mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Teknik Sipil PENERAPAN METODE CRITICAL CHAIN PROJECT MANAGEMENT PADA PENJADWALAN PROYEK KONSTRUKSI . Berikut adalah hal penting yang perlu diketahui tentang skripsi ini antara lain signifikasi masalah, tujuan penelitian , keterbatasan masalah dan lain-lain yang akan bermanfaat bagi para mahasiswa.

Signifikansi Masalah
Sejumlah evaluasi-evaluasi menunjukan sebanyak 30% proyekproyek dibatalkan sebelum proyek tersebut selesai, dikarenakan banyaknya pemborosan waktu, biaya, dan menghabiskan usaha (effort) mereka. Mayoritas semua kegagalan pembangunan proyek dikarenakan target waktu dan biaya mereka melebihi dari yang direncanakan, pada umumnya antara 40 sampai dengan 200 persen (Robert, 1995).

Berdasarkan survey yang dilakukan pada proyek IT, 2/3 proyek dinyatakan gagal diantaranya 30% proyek dihentikan sebelum selesai, 75% proyek terlambat, rata-rata biaya melebihi anggaran sebesar 189% dan rata-rata waktu melebihi dari yang direncanakan sebesar 222%.7 Hampir semua proyek dikatakan gagal dalam pengendalian waktu dan biaya, Hal ini dikarena kita tidak merencanakan dengan baik, tetapi lebih karena kita merencanakan untuk gagal. Alasannya adalah:

  1. Kita merencanakan dengan asumsi bahwa lingkup proyek tidak akan berubah, dan itu selalu dilakukan. Namun ini adalah salah, karena kita tidak akan pernah menemukan suatu proyek dimana lingkup itu tidak pernah berubah selama tahapan proyek. Di dalam banyak kasus, walaupun perubahan itu hanya sedikit, tetapi biasanya perubahan-perubahan itu cukup penting yang akan berdampak/mempengaruhi proyek secara keseluruhan.
  2. Pekerjaan selesai setelah batasan waktu atau di dalam banyak kasus pekerjaan selesai di hari terakhir padahal kemungkinan penyelesaian pekerjaan sebelum batas waktu selesai atau nol bisa dilakukan. Hal ini disebabkan karena 2 faktor utama:
  • Student’s syndrom
  • 20% pekerjaan terakhir dilakukan sangat lambat atau beberapa pekerja tidak cenderung untuk menyelesaikan pekerjaan lebih cepat

Dengan latar belakang permasalahan diatas penulis ingin mencoba menerapkan metode Critical Chain Project Management studi kasus proyek Sudirman Tower pada PT. X, yang merupakan proyek bangunan gedung bertingkat karena baik dari segi kerumitan teknologinya serta kompleksitas permasalahannya lebih rumit dibandingkan dengan pembangunan pada proyek konstruksi berat dan jalan raya, dimana kegiatan dalam jumlah yang banyak harus dianalisa, dijadwalkan, diintegrasikan dan diukur kinerjanya.

Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian diatas, penulis merumuskan suatu masalah yang akan dijadikan pembahasan yakni “bagaimana penerapan metode critical chain project management mencari solusi dalam mengendalikan kinerja waktu pada penjadwalan proyek konstruksi?”.

Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan metode critical chain project management dalam perencanaan, pengukuran dan pengendalian kinerja waktu pada proyek konstruksi.

Batasan Masalah
Penelitian dilakukan dengan menganalisa kinerja waktu proyek yang sedang berjalan di salah satu perusahaan kontraktor nasional. Adapun batasan masalah yang digunakan pada penelitian ini adalah :

  1. Penelitian dilakukan dari sisi internal kontraktor
  2. Penelitian dilakukan pada proyek bangunan gedung bertingkat yang dilaksanakan mulai dari Juli 2007 sampai dengan sekarang
  3. Fokus penelitian ini adalah pengendalian waktu proyek pada tahap pelaksanaan proyek dengan menggunakan metode Critical Chain Project Management.
  4. Pengembangan penjadwalan ulang proyek dengan metode critical chain project management berdasarkan pada data perencanaan penjadwalan yang digunakan diproyek yang menjadi studi kasus.
  5. Ketersedian sumber daya pada proyek dianggap tidak ada gangguan.

Metode Pemecahan Masalah
Adapun metode yang digunakan untuk memecahankan masalah yang digunakan pada penelitian ini adalah sebagai berikut :

  1. Identifikasi permasalahan, yakni merumuskan masalah mengenai metode penjadwalan yang digunakan untuk penjadwalan proyek konstruksi.
  2. Studi literatur, yakni mengumpulkan bahan–bahan yang dibutuhkan dari berbagai literatur yang ada.
  3. Pengumpulan data yang dibutuhkan mengenai rincian seluruh kegiatan dalam proyek yang menjadi studi kasus.
  4. Mempelajari data-data proyek sehubungan dengan metode penjadwalan konstruksi yang digunakan pada proyek yang menjadi studi kasus.
  5. Membuat jadwal baru berdasarkan data-data tersebut, menggunakan metode penjadwalan critical chain project management.
  6. Mengukur kinerja proyek dan menentukan tindakan.
  7. Melakukan analisa perbandingan antara penerapan metode penjadwalan konstruksi critical chain dengan realisasi penerapan di lapangan.
  8. Menyimpulkan hasil penelitian serta memberikan saran untuk permasalahan dan penelitian selanjutnya.

Demikain tadi adalah hal penting yang perlu diketahui tentang Skripsi Teknik Sipil PENERAPAN METODE CRITICAL CHAIN PROJECT MANAGEMENT PADA PENJADWALAN PROYEK KONSTRUKSI ini antara lain signifikasi masalah, tujuan penelitian , keterbatasan masalah dan lain-lain yang akan bermanfaat bagi para mahasiswa. Semoga bermanfaat.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.

Filed under: Sipil

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!