mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Teknik Sipil KARAKTERISTIK KUAT LENTUR DAN SUSUT BETON DENGAN PORTLAND COMPOSITE CEMENT (PCC) . Dibawah ini dibahas mengenai tujuan penelitian, batasan penelitian dan hipotesa dalam skripsi ini.

TUJUAN PENELITIAN
Penelitian ini bertujuan untuk :

  1. Melengkapi penelitian mengenai penggunaan PCC (Portland Composite Cement) sebagai bahan konstruksi Beton.
  2. Meneliti perilaku kekuatan lentur beton pada benda uji balok dengan penggunaan semen tipe PCC.
  3. Mengamati susut beton yang terjadi untuk masa 60 hari.

BATASAN PENELITIAN

Penelitian yang dilakukan memiliki ruang lingkup sebagai berikut :

  1. Karakteristik kekuatan beton yang digunakan adalah fc’= 30 MPa
  2. Semen yang digunakan adalah semen merek Tiga Roda tipe PCC, yang diproduksi oleh PT. Indocement Tunggal Prakarsa,Tbk. Air yang digunakan adalah air yang berada di Laboratorium Struktur dan Material Departemen Sipil FTUI.
  3. Pengujian benda uji dilakukan sesuai dengan ASTM (American Society for Testing Material). Pengujian benda uji dilakukan di Laboratorium Struktur dan Material Departemen Sipil Fakultas Teknik Universitas Indonesia
  4. Sifat-sifat mekanis yang diuji mencakup pengujian terhadap kuat lentur yang dilakukan pada umur 1 sampai 28 hari (setiap hari), serta hari ke-56 dan 84.
  5. Perbandingan dilakukan dengan beton normal menggunakan OPC (Ordinary Portland Cement) yang kekuatan lentur dan tekannya dihitung secara teoritis.

HIPOTESIS
Kuat lentur balok beton dengan PCC (Portland Composite Cement) yang didapat pada umur 28 hari dan sesudahnya akan lebih tinggi dibandingkan kuat lentur balok beton dengan OPC (Ordinary Portland Cement). Berdasarkan persamaan fr = 0,62 fc ‘ , kenaikan kuat lentur beton diperkirakan dipengaruhi naiknya nilai kuat tekan.

Menurut perkiraan, nilai kuat lentur berkisar antara 10% s.d. 15% kuat tekannya. Kenaikan ini dikarenakan PCC (Portland Composite Cement) memiliki kandungan 70% PC (Portland Cement) dan sisanya 30% fly ash dan material campuran lainnya. Saat beton dalam masa perawatan, akan terjadi drying shrinkage sekitar 0.3- 0.5%, tetapi penggunaan fly ash pada PCC seharusnya mampu mengurangi penyusutan yang terjadi.

METODOLOGI PENELITIAN
Metodologi penelitian yang dilakukan adalah :

  1. Studi literatur, mengenai Portland Composite Cement dan metode pengujian kuat lentur. Kegiatan ini berlangsung dengan mengumpulkan bahan dan mempelajari pustaka dalam bentuk standar nasional Indonesia, peraturan-peraturan konstruksi, jurnal, text book, paper, ataupun laporan-laporan penelitian lainnya yang berhubungan dengan topik penelitian ini.
  2. Melakukan pengambilan data dari benda uji balok untuk diketahui kuat lentur (Modulus of Rupture) dan perubahan susut selama 60 hari.

Demikian mengenai tujuan penelitian, batasan penelitian dan hipotesa penelitian dalam Skripsi Teknik Sipil KARAKTERISTIK KUAT LENTUR DAN SUSUT BETON DENGAN PORTLAND COMPOSITE CEMENT (PCC) ini.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Artikel lainnya:

Filed under: Sipil

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!