mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Teknik Sipil Perilaku Kuat Geser Tanah Gambut Dengan Uji Triaksial CU Akibat Pembasahan Dan Pengeringan Setelah Dipadatkan . Dibawah ini adalah penjelasan mengenai deskripsi masalah, maksud dan tujuan penelitian batasan masalah yang di uraikan secara lengkap mengenai skripsi ini.

Deskripsi Masalah
Dalam tugas akhir ini, pengujian pemadatan dilakukan pada contoh tanah gambut dengan kadar air dalam kisaran 120% – 140%. Kadar air tersebut tergolong rendah untuk tanah gambut pada umumnya ditemukan, karena dalam kondisi sebenarnya tanah gambut memiliki kadar air lebih besar dari 200%, ada yang mencapai kadar air lebih dari 600%.

Pada pengujian ini contoh tanah gambut yang digunakan berasal dari daerah Desa Tampan di Riau. Sampel tanah mengalami dua jenis perlakuan untuk mendapatkan kadar air pemadatan, yaitu dengan pengeringan dan pembasahan kembali.

Proses pengeringan adalah proses dimana contoh tanah gambut dihamparkan hingga tercapai kadar air yang diinginkan. Sedangkan proses pembasahan kembali adalah proses dimana contoh tanah gambut dihamparkan hingga kering udara, kemudian ditambahkan air gambut hingga tercapai kadar air yang diinginkan.

Setelah didapatkan sampel dengan kadar air yang diinginkan, dilakukan uji triaksial consolidated undrained, data-data yang didapat dari pengujian diolah untuk mendapatkan beberapa nilai dan kurva dari parameter-parameter kekuatan geser.

Pada penelitian ini, keadaan tegangan pada contoh tanah digambarkan dalam rangkaian titik-titik tegangan. Kurva yang menghubungkan titik-titik tegangan tersebut disebut lintasan tegangan (stress path).

Maksud dan Tujuan
Penelitian ini memiliki maksud dan tujuan sebagai berikut:

  1. Mempelajari sifat-sifat fisik dari tanah gambut yang berasal dari Desa Tampan Riau.
  2. Mendapatkan nilai dari parameter-parameter kekuatan geser dan kurva dari hasil uji triaksial CU untuk contoh tanah gambut Desa Tampan Riau dalam kondisi compacted consolidated undrained dengan mensimulasikan kondisi seperti di lapangan dengan pembasahan dan pengeringan.

Pembatasan Masalah
Dalam penelitian ini, digunakan alat uji triaksial untuk melakukan pengujian. Uji triaksial yang digunakan adalah uji triaksial consolidated undrained. Tiap contoh tanah diberikan tekanan yang berbeda-beda yaitu 100 kPa, 200 kPa, dan 300 kPa.

Dari hasil uji triaksial akan digambarkan kurva-kurva dengan sumbu X dan Y yang menyatakan hubungan tegangan-regangan; tegangan-tekanan efektif; dan tekanan pori-regangan yang menggambarkan keadaan sampel tanah.

Kurva-kurva dari tiap contoh tanah kemudian akan dianalisa dengan berpedoman pada literatur dan hasil penelitian sebelumnya. Dari analisa yang sudah dilakukan, maka akan ada kesimpulan yang terbentuk.

Perbedaan penelitian ini dengan penelitian sebelumnya (Andhika Ajengtyas, 2006) yang terkait dengan pengujian triaksial consolidated undrained tanah gambut setelah dipadatkan adalah kondisi sampel tanah.

Penelitian yang dilakukan sebelumnya, semua sampel tanah hanya menggunakan kondisi soaked sedangkan pada pengujian ini dilakukan kondisi sampel tanah unsoaked dan soaked dengan lama perendaman 4 hari.

Untuk penjelasan lebih detail mengenai prosedur penelitian, dapat dilihat pada bab III. Kemudian perbedaan kadar air yang dilakukan penelitian sebelumnya 80%, 100%, dan 120% sedangkan pada penelitian ini dilakukan kadar air 120% dan 140%.

Sampel tanah yang digunakan juga berbeda, pada penelitian sebelumnya digunakan sampel tanah gambut Palangkaraya sedangkan pada penelitian ini digunakan sampel tanah gambut Riau. Namun, persamaannya terletak pada tegangan konsolidasi isotropis yang digunakan yaitu sebesar 100 kPa, 200kPa, dan 300 kPa serta kondisi tanah yang dipadatkan sebelum dilakukan pengujian triaksial CU.

Demikian tadi adalah penjelasan mengenai deskripsi masalah, maksud dan tujuan penelitian batasan masalah yang di uraikan secara lengkap mengenai Skripsi Teknik Sipil Perilaku Kuat Geser Tanah Gambut Dengan Uji Triaksial CU Akibat Pembasahan Dan Pengeringan Setelah Dipadatkan. Semoga dapat membantu teman-teman yang tertarik dengan topik ini.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Artikel lainnya:

Filed under: Sipil

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!