mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Teknik Sipil STUDI PERILAKU DINDING GESER BETON BERTULANG DAN DINDING GESER PELAT BAJA DENGAN ANALISIS STATIK NON-LINIER PUSHOVER . Berikut adalah penjelasan mengenai deskripsi masalah, tujuan penelitian dan lain-lain yang merupakan gambaran dari skripsi ini

Deskripsi Masalah
Masalah yang diteliti yaitu perbandingan perilaku struktur dinding geser beton bertulang dan dinding geser pelat baja dengan menggunakan analisis statik non linier Pushover akibat beban gempa.

Tujuan Penelitian
Tujuan dari Skripsi Teknik Sipil ini yaitu untuk memperoleh pemahaman tentang perbandingan perilaku struktur dinding geser beton bertulang dan dinding geser pelat baja dengan menggunakan analisis statik non linier Pushover akibat beban gempa.

Pembatasan Masalah
Untuk mencapai tujuan pembahasan identifikasi permasalahan akan diperjelas dengan batasan – batasan sebagai berikut :

  1. Hanya struktur bagian atas pada gedung bertingkat tinggi yang akan ditinjau yaitu 12 lantai.
  2. Hanya dilakukan analisis dari karakteristik dinamika struktur, kurva pushover hubungan gaya geser dasar (base shear)–simpangan (displacement), daktilitas yang tersedia pada struktur, dan sendi plastis akibat momen.
  3. Hanya membandingkan sistem struktur dinding geser beton bertulang dan struktur dinding geser pelat baja.
  4. Tidak memperhitungkan sambungan.
  5. Program yang digunakan adalah ETABS 9.

Metodologi Penulisan
Dalam Skripsi Teknik Sipil ini tahapan yang akan digunakan adalah sebagai berikut:

Studi Literatur

Studi literatur adalah suatu metode dalam pengambilan keputusan dan pengumpulan data berdasarkan buku-buku atau jurnal merupakan gambaran secara umum terhadap masalah di atas yaitu teori tentang sistem struktur dinding geser pelat, teori tentang analisis statik non linier pushover, dan beberapa penelitian terakhir serta penggunaan struktur dinding geser pelat baja dalam bidang konstruksi.

Desain sistem struktur dinding geser

Dalam tahap ini akan dilakukan preliminary design dan desain kapasitas sistem struktur dinding geser yang sederhana pada gedung bertingkat tinggi tahan gempa sesuai dengan peraturan yang berlaku.
Modelisasi bangunan

Dalam tahap ini, penulis akan memodelkan struktur gedung bertingkat tinggi tahan gempa dengan sistem struktur dinding geser yang telah didesain pada tahap sebelumnya secara 3 dimensi termasuk melakukan input data pada software ETABS 9.
Simulasi

Pada tahap ini akan dilakukan beberapa variasi simulasi seperti yang telah dijabarkan sebelumnya dan hasil dari simulasi tersebut akan diperoleh daktilitas dari kedua sistem struktur yang berbeda.
Analisis dan Kesimpulan

Pada tahapan ini akan dipaparkan mengenai analisis terhadap hasil simulasi yang didapat pada bab sebelumnya sehingga dihasilkan beberapa kesimpulan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

Hipotesis Penelitian

Hipotesis awal yang digunakan dalam Skripsi Teknik Sipil ini adalah bahwa penggunaan struktur dinding geser pelat baja sebagai penahan gaya lateral pada bangunan memiliki disipasi energi yang lebih baik dan memiliki keuntungan dalam hal penggunaan volume material yang lebih effisien dan optimal bila dibandingkan dengan struktur dindng geser beton bertulang.

Demikian tadi beberapa uraian tentang deskripsi masalah, tujuan penelitian dan lain-lain yang merupakan gambaran dari Skripsi Teknik Sipil STUDI PERILAKU DINDING GESER BETON BERTULANG DAN DINDING GESER PELAT BAJA DENGAN ANALISIS STATIK NON-LINIER PUSHOVER ini, semoga bermanfaat.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.

Filed under: Sipil

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!