan jasa konstruksi pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Brebes, khususnya selama kurun waktu tahun 2005 sampai dengan tahun 2008.

Untuk mengetahui ada tidaknya keterlibatan Asosiasi Jasa Pelaksana Konstruksi dalam proses lelang, maka menjadi penting untuk meninjau kesesuaian penyelenggaraan lelang jasa konstruksi pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Brebes dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam konteks etika bisnis dan profesiI

Tujuan Penelitian
Berdasarkan latar belakang dan permasalahan yang dikemukakan, penelitian ini dimaksudkan untuk mengidentifikasi keterlibatan Asosiasi Jasa Pelaksana Konstruksi dalam proses lelang jasa konstruksi pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Brebes. Lebih spesifik ingin mengetahui:

  1. Penyebab keterlibatan Asosiasi Jasa Pelaksana Konstruksi dalam proses lelang jasa konstruksi pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Brebes.
  2. Bentuk keterlibatan Asosiasi Jasa Pelaksana Konstruksi dalam proses lelang jasa konstruksi pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Brebes.
  3. Pengaruh keterlibatan Asosiasi Jasa Pelaksana Konstruksi terhadap keberhasilan penyedia jasa konstruksi memenangkan lelang jasa konstruksi pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Brebes.
  4. Tingkat keterlibatan Asosiasi Jasa Pelaksana Konstruksi dalam proses lelang jasa konstruksi pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Brebes.
  5. Tingkat keberhasilan penyedia jasa konstruksi memenangkan lelang jasa konstruksi pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Brebes.

Batasan Penelitian
Memperhatikan permasalahan dan tujuan penelitian di atas, maka batasan penelitian dalam penulisan ini adalah sebagai berikut:

  1. Penelitian dilakukan dengan sudut pandang etika bisnis dan profesi dari pihak Asosiasi Jasa Pelaksana Konstruksi yang termasuk di dalamnya adalah perusahaan penyedia jasa konstruksi selaku anggota yang memiliki kompetensi Grade 1 sampai dengan Grade 4 dan berdomisili di Kabupaten Brebes.
  2. Penelitian difokuskan pada kegiatan lelang jasa konstruksi yang dilaksanakan oleh Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Brebes yang menggunakan prosedur pelelangan umum dengan sistem pascakualifikasi untuk proyek konstruksi yang diadakan mulai dari tahun 2005 sampai dengan tahun 2008 dengan nilai proyek kurang dari Rp 1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah) dan termasuk kategori pekerjaan tidak kompleks.
  3. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan metode survei melalui pendekatan kuantitatif.
  4. Metode analisis data penelitian yang digunakan adalah analisis statistik yang meliputi uji validitas dan reliabilitas, analisis komparatif, dan analisis statistik deskriptif dengan metode distribusi frekuensi berdasarkan nilai modus.
  5. Penelitian tidak mencari faktor dominan, akan tetapi, hanya mencari faktor-faktor penentu yang sesuai dengan tujuan penelitian untuk memberikan gambaran atau uraian atas permasalahan yang terjadi.

Demikian tadi adalah signifikasi masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian yang penting disimak dalam Skripsi Teknik Sipil IDENTIFIKASI KETERLIBATAN ASOSIASI JASA PELAKSANA KONSTRUKSI DALAM PROSES LELANG JASA KONSTRUKSI ini untuk menambah referensi skripsi para mahasiswa yang sedang menyusun skripsi.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Artikel lainnya:

Filed under: Sipil

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!