mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Teknik Sipil PENERAPAN PENGENDALIAN RISIKO KECELAKAAN KERJA YANG BERPENGARUH TERHADAP PRODUKTIFITAS TENAGA KERJA . Dibawah ini adalah perumusan masalah, tujuan penelitian dan masih banyak lagi yang penting untuk disimak, berikut selengkapnya …

PERUMUSAN MASALAH
IDENTIFIKASI MASALAH
Dalam suatu pekerjaan, kecelakaan didalam pekerjaan sangat mempengaruhi kelancaran dan produktivitas pelaksanaan pekerjaan, karena akan merugikan semua pihak yang berkepentingan dalam pekerjaan tersebut yaitu : pemberi kerja, pelaksana kerja dan tenaga kerja beserta keluarganya.

Pada proyek Bakrie Tower dan Lifestyle Entertainment Center sebagai tempat studi kasus peneliti telah terdapat beberapa kecelakaan kerja. Berdasarkan data proyek sampai pada bulan Januari 2008 terdapat 27 kecelakaan yang terdiri dari 20 kecelakaan ringan, 2 kecelakaan sedang, 1 kecelakaan berat dan 4 dalam kondisi perawatan dokter.

Kecelakaan kerja dapat terjadi karena kurang maksimalnya penerapan pengendalian risiko kecelakaan kerja dalam proses pelaksanaan proyek. Kecelakaan kerja yang terjadi tentu sangat mempengaruhi kelancaran proyek, secara psikologis dapat mempengaruhi tenaga kerja khususnya buruh konstruksi.

Salah satu dampaknya dapat menurunkan produktifitas. Untuk menghindari penurunan produktifitas tenaga kerja maka diperl kan pengendalian risiko kecelakaan kerja yang baik sehingga dari pengendalian risiko kecelakaan kerja tersebut diperoleh suatu pengaruh dalam meningkatkan produktifitas tenaga kerja.

SIGNIFIKANSI MASALAH
Seiring dengan pesatnya laju perkembangan pembangunan gedung bertingkat tinggi (highrise building) di Indonesia, khususnya di DKI Jakarta, maka peranan pengendalian risiko kecelakaan kerja dirasakan menjadi semakin penting. Salah satu risiko yang cukup penting pada proyek bangunan bertingkat adalah risiko kecelakaan kerja, yang jika tidak dikendalikan akan berdampak pada pelaksanaan proyek.

Pengendalian risiko kecelakaan kerja tersebut diharapkan mampu meminimalisasi potensi kecelakaan kerja sehingga dapat meningkatkan produktifitas tenaga kerja. Kecelakaan kerja proyek Bakrie Tower dan Lifestyle Entertainment Center terjadi disebabkan oleh dua kondisi, yaitu : unsafe condition dan unsafe action.

Unsafe condition yaitu kecelakaan yang terjadi karena fasilitas keamanan yang kurang memadai dan unsafe act yaitu kecelakaan kerja karena kecerobohan dari tenaga kerja itu sendiri. Kecelakaan kerja tersebut terjadi karena kurang maksimalnya penerapan pengendalian risiko kecelakaan kerja.

Hal ini berarti terdapat per asalahan didalam pengendalian risiko tersebut yang mengakibatkan dampak terjadinya penurunan produktifitas tenaga kerja. Penurunan produktifitas tenaga kerja dapat diatasi dengan dengan mengurangi faktor-faktor yang mempengaruhinya dengan usaha manajemen yangbaik serta melakukan penerapan pengendalian risiko kecelakaan kerja dengan baik.

Dengan menerapkan pengendalian tersebut diharapkan dapat meningkatkan produktifitas tenaga kerja kerja sehingga diperoleh suatu hasil yang memuaskan

RUMUSAN MASALAH
Untuk menciptakan suatu pekerjaan yang aman haruslah diiringi dengan aktifnya mengidentifikasi segala risiko yang mungkin terjadi (risiko berdasarkan probabilitas dan besarnya akibat) oleh pihak kontraktor dengan benar baik sebelum pelaksanaan proyek maupun pada saat pelaksanaannya.

Karena seiring berjalanannya pekerjaan, banyak hal yang dapat mengakibatkan kecelakaan yang tidak terduga sebelumnya. Untuk itu guna menghindari kecelakaan kerja pada saat pelaksanaan perlu melakukan suatu pengendalian risiko kecelakaan kerja dengan baik dan mengidentifikasi risiko-risiko yang belum terpikir sebelumnya dan dengan cepat melakukan suatu pengendalian risiko kecelakaan kerja yang baru.

Untuk melihat pengendalian risiko kecelakan kerja apa saja yang berpengaruh terhadap produktifitasan tenaga kerja dan seberapa besar pengaruh pengendalian risiko kecelakaan kerja tersebut dalam meningkatkan produktifitas tenaga kerja.

Dengan penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai salah satu referensi tentang pengendalian ris ko kecelakaan kerja dan peranannya terhadap kedisiplinan serta produktifitas tenaga kerja dalam proyek konstruksi gedung bertingkat tinggi.

TUJUAN PENELITIAN
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mencari pengendalian risiko kecelakaan kerja apa saja yang dapat meningkatkan produktifitas tenaga kerja serta seberapa besar pengaruh pengendalian risiko kecelakaan kerja tersebut dalam meningkatkan produktifitas tenaga kerja pada proyek Bakrie Tower dan Lifestyle Entertainment Center

BATASAN PENELITIAN
Batasan masalah dalam peneltian ini adalah :

  • Membahas seberapa besar pengaruh penerapan pengendalian risiko kecelakaan kerja terhadap produktiftas tenaga kerja serta pengendalian risiko apa saja yang dapat meningkatkan produktifitas tenaga kerja.
  • Penelitian ini dilakukan berdasarkan sudut pandang kontraktor selaku pelaksana pengendalian risiko

Demikian tadi uraian lengkap tentang perumusan masalah, tujuan penelitian dan masih banyak lagi yang penting untuk disimak dalam Skripsi Teknik Sipil PENERAPAN PENGENDALIAN RISIKO KECELAKAAN KERJA YANG BERPENGARUH TERHADAP PRODUKTIFITAS TENAGA KERJA ini, semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman semua …

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Artikel lainnya:

Filed under: Sipil

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!