mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Teknik Sipil STUDI PERBANDINGAN PERILAKU KINERJA CHEVRON KNEE BRACED FRAME DAN ORDINARY KNEE BRACED FRAME PADA BANGUNAN GEDUNG MENGGUNAKAN RSNI 03-1726-201X . Dibawah ini adalah penjelasan tentang tujuan penelitian, hipotesis, sampai metodelogi penelitian yang penting untuk simak, terutama bagi mahasiswa yang sedang menyusun skripsi.

Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kinerja pengaku CKB dan OKB pada bangunan bertingkat terhadap beban gempa.

Hipotesis
Struktur portal OKB akan memiliki nilai kekakuan yang lebih besar dibandingkan struktur portal CKB, sehingga displacement yang terjadi pada OKB akan lebih kecil dibandingkan struktur portal CKB. Sedangkan struktur portal CKB memiliki nilai daktilitas yang lebih besar dibandingkan dengan struktur portal OKB, sehingga struktur portal CKB dapat menyerap energi yang lebih besar dibandingkan dengan struktur portal OKB.

Batasan Masalah
Batasan masalah dalam penelitian ini yaitu :

  1. Struktur yang dibahas adalah gedung perkantoran dengan variasi tingkat untuk perbandingan yakni 6 lantai, 12 lantai, dan 18 lantai
  2. Elemen knee berada di bagian atas dari portal
  3. Material yang digunakan adalah profil baja dimana dimensi profil tiap elemen struktur didapatkan dari perhitungan yang memenuhi stress check
  4. Sistem struktur merupakan portal dengan bresing yang diletakkan di bentang kedua terluar bangunan pada tiap lantai dengan perletakan jepit
  5. Pemodelan struktur yang digunakan adalah pemodelan 3 dimensi
  6. Perhitungan beban gempa menggunakan analisis dinamik respons spektrum pada wilayah DKI Jakarta berdasarkan RSNI-1726-201X dimana asumsi jenis tanah yang digunakan merupakan tanah lunak
  7. Analisis untuk mengevaluasi perilaku keruntuhan struktur terhadap gempa menggunakan analisis pushover (beban dorong statik)
  8. Analisis menggunakan bantuan program komputer ETABS ver 9.7.0.

Metodologi Penelitian
Pada penelitian ini dilakukan tahapan-tahapan seperti berikut :

  1. Mempelajari literatur mengenai Knee Braced Frame (KBF), pengaruhnya terhadap kekuatan suatu portal, mengumpulkan data – data yang berkaitan dengan KBF dari berbagai jurnal penelitian, mempelajari kinerja dari OKB dan CKB.
  2. Membuat variasi data (jumlah tingkat dan sistem struktur KBF) sebagai perbandingan hasil, kemudian memasukkan data pembebanan ke dalam masing-masing model dengan bantuan program ETABS ver. 9.7.0 dimana beban gempa menggunakan analisis respons spektrum.
  3. Memperoleh hasil berupa gaya dalam, displacement, periode fundamental bangunan, gaya geser dasar serta momen guling berdasarkan input data yang telah diberikan sebelumnya ke dalam ETABS ver. 9.7.0.
  4. Mengecek semua profil yang digunakan (stress check dan cek lendutan) sudah melampaui kapasitas izin/belum
  5. Jikasemua profil telah memenuhi syarat, maka penulis melakukan analisis gempa dengan analisis pushover dengan parameter yang ditinjau berupa periode alami bangunan, displacement, gaya geser dasar, gaya geser tingkat dan momen guling
  6. Penulis melakukan analisa hasil yang didapatkan dari tiap model dengan perbandingan antara 3 variasi tingkat dan 2 variasi model tersebut
  7. Membuat kesimpulan dari penelitian yang dilakukan.

Demikian tadi pembahasan mengenai tujuan penelitian, batasan penelitian dan hal penting lainnya tentang Skripsi Teknik Sipil STUDI PERBANDINGAN PERILAKU KINERJA CHEVRON KNEE BRACED FRAME DAN ORDINARY KNEE BRACED FRAME PADA BANGUNAN GEDUNG MENGGUNAKAN RSNI 03-1726-201X ini , semoga bermanfaat.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.

Filed under: Sipil

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!