mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Teknik Sipil KAJIAN STUDI KELAYAKAN FINANSIAL DAN SKEMA PENDANAAN PADA RENCANA PEMBANGUNAN PROYEK MULTI PURPOSE DEEP TUNNEL SYSTEM DI DKI JAKARTA . Dibawah ini adalah deskripsi permasalahan, signifikasi permasalah, rumusan masalah, tujuan masalah dan hal penting lainnya tentang skripsi ini

DESKRIPSI PERMASALAHAN
Sebagaimana kita ketahui, saat ini, pembiayaan infrastruktur tahun 2005-2009 masih dimonopoli oleh pemerintah melalui kebijakan fiskal. Ternyata dengan kebutuhan infrastruktur yang mencapai 689 triliun masih belum terpenuhi oleh kapasitas fiskal pemerintah, sehingga pengembangan potensi investasi infrastruktur melalui pengembangan kerjasama antara pemerintah dan swasta (public private partnership)

Dengan perkiraan biaya investasi MPDT yang sangat besar, pemerintah tidak dapat menanggung beban investasi tersebut tanpa adanya peran serta dari pihak swasta dalam hal pendanaan proyek ini.

Kendatipun menteri Pekerjaan Umum telah mengeluarkan Surat Keputusan Menteri PU No. 373 / KPTS / M / 2007 tentang Pembentukan Tim Pengkaji Kelayakan Terowongan Serbaguna “Multi Purpose Deep Tunnel Jakarta, namun hingga saat ini studi kelayakan proyek MPDT khususnya kelayakan investasi belum dilakukan.

Sehingga sampai saat belum ada media yang dapat menyakinkan investor ataupun pemerintah bahwa realisasi dari proyek ini akan menghasilkan benefit dan juga profit yang menguntungkan.

SIGNIFIKANSI MASALAH
Dengan tidak dimilikinya studi kelayakan investasi proyek MPDT, maka akan mengakibatkan hal-hal sebagai berikut:

  1. Tingginya risiko investasi dan pendanaan pada proyek ini.
  2. Akibat tingginya risiko investasi, mengakibatkan rendahnya tingkat kelayakan investasi.
  3. Dikarenakan rendahnya tingkat kelayakan investasi, maka akan menicu turunnya minat investor untuk menanamkan modalnya.
  4. Rendahnya minat investor dalam berinvestasi, akan dapat menjadi salah satu penyebab gagalnya realisasi proyek MPDT.

RUMUSAN MASALAH
Berikut adalah beberapa pertanyaan yang akan dikaji dalam skripsi ini:

  1. Seberapa besar biaya investasi dan perkiraan pemasukan (revenue) dan keuntungan (profit) yang didapat setiap tahunnya dari pembangunan proyek MPDT ini? Kementrian Negara PPN/ Bappenas, 2007
  2. Bagaimana skenario pendanaan yang dapat mengoptimalkan tingkat investasi yang diminati investor?
  3. Manakah alternatif investasi yang memiliki tingkat pengembalian tertinggi, penggunaan terbaik dan dapat diimplementasikan secara realistis dan mempertimbangkan kondisi saat ini dan proyeksi di masa depan?

TUJUAN PENELITIAN
Untuk melakukan analisis terhadap kelayakan suatu rencana investasi proyek dari segi finansial dengan objek studi rencana pembangunan Proyek Multi Purpose Deep Tunnel System di Jakaarta

BATASAN PENELITIAN
Mengingat waktu penelitian yang sangat terbatas dan agar penelitian dapat terarah pada tujuan yang telah ditetapkan, maka penelitian ini dibatasi hanya kepada hal-hal berikut;

  1. Objek penelitian adalah Rencana Pembangunana Proyek Multi Purpose Deep Tunnel System yang akan dijadikan studi kasus dalam penelitian ini.
  2. Studi tingkat kelayakan investasi MPDT dilakukan pada tahap konseptual proyek.
  3. Sudut pandang analisa finansial yang digunakan hanya sudut pandang investor.
  4. Aspek yang dipertimbangkan dalam analisis tingkat kelayakan investasi hanyalah aspek finansial.
  5. Aspek ekonomi, sosial, kebijakan politik, dan bencana alam, kesalahan dalam memutuskan dan menilai alternatif investasi yang menjadi penyebab gagalnya investasi tidak menjadi bahan pertimbangan.
  6. Indikator kelayakan investasi hanya menggunakan IRR, dan NPV
  7. Skema pendanaan hanya berdasarkan input sebagai berikut:
  • Biaya Proyek (didapat dari hasil estimasi perhitungan yang dilakukan oleh Badan Regulator (BR), Badan Perencana Jalan Tol (BJPT), Departemen Pekerjaan Umum (PU), dan PD PAL Jaya).
  • Kemampuan pemerintah dalam membiayai proyek tersebut.
  1. Batasan-batasan finansial pendanaan berasal dari para pakar selaku pihak yang berpengalaman pada investasi proyek investor melalui proses diskusi dan wawancara secara langsung.
  2. Skema pendanaan yang dibahas merupakan skema pendanaan proyek

1. Public Private Partnership dengan sumber dana keseluruhan dari Investor
2. Goverment Bond dengan sumber dana keseluruhan dari pemerintah
3. Billateral Borrowing dengan sumber dana keseluruhan dari pemerintah
4. Public Private Partnership dengan sumber dana gabungandari pemerintah dan Investor

Demikian tadi adalah deskripsi permasalahan, signifikasi permasalah, rumusan masalah, tujuan masalah dan hal penting lainnya tentang Skripsi Teknik Sipil KAJIAN STUDI KELAYAKAN FINANSIAL DAN SKEMA PENDANAAN PADA RENCANA PEMBANGUNAN PROYEK MULTI PURPOSE DEEP TUNNEL SYSTEM DI DKI JAKARTA ini.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.

Filed under: Sipil

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!