mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Teknik Sipil PEMANFAATAN SERABUT DAN TEMPURUNG KELAPA SEBAGAI MATERIAL RINGAN TIMBUNAN . Berikut adalah rumusan permasalahan , batasan pembahasan, tujuan penelitian secara detail dijelaskan mengenai skripsi ini.

RUMUSAN PERMASALAHAN
Permasalahan yang mengakibatkan kegagalan pada hasil pekerjaan timbunan yakni daya dukung tanah dasar dan beban material timbunan itu sendiri. Untuk itu, peninjauan terhadap kedua faktor tersebut dalam pekerjaan timbunan sangat penting untuk dilakuakan.

Fokus peninjauan permasalahan pada makalah Skripsi Teknik Sipil ini yakni tentang beban material timbunan yang berlebih sehingga mengakibatkan settlement yang besar pada konstruksi timbunan. Untuk mengantisipasi hal tersebut , maka dipilih material timbunan dengan berat jenis ringan dalam pelaksanaan konstruksi timbunan.

Hal tersebut ditujukan untuk mengurangi penambahan tegangan vertikal tanah dasar atau tegangan pada konstruksi timbunan itu sendiri yang dapat mengakibatkan settlement terlalu besar. Selain itu, pemilihan material timbunan ringan juga ditujukan untuk mengurangi tegangan lateral pada struktur timbunan yang dapat mengakibatkan displacement horizontal yang terlalu besar atau longsor pada sisi timbunan.

BATASAN PEMBAHASAN
Batasan/lingkup pembahasan yang diangkat dalam makalah skripsi ini yakni pemilihan material ringan alternatif yang digunakan untuk timbunan. Bahan dasar meterial ringan tersebut dimodifikasi dari serabut dan tempurung kelapa.

Percobaan alternatif material ringan timbunan yang dipilih tersebut bersifat eksperimental untuk menentukan apakah material tersebut cocok digunakansebagai material timbunan. Peninjauan kelayakan material tersebut mengacu pada nilai CBR dan sifat properti material yang akan dibuat dan diuji di laboratorium mekanika tanah dan laboratorium bahan Departemen Teknik Sipil Universitas Indonesia.

Sehingga dapat diketahui penentuan ukuran material, komposisi campuran dengan bahan lain, kekuatan (strength) material, kerapatan jenis, modulus elastisitas dan parameter-parameter lainnya. Dengan demikian dapat disimpulkan apakah material tersebut layak untuk diterapkan dilapangan.

TUJUAN Skripsi Teknik Sipil ini adalah
Tujuan pembahasan tentang pemilihan material ringan alternatif untuk timbunan dalam makalah skripsi ini atara lain:

  1. Membuat modifikasi material timbunan alternatif dari serabut dan tempurung kelapa
  2. Membandingkan sifat meterial alternatif tersebut dengan material timbunan lain
  3. Mengetahui keunggulan dan kelemahan dari material alternatif timbunan tersebut
  4. Mengetahui apakah serabut dan tempurung kelapa layak digunakan sebagai material alternatif timbunan.

Berikut adalah rumusan permasalahan , batasan pembahasan, tujuan penelitian secara detail dijelaskan mengenai Skripsi Teknik Sipil PEMANFAATAN SERABUT DAN TEMPURUNG KELAPA SEBAGAI MATERIAL RINGAN TIMBUNAN ini.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.

Filed under: Sipil

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!