mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Teknik Sipil IDENTIFIKASI KINERJA BEBERAPA RUAS JALAN RAYA UTAMA MENUJU PUSAT KOTA DEPOK . Dibawah ini adalah beberapa hal penting seperti tujuan masalah sampai ke batasan masalah dalam penelitian ini, silahkan anda simak …

TUJUAN PENELITIAN
Berdasarkan latar belakang yang dijabarkan diatas, maka penulisan skripsi ini memiliki beberapa tujuan, yaitu :

  1. Mengembangkan model korelasi arus – kecepatan – kerapatan pada ruasruas jalan yang dianalisis guna mendapatkan indikator-indikator pengukuran kinerja jalan.
  2. Mengukur kinerja beberapa ruas jalan raya utama menuju pusat kota Depok, baik kondisi eksisting (tahun 2007) maupun pada tahun rencana (tahun 2010).
  3. Menganalisa permasalahan transportasi yang terjadi.
  4. Memberikan rekomendasi skenario perbaikan kinerja untuk beberapa ruas jalan raya utama menuju pusat kota Depok tahun 2010.

LINGKUP PEMBAHASAN
Untuk menghindari pembahasan masalah yang terlalu luas, maka dalam penulisan skripsi ini penulis menentukan batasan permasalahan dari topik yang akan dibahas yaitu :

  1. Pengamatan dilakukan pada wilayah kota Depok, yaitu pada beberapa ruas jalan raya utama menuju pusat kota Depok,
  2. Penelitian dan pengamatan yang dilakukan menggunakan metode survei lapangan (traffic survey). Selain itu dilakukan pengumpulan data sekunder dari instansi dan lembaga yang terkait,
  3. Perjalanan yang diamati merupakan perjalanan eksternal-internal, yaitu perjalanan yang dimulai dari luar wilayah studi menuju ke dalam wilayah studi serta perjalanan internal-eksternal, yaitu perjalanan yang dimulai dari dalam wilayah studi menuju keluar wilayah studi,
  4. Moda yang akan diteliti adalah moda angkutan jalan raya, yang secara umum dapat dibedakan menjadi Light Vehicle, Heavy Vehicle, Motorcycle dan Unmotorized Vehicle,
  5. Kinerja jalan yang diteliti yaitu Q/C Ratio, Spot Speed, Travel Time dan Delay serta LOS (Level Of Service).

METODE PENELITIAN
Metode Penelitian yang akan dilakukan dalam pembuatan skripsi ini adalah :

– Studi Literatur
Studi literatur yang dilakukan terdiri dari dua (2) kegiatan utama, yaitu pengumpulan data-data sekunder dari berbagai buku, jurnal, dan arsip instasi terkait, serta mempelajari literatur-literatur lain yang berkorelasi dan berguna dalam penyusunan skripsi ini.

– Survei Lalu Lintas dan Geometrik Jalan
Kegiatan survei atau penelitian di lapangan dilakukan untuk memperoleh data primer di beberapa ruas jalan raya utama menuju pusat kota Depok. Data primer yang dimaksud mencakup data geometrik jalan, data volume lalu lintas, data kecepatan, data waktu tempuh dan tundaan.

– Pengembangan Model Korelasi Q – Us – K menurut Model Greenshield
Pengembangan model korelasi ini didasarkan pada data-data primer, khususnya data volume lalu lintas dan kecepatan kendaraan yang sudah didapat untuk setiap ruas jalan. Dengan grafik-grafik korelasi yang akan dihasilkan tersebut, kita dapat mengetahui indikator-indikator pengukuran kinerja ruas lain yang secara formula (KAJI) untuk beberapa kondisi tertentu tidak dapat terdefinisi.

– Prediksi Volume lalu lintas
Dari data-data sekunder yang ada, seperti data pertumbuhan kendaraan, pertumbuhan penduduk, serta tingkat perekonomian penduduk kota Depok beberapa tahun ke belakang, dapat diketahui/diprediksi seberapa besar/kuat pengaruh variable-variabel yang ada tersebut terhadap volume lalu lintas kota Depok tahun 2010 yang akan datang. Dimana prediksi volume lalu lintas ini sangat berguna untuk pengambilan kebijakan serta langkah-langkah dalam rangka mempertahankan kinerja jaringan jalan kota Depok untuk tetap baik.

– Penghitungan Kinerja Jalan dengan metode MKJI
Perhitungan kinerja jalan ini dilakukan terhadap kondisi eksisting (tahun 2007) maupun beberapa skenario perbaikan kinerja jalan yang diusulkan pada tahun 2010. Dimana indikator kinerja ruas jalan yang diperhitungkan meliputi Q/C ratio, kecepatan, dan waktu tempuh.

– Analisa Data
Selanjutnya dilakukan analisa dan pembandingan terhadap hasil perhitungan kinerja jalan yang telah didapatkan untuk tiga (3) kondisi/skenario tersebut. Analisa yang digunakan menggunakan pendekatan kantitatif, dimana tetap mengacu pada tinjauan pustaka yang ada serta asumsi-asumsi dasar yang digunakan dalam proses analisa.

Berikut ini adalah beberapa hal penting seperti tujuan masalah sampai ke batasan masalah dalam Skripsi Teknik Sipil IDENTIFIKASI KINERJA BEBERAPA RUAS JALAN RAYA UTAMA MENUJU PUSAT KOTA DEPOK ini, semoga bermanfaat.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.

Filed under: Sipil

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!