mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Teknik Sipil IDENTIFIKASI PERMASALAHAN PADA TAHAP AWAL PELAKSANAAN PROYEK FLYOVER CIPUTAT AKIBAT ADANYA JARINGAN UTILITAS DI LOKASI PROYEK .

Signifikansi Masalah

Keberadaan utilitas umum yang berada di sekitar atau bahkan di dalam loksai proyek akan memberi dampak pada pelaksanaan pekerjaan konstruksi flyover. Dalam hal ini keberadaan jaringan utilitas seperti kabel telkom dan PLN ternyata cukup mengganggu pelaksanaan flyover di Ciputat.

Salah satu contohnya pada saat akan melakukan pengeboran, ternyata ditemukan jaringan kabel utilitas pada beberapa titik. Akibatnya pengeboran tidak dapat dilaksanakan sampai tuntas sebelum jaringan kabel utilitas dipindahkan.

Selain itu pemancangan juga dapat mengakibatkan keretakan dinding rumah warga jika tidak berhati-hati dalam pelaksanannya6. Di titik lain ditemukan tiang listrik yang berada pada lokasi proyek.

Inipun akan menjadi masalah yang cukup rumit karena pemindahan tiang listrik ini sendiri membutuhkan lokasi di luar poyek dimana lokasi di luar proyek ini bukan lagi ruang milik jalan. Sementara itu kabel-kabel udara dapat menimbulkan suatu ledakan jika terjadi kesalahan pada saat pemindahan7.

Beberapa masalah seperti yang telah diuraikan di atas dan kaitannya dengan kinerja waktu dijadikan pembahasan mendalam melalui penelitian ini.

Rumusan Masalah
Pembahasan dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut:

  1. Jaringan utilitas jenis apa yang berpotensi menimbulkan masalah sehingga dapat mengakibatkan keterlambatan penyelesaian pekerjaan
  2. Masalah seperti apa yang terjadi dalam pelaksanaan proyek sehingga dapat mengakibatkan keterlambatan penyelesaian pekerjaan
  3. Bagaimana tindakan pencegahan dan tindakan koreksi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah yang muncul tadi

TUJUAN PENELITIAN
Tujuan dari penelitian ini adalah:

  1. Untuk mengidentifikasi jenis jaringan utilitas yang berpotensi menimbulkan masalah sehingga dapat mengakibatkan keterlambatan penyelesaian pekerjaan
  2. Mengidentifikasi permasalahan yang muncul dalam pelaksanaan proyek sehingga dapat mengakibatkan keterlambatan penyelesaian pekerjaan
  3. Untuk mengetahui bagaimana tindakan pencegahan dan tindakan koreksi yang dapat dilakukan agar permasalahan yang muncul dapat diatasi

BATASAN PENELITIAN

Studi kasus dilakukan terhadap proyek infrastruktur yaitu proyek jalan flyover di Ciputat, Tangerang berkaitan dengan permasalahan yang muncul dalam pelaksanaan akibat adanya utilitas milik umum di area proyek khususnya pada tahap awal pekerjaan ini.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Artikel lainnya:

Filed under: Sipil

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!