mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Teknik Sipil PERILAKU BALOK BETON BERTULANG GEOPOLIMER AKIBAT PEMBEBANAN STATIS DENGAN BANTUAN SOFTWARE LABVIEW . Berikut adalah beberapa hal yang penting untuk diketahui para mahasiswa yaitu tujuan penelitian, ruang lingkup penelitian, tujuan penelitian dan lain sebagainya mengenai skripsi ini

TUJUAN
Penelitian dengan judul “Perilaku Balok Beton Bertulang Geopolimer Akibat Pembebanan Statis Dengan Bantuan Software LabVIEW” ini merupakan salah satu prasayat kelulusan penulis sebagai sarjana Teknik Sipil pada Departemen Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Selain tujuan utama tersebut di atas, secara lebih mendalam penulis melakukan penelitian ini dengan maksud untuk :

  1. Mencari alternatif bahan baru yang lebih ramah lingkungan, dengan kekuatan yang sama atau bahkan lebih baik, dalam dunia konstruksi Indonesia
  2. Memperoleh karakteristik dasar dari material beton geopolimer berupa kuat tekan, kuat tarik, dan kuat lentur
  3. Memperoleh perilaku lendutan balok beton bertulang geopolimer dalam fase elastis hingga plastis akibat diberikan pembebanan statis
  4. Memperoleh kekakuan (stiffness) dari material beton geopolimer
  5. Membuktikan bahwa material beton geopolimer ini mampu diaplikasikan di dalam struktural bangunan konstruksi Indonesia

RUANG LINGKUP PENELITIAN
Penelitian ini menelaah perilaku properti material beton geopolimer secara mekanik, bukan secara kimiawi akibat reaksi unsur-unsur penyusunnya. Perilaku mekanik diteliti dengan analisa pembebanan statis pada struktur balok beton bertulang geopolimer.

BATASAN PENELITIAN
Beberapa penelitian mengenai material beton geopolimer berbahan dasar fly ash telah dilakukan sebelumnya di Departemen Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Dari penelitian tersebut, telah ditemukan metode produksi & komposisi campuran material geopolimer (prekursor & aktivator) yang paling optimal untuk menghasilkan kekuatan beton maksimal dalam sampel kubus atau silinder.

Penelitian ini mengembangkan sampel uji menjadi balok beton bertulang geopolimer. Metode produksi sampel balok tidak semudah metode produksi sampel kubus. Penelitian mengambil fokus pada analisa perilaku balok beton bertulang geopolimer dalam keadaan elastis hingga platis akibat diberikan pembebanan statis.

HIPOTESA AWAL
Pasta geopolimer berbahan dasar fly ash dengan komposisi tertentu yang sudah diteliti sebelumnya memiliki kemampuan mengikat setaraf dengan pasta semen. Daniel A.H. (2007) menyatakan bahwa beton geopolimer berbahan dasar fly ash (abu terbang) dengan penggunaan limbah beton sebagai agregat memiliki kekuatan tekan hingga 40 MPa hanya dalam waktu 3 hari.

Abdul Hadi (2006) menyatakan bahwa beton geopolimer dengan bahan dasar bottom ash (abu dasar) memiliki kekuatan tarik yang lebih besar dari beton konvesional hingga dua kali lipatnya. Hal ini mengindikasikan bahwa material tersebut dapat mengurangi kebutuhan akan tulangan atau bahkan tidak perlu menggunakan tulangan sama sekali.

Hal inilah yang menjadi dasar pemikiran penulis untuk meneliti lebih lanjut mengenai balok beton bertulang geopolimer dengan tujuan untuk mengetahui perilaku material beton geopolimer dalam keadaan elastis dan plastis, serta mencari stiffness dari material beton geopolimer.

METODE PENELITIAN
Metode penelitian yang digunakan adalah pengujian sampel uji di laboratorium kemudian membandingkan hasil data uji antar jenis komposisi, dimana kontrol pembanding dipegang oleh teori beton konvensional.

Dari perbandingan hasil data inilah dapat diketahui perilaku-perilaku material beton geopolimer. Penelitian ini juga menggunakan metode komputerisasi dengan bantuan beberapa software, seperti software LabVIEW untuk pengujian balok beton bertulang geopolimer dan software MatLab untuk pengolahan data uji lendutan balok beton bertulang geopolimer. Secara garis besar, metode penelitian terangkum seperti ini :

  1. Pengujian Material
  2. Perhitungan Komposisi
  3. Pembuatan Benda Uji
  4. Pengujian Benda Uji
  5. Pengolahan Data Uji
  6. Analisa Perbandingan Data Uji
  7. Penarikan Kesimpulan

Demikian adalah beberapa hal yang penting untuk diketahui para mahasiswa yaitu tujuan penelitian, ruang lingkup penelitian, tujuan penelitian dan lain sebagainya mengenai Skripsi Teknik Sipil PERILAKU BALOK BETON BERTULANG GEOPOLIMER AKIBAT PEMBEBANAN STATIS DENGAN BANTUAN SOFTWARE LABVIEW ini, semoga dapat membantu para mahasisea dalam menyelesaikan skripsi.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.

Filed under: Sipil

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!