mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Teknik Sipil IDENTIFIKASI PERMASALAHAN PADA FAKTOR INTERNAL KONTRAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KINERJA WAKTU PROYEK PADA PROYEK EPC . Dibawah ini adalah uraian dari deskripsi permasalahan, tujuan penelitian, batasan penelitian dan lain-lain yang berguna bagi mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi.

Deskripsi Permasalahan
Dalam menghadapi persaingan pasar bebas, perlu dilakukan langkah langkah antisipatif yang harus dipersiapkan oleh perusahaan-perusahaan jasa konstruksi dalam hal ini adalah kontraktor, baik dari pihak swasta maupun BUMN yang ada di Indonesia. Langkah-langkah antisipatifnya adalah dengan cara melakukan berbagai macam perbaikan pada perusahaan jasa konstruksi guna meningkatkan kualitas kinerja perusahaan.

Faktor internal perusahaan jasa konstruksi (kontraktor) merupakan salah satu faktor yang sangat penting dan mempunyai pengaruh sebesar 42% terhadap kesuksesan perusahaan ( Teng, 2002 ) . Kesuksesan perusahaan jasa konstruksi dapat diselidiki dengan menyebutkan faktor-faktor yang menjadi kunci sukses dalam industri konstruksi antara lain adalah kualitas, produk atau jasa dan proses inovasi, dan terakhir adalah waktu ( Kale & Arditi, 2002 ).

Pengaruh faktor internal terhadap kesuksesan suatu perusahaan khususnya perusahaan jasa konstruksi didominasi oleh faktor-faktor berikut ( Venegas & Alarcon, 1997 ) 4):
1. Manajemen
2. Organisasi
3. Sumber daya manusia
4. Keuangan
5. Budaya perusahaan.

Dengan jumlah perusahaan yang begitu banyak tentunya akan menimbulkan persaingan yang begitu ketat khususnya di era globalisasi sekarang ini. Persaingan ketat dalam bidang jasa konstruksi ini ternyata belum diiringi dengan peningkatan kualitas dan kinerja yang terjamin, hal tersebut dikarenakan oleh ( Trisnowardono, 2002 )

Penyebab konstruksi belum diiringi dengan peningkatan kualitas dan kinerja yang terjamin karena :

1. Belum tingginya mutu produk.
2. Masih rendahnya ketepatan waktu pelaksanaan
3. Tingkat efisiensi pengguna sumber daya dalam penyelenggaraan pekerjaan konstruksi masih rendah.

Pada pengadaan jasa konstruksi, faktor internal merupakan salah satu faktor yang sangat penting. Permasalahan yang disebabkan oleh faktor internalkontraktor mempunyai pengaruh yang cukup besar sehingga dapat menurunkan kinerja waktu pada proyek-proyek konstruksi. Persyaratan keberhasilan proyek konstruksi adalah tercapainya sasaran proyek yaitu tepat biaya, tepat mutu, dan tepat waktu.

Berdasarkan dengan hal tersebut, maka kinerja waktu proyek menjadi salah satu hal yang sangat penting dalam proyek konstruksi. Karena dengan menurunya kinerja waktu proyek tentunya akan mengakibatkan keterlambatan pekerjaan konstruksi. Keterlambatan pekerjaan konstruksi ini akan menyebabkan kerugian baik moril maupun materi.

Pihak yang akan terkena dampak kerugian tersebut adalah pihak yang berhubungan langsung dengan proyek yaitu kontraktor. Dengan adanya keterlambatan tersebut dapat berakibat kontraktor akan kehilangan peluang untuk mendapatkan pekerjaan proyek lainnya. Kontraktor yang mengerjakan proyek tepat waktu atau memiliki kinerja waktu yang baik tentunya akan sangat menguntungkan bagi kontraktor itu sendiri.

Rumusan Masalah
Rumusan-rumusan masalah yang harus dijawab pada Skripsi Teknik Sipil ini adalah:

  1. Apa sajakah permasalahan-permasalahan yang terdapat pada faktor internal kontraktor yang dapat berpengaruh besar terhadap kinerja waktu proyek pada tahap pelaksanaan konstruksi pada proyek EPC ?
  2. Tindakan preventif dan korektif apa sajakah yang dapat dilakukan oleh pihak kontraktor EPC dalam mengatasi permasalahan-permasalahan yang terdapat pada faktor internal kontraktor yang memiliki pengaruh yang besar terhadap kinerja waktu proyek pada tahap pelaksanaan konstruksi pada proyek EPC ?

Tujuan Penelitian
Tujuan dari Skripsi Teknik Sipil ini adalah untuk mengetahui apa sajakah permasalahan-permasalahan yang terdapat pada faktor internal kontraktor yang memiliki pengaruh yang besar terhadap kinerja waktu proyek khususnya pada tahap pelaksanaan konstruksi pada proyek EPC.

Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui tindakan preventif dan korektif apa sajakah yang dapat dilakukan oleh pihak kontraktor EPC dalam mengatasi permasalahanpermasalahan yang terdapat pada faktor internal kontraktor yang memiliki pengaruh yang besar terhadap kinerja waktu proyek khususnya pada tahap pelaksanaan konstruksi pada proyek EPC.

Batasan Masalah Skripsi Teknik Sipil
Batasan-batasan masalah pada penelitian ini adalah sebagai berikut :

  1. Penelitian ini hanya dilakukan berdasarkan pada sudut pandang kontraktor PT.X.
  2. Penelitian hanya dilakukan pada proyek-proyek yang dikerjakan oleh kontraktor PT.X.
  3. Kinerja waktu proyek yang diteliti hanyalah kinerja waktu proyek pada proyek-proyek EPC yang dikerjakan oleh kontraktor PT.X.
  4. Hal-hal yang akan diamati & dibahas dalam penelitian ini adalah hanya mengenai permasalahan-permasalahan yang terdapat pada faktor internal kontraktor yang berpengaruh terhadap kinerja waktu proyek khususnya pada proses tahapan pelaksanaan konstruksi pada proyek EPC.

Demikian tadi uraian mengenai deskripsi permasalahan, tujuan penelitian, batasan penelitian dalam Skripsi Teknik Sipil berjudul IDENTIFIKASI PERMASALAHAN PADA FAKTOR INTERNAL KONTRAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KINERJA WAKTU PROYEK PADA PROYEK EPC ini semoga bermanfaat.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Artikel lainnya:

Filed under: Sipil

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!