mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Teknik Sipil PERBANDINGAN DESAIN ANTARA STRUKTUR GEDUNG FIXED BASE DAN STRUKTUR GEDUNG TERISOLASI DENGAN MEMPERTIMBANGKAN FAKTOR – FAKTOR STRUKTURAL YANG UTAMA . Berikut adalah hal-hal penting yang perlu diperhatikan dalam skripsi ini.

Tujuan Penulisan
Tujuan dari Skripsi Teknik Sipil ini adalah untuk menganalisis perilaku struktur gedung perkantoran yang menggunakan sistem konvensional denganyang menggunakan base isolation berupa high damping rubber bearing menggunakan bantuan software ETABS 9.6.

Metode Penelitian
Penulisan skripsi ini dilakukan mengunakan tahaan – tahapan sebagai berikut:

– Pencarian literatur – literatur yang berkaitan dengan topik penulis.
Sumber yang diperoleh berupa jurnal, buku, dan juga tugas akhir. Literatur diperoleh baik secara online ataupun secara manual di perpustakaan.

– Perancangan permodelan struktur
Pada tahap ini penulis merancang struktur bangunan secara tiga dimensi yang kemudian akan dianalisa.

– Input data ke software
Penulis melakukan input data – data ke software ETABS 9.6. 1.3.4 Simulasi Pada tahap ini diperoleh hasil berupa periode getar, gaya geser, displacement struktur dan isolator, dan tulangan.

– Analisa dan kesimpulan

Pada tahap ini dilakukan analisa terhadap output yang diperoleh dan dibuat kesimpulan.

Ruang Lingkup Pembahasan

Pembahasan pada Skripsi Teknik Sipil ini adalah permodelan struktur gedung empat – enam lantai secara tiga dimensi. Simulasi yang dilakukan meliputi struktur gedung konvensional (tidak menggunakan base isolation) dan struktur gedung yang menggunakan base isolation berupa high damping rubber bearing.

Pengamatan dilakukan pada struktur portal di atas isolator. Analisa dilakukan untuk mendapatkan respon struktur yang meliputi dynamic behavior dari struktur, nilai gaya geser, dan juga displacement struktur dan isolator, dan juga rasio tulangan kolom dan balok (tulangan diolah langsung dari output program tanpa memperhitungkan pertimbangan praktis di lapangan). Software bantuan yang digunakan untuk menganalisis adalah ETABS 9.6.

Hipotesis

Struktur gedung terisolasi yang dianalisa menggunakan Strength Based Design akan memiliki kinerja atau performance yang lebih baik dibanding struktur gedung konvensional (SRPMB). Selain itu gaya – gaya dalamnya juga akan lebih kecil bila dibandingkan dengan struktur gedung konvensional sehingga rasio tulangan yang dibutuhkan akan semakin sedikit.

Struktur terisolasi yang dianalisa dengan memperhitungkan pengaruh P-Delta akan menghasilkan nilai gaya geser yang lebih besar. Begitu pula dengan struktur gedung yang dimodelkan tanpa basement akan menghasilkan gaya geser yang lebih besar.

Demikian tadi beberapa hal penting dalam Skripsi Teknik Sipil PERBANDINGAN DESAIN ANTARA STRUKTUR GEDUNG FIXED BASE DAN STRUKTUR GEDUNG TERISOLASI DENGAN MEMPERTIMBANGKAN FAKTOR – FAKTOR STRUKTURAL YANG UTAMA ini. Semoga bermanfaat.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.

Filed under: Sipil

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!