mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Teknik Sipil PENGARUH PERUBAHAN ORGANISASI PENGADAAN SISTEM KONVENSIONAL MENJADI SISTEM CLUSTER TERHADAP KINERJA WAKTU PROYEK EPC . Berikut adalah uraian singkat dan lengkap tentang skripsi ini yang patut anda simak sebagai tambahan referensi anda.

Perumusan Masalah
Perusahaan EPC saat ini mulai mencari formasi baru, baik dari restrukturisasinya dan fokus bidang usaha, setelah pada tahun 1997 perusahaan perusahaan EPC harus jungkir balik diterpa badai krisis moneter tidak sedikit perusahaan EPC yang gulung tikar3. Beberapa perusahaan EPC banyak yang mengurangi karyawan non intinya.

Perusahaan EPC yang lebih bijaksana juga terpaksa harus bermain diluar Core Bussinessnya daripada harus mengurangi jumlah karyawan yang menyebabkan krisis sosial dan kondisi instabilitas di perusahaan4. Perusahaan-perusahaan EPC di Indonesia saat ini dalam membenahi kondisi kesehatannya melakukan beberapa terobosan yang dapat ditempuh untuk menyehatkan usahanya.

Salah satunya adalah dengan melakukan restrukturisasi atau perubahan organisasi yang merubah sistem mekanisme pekerjaan perusahaan, salah satunya adalah organisasi pengadaan.

Deskripsi Permasalahan
Untuk membenahi kondisi kesehatannya, dilakukanlah restrukturisasi organisasi pada sebuah perusahaan EPC, dari sistem konvensional menjadi sistem cluster yang bertujuan pula untuk meningkatkan performa kinerja sebuah perusahaan.

Salah satunya adalah perubahan organisasi perusahaan. Dampak dari restrukturisasi organisasi perusahaan EPC adalah perubahan mekanisme kerja pada phase engineering, procurement, dan construction, dimana ketiga phase tersebut tidak dapat dikerjakan secara terpisah lagi, dan sudah menjadi sebuah produk.

Perubahan organisasi perusahaan ini berakibat pula terhadap organisasi pengadaan, sehingga mempengaruhi mekanisme kerja proses pengadaan. Perubahan organisasi pengadaan berpengaruh terhadap kinerja sebuah proyek yang sedang dikerjakan oleh perusahaan tersebut, dalam hal ini adalah kinerja waktu.

Signifikansi Masalah
Berdasarkan data yang diperoleh pada salah satu perusahaan EPC terkemuka di Jakarta, diperoleh keterangan bahwa perusahaan tersebut ketika didirikan memiliki organisasi perusahaan yang dikenal dengan sistem konvensional,

Rumusan Masalah
Pelaksanaan manajemen yang sukses diukur dari pencapaian objektif proyek, salah satunya adalah kinerja waktu proyek7. Berdasarkanpembahasan di depan dapat dirumuskan suatu rumusan masalah sebagai berikut : Faktor-faktor apa saja dari restrukturisasi organisasi pengadaan proyek EPC pada perusahaan PT. X yang dominan mempengaruhi kinerja waktu proyek ?, serta bagaimana rekomendasi tindakan pencegahan dan koreksi yang dilakukan pada perusahaan untuk mengatasi kendala yang terjadi ?

Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor-faktor dari restrukturisasi organisasi pengadaan proyek EPC pada perusahaan PT. X yang dominan mempengaruhi kinerja waktu proyek serta mengetahui rekomendasi tindakan pencegahan dan koreksi yang dilakukan.

Batasan Masalah
Pembatasan penelitian yang diberikan penulis dilakukan agar lebih terarah dengan tujuan yang hendak dicapai, batasan permasalahan itu memiliki ruang lingkup sebagai berikut :

  1. Penelitian dilakukan dari sisi internal kontraktor proyek EPC
  2. Penelitian dilihat dari sektor pengadaan saja
  3. Proyek yang diteliti adalah salah satu proyek yang dilaksanakan

Demikianlah uraian singkat dan lengkap tentang Skripsi Teknik Sipil PENGARUH PERUBAHAN ORGANISASI PENGADAAN SISTEM KONVENSIONAL MENJADI SISTEM CLUSTER TERHADAP KINERJA WAKTU PROYEK EPC ini semoga dapat menambah wawasan referensi anda dalam menyusun skripsi.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Artikel lainnya:

Filed under: Sipil

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!