mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Teknik Sipil PENGARUH TINGKAT PEMAHAMAN KOMPETENSI MANAJEMEN FINANSIAL OLEH MANAJER PROYEK TERHADAP KEGIATAN – KEGIATAN TAHAP PELAKSANAAN DALAM USAHA MENINGKATKAN KINERJA BIAYA PROYEK . Berikut adalah hal penting yang dapat membantu anda memahai isi dari skripsi ini

Signifikansi Masalah
Jika seorang manajer proyek tidak menguasai manajemen finansial dengan baik maka usaha untuk mencapai kinerja proyek yang diinginkan akan sulit untuk tercapai, yaitu penyelesaian proyek dengan biaya, waktu dan mutu yang optimal, dalam hal ini tentu saja kinerja yang paling berpengaruh adalah kinerja biaya proyek.

Dengan kata lain, seorang manajer proyek akan sulit untuk menjalankan dan mencapai keberhasilan dalam proyek yang dipimpinnya jika tidak menguasai area knowledge manajemen finansial.

Rumusan Masalah
Dari uraian diatas dapat dilihat bahwa kompetensi seorang manajer proyek menjadi salah satu faktor yang berpengaruh terhadap penentu sukses yang penting bagi proyek. Sehubungan dengan itu dapat dirumuskan permasalahan yang merupakan objek dari penulisan skripsi ini yaitu, “Bagaimana pengaruh tingkat pemahaman unit kompetensi manajemen keuangan oleh manajer proyek terhadap kegiatan – kegiatan pada saat tahap pelaksanaan proyek dalam usaha meningkatkan kinerja biaya proyek”.

Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini yaitu :

  1. Untuk mengetahui tingkat pemahaman dan penguasaan manajer proyek dalam unit kompetensi manajemen keuangan.
  2. Untuk mengetahui sejauh mana pengaruh tingkat pemahaman dan penguasaan unit kompetensi manajemen keuangan oleh para manajer proyek terhadap kegiatan – kegiatan tahap pelaksanaan proyek.

Batasan Penelitian
Pembatasan penelitian ini adalah :

  1. Bakuan kompetensi yang digunakan sebagai acuan dalam pemilihan variabel adalah bakuan kompetensi yang dikeluarkan oleh LPJKN (Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Nasional)
  2. Hanya dilakukan penelitian terhadap unit kompetensi manajemen keuangan, dimana kompetensi tersebut terdiri dari tiga unsur, yaitu knowledge, skill, dan attitude.
  3. Penelitian hanya dilakukan pada manajer proyek yang terdapat pada perusahaan yang ada di Jakarta dan tidak melihat jenis proyek konstruksi dan nilai proyek yang dikerjakannya.

Kerangka Pemikiran
Salah satu cara untuk melihat suatu proyek konstruksi telah berhasil atau tidak, dapat diukur dari kinerja biaya proyek apakah biaya penyelesaian proyek tersebut telah sesuai dengan biaya penyelesaian yang telah ditetapkan dalam kontrak pelaksanaan proyek.

Manajer proyek sebagai pemimpin dalam proyek adalah faktor penentu utama dalam mencapai keberhasilan suatu proyek Salah satu usaha untuk meningkatkan kinerja biaya proyek adalah dengan pelaksanaan kegiatan – kegiatan pada tahap pelaksanaan yang optimal..

Manajer proyek harus mempunyai faktor – faktor kompetensi yang disyaratkan untuk menjamin tercapainya kegiatan – kegiatan tahap pelaksanaan proyek yang optimum. Faktor – faktor kompetensi manajer proyek sangat berpengaruh terhadap kegiatan – kegiatan tahap pelaksanaan, sehingga harus diperhatikan dengan sungguh – sungguh.

Apabila sebuah perusahaan kontraktor tidak memperhatikan faktor – faktor tersebut, maka kemungkinan besar dapat mengakibatkan kegagalan proyek, yang kegagalan tersebut dapat berupa bertam ahnya biaya penyelesaian poyek dari yang telah dianggarkan, yang berakibat fatal terhadap proyek secara keseluruhan ( waktu peyelesaian proyek yang terlambat, reputasi perusahaan menurun, dan lain – lain ).

Pertanyaan Penelitian
Pertanyaan penelitian dikembangkan untuk mengetahui hubungan dan pengaruh antara kompetensi manajer proyek dan kinerja biaya penyeleseaian proyek yang akan diteliti. Pertanyaan tersebut adalah :
1. Berapa besar ?
Mengidentifikasi sejauh mana tingkat pemahaman manajer proyek terhadap aspek kompetensi ( knowledge, skill, attitude ) manajemen finansial yang dibakukan oleh LPJKN.
2. Apa ?
Maksudnya adalah menganalisa apakah ada pengaruh dan hubungan tingkat penguasaan kompetensi manajemen finansial dengan kegiatan – kegiatan tahap pelaksanaan proyek.

Hipotesa Penelitian
Hipotesis adalah jawaban yang bersifat sementara terhadap pertanyaan penelitian yang kebenarannya masih harus diuji secara empiris. Atas dasar pertanyaan penelitian yang telah dikemukakan diatas selanjutnya disusun hipotesa penelitian yaitu, “Kompetensi area manajemen finansial berpengaruh secara signifikan terhadap kegiatan – kegiatan tahap pelaksanaan proyek”.

Berikut adalah hal penting yang dapat membantu anda memahai isi dari Skripsi Teknik Sipil PENGARUH TINGKAT PEMAHAMAN KOMPETENSI MANAJEMEN FINANSIAL OLEH MANAJER PROYEK TERHADAP KEGIATAN – KEGIATAN TAHAP PELAKSANAAN DALAM USAHA MENINGKATKAN KINERJA BIAYA PROYEK ini, semoga bermanfaat.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Artikel lainnya:

Filed under: Sipil

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!