mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Teknik Sipil PENGARUH PENERAPAN SAFETY MANAGEMENT TERHADAP KINERJA PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA . Dibawah ini adalah beberapa hal yang penting untuk disimak sehubungan dengan skripsi ini. Antara lain rumusan masalah, tujuan penelitian sampai pada pembahasan metode penelitian yang diambil.

RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan identifikasi masalah yang diberikan pada penelitian ini, penulis merumuskan suatu masalah yang akan dijadikan pembahasan yakni :

  1. Jenis-jenis kecelakaan apa saja yang sering terjadi pada proyek konstruksi gedung bertingkat ?
  2. Faktor-faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya kecelakaan pada proyek konstruksi gedung bertingkat yang berpengaruh pada kinerja produktivitas tenaga kerja ?
  3. Aspek-aspek safety management apa saja yang diterapkan sebagai penanganan risiko kecelakaan dan faktor penyebab kecelakaan kerja yang berdampak terhadap kinerja produktivitas tenaga kerja pada proyek konstruksi gedung bertingkat di Jakarta?

TUJUAN PENELITIAN
Tujuan penelitian ini adalah

  1. Untuk mengetahui jenis-jenis kecelakaan yang sering terjadi pada proyek konstruksi gedung bertingkat .
  2. Untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kecelakaan pada proyek konstruksi gedung bertingkat yang berpengaruh pada kinerja produkivitas tenaga kerja.
  3. Untuk mengetahui penerapan safety management sebagai penanganan risiko kecelakaan dan faktor penyebab kecelakaan kerja yang berdampak terhadap kinerja produktivitas tenaga kerja pada proyek konstruksi gedung bertingkat di Jakarta

BATASAN PENELITIAN
Pada penelitian ini akan diadakan pembatasan penelitian. Data proyek yang akan diteliti memiliki batasan sebagai berikut :

  1. Proyek yang akan diteliti adalah proyek gedung bertingkat dengan jumlah lantai minimal 5 lantai
  2. Penelitian dan pengambilan data dilakukan terhadap proyek berlokasi di wilayah Jakarta
  3. Tinjauan proyek yang akan dianalisa adalah pada tahap pelaksanaan
  4. Jenis kinerja yang akan diteliti dalam peneltian ini adalah kinerja produktivitas tenaga kerja.
  5. Penelitian ini berperspektif pada kontraktor
  6. Jenis tenaga kerja pada level pekerja, pelaksana safety hingga site manager proyek

PEMILIHAN METODE PENELITIAN
Berdasarkan identifikasi masalah yang dijelaskan pada bab 1, jenis pertanyaan yang akan digunakan adalah :

  1. Jenis-jenis kecelakaan apa saja yang sering terjadi pada proyek konstruksi gedung bertingkat di Jakarta?
  2. Faktor-faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya kecelakaan pada proyek konstruksi gedung bertingkat di Jakarta?
  3. Aspek-aspek safety management apa saja yang diterapkan sebagai penanganan risiko kecelakaan dan faktor penyebab kecelakaan kerja yang berdampak terhadap produktivitas tenaga kerja pada proyek konstruksi gedung bertingkat di Jakarta?

Mengacu pada strategi penelitian yang disarankan oleh Yin (1994), maka pertanyaan penelitian yang tersebut di atas dapat dijawab dengan pendekatan Survey. Metode penelitian dipilih berdasarkan jenis data yang diinginkan. Berdasarkan data berupa kuantitatif dari variable jenis kecelakaan dan penyebabnya serta dari variabel aspek-aspek penting dalam manajemen keselamatan dan kesehatan kerja pada proyek konstruksi.

PROSES PENELITIAN
Proses penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan data sekunder dan interview langsung ke kontraktor, dimana metode penelitian ini sendiri merupakan rangkaian dari berbagai aktifitas yang pada akhirnya akan merumuskan suatu kesimpulan.

Penelitian ini dilakukan pada proyek-proyek yang menerapkan manajemen keselamatan dan kesehatan kerja dalam pembangunannya. Dari data-data yang diperoleh, suatu variabel-variabel lingkungan dapat mempunyai pengaruh yang kuat terhadap penelitian.

Dalam memilih suatu metodologi penelitian, hal yang penting untuk diketahui adalah metodologi tersebut dapat membantu mengetahui semua variabel-variabel, mekanismenya dan jumlah dari pengaruh yang kuat tersebut.

Demikian tadi adalah beberapa hal yang penting untuk disimak sehubungan dengan Skripsi Teknik Sipil PENGARUH PENERAPAN SAFETY MANAGEMENT TERHADAP KINERJA PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA ini semoga dapat membantu teman-teman mahasiswa yang sedang menyusun skripsi.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Artikel lainnya:

Filed under: Sipil

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!