mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Teknik Sipil STUDI PERILAKU KUAT LENTUR DAN SUSUT PADA BETON AGREGAT DAUR ULANG . Berikut adalah rumusan masalah, tujuan penelitian, hipotesa dan batasan masalah yang penting untuk diketahui para mahasiswa yang mengambil topik ini sebagai bahan skripsi.

RUMUSAN MASALAH
Pembangunan terus berlanjut menyebabkan pemakain beton semakin marak digunakan karena keawetan dan keekonomisannya. Beberapa bangunan tua yang terpaksa harus dibongkar, karena bangunan tersebut perlu diperbaharui, mengalami kerusakan, atau tidak layak untuk dihuni. Hasil bongkaran tersebut perlu dibuang, sehingga menimbulkan limbah padat.

Pembuangan limbah tersebut memerlukan biaya dan membutuhkan tempat pembuangan. Disamping itu, pada saat ini beton siap pakai (ready mix) sedang marak digunakan untuk membuat konstruksi bangunan, namun pada penerapannya sering terjadi kelebihan supply dan sisanya terkadang dibuang di sembarang tempat.

Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mendaur ulang agregat yang terdapat dalam beton atau sisa ready mix sebagai agregat alternatif, yang dapat menggantikan sebagian atau seluruh agregat alam di dalam campuran beton.

Untuk itu perlu mengetahui sejauh mana kekuatan dari agregat daur ulang yang diberikan kepada beton sehingga dikaji terlebih dahulu dengan berbagai penelitian. Hal ini dapat diuji dengan metode dan prosedur ASTM dan diuji kekuatannya seperti kekuatan tekan, lentur dan perubahan panjangnya (susut).

TUJUAN PENELITIAN
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki sejauh mana pengaruh penggunaan agregat baik kasar maupun halus daur ulang terhadap kekuatan lentur dan shrinkage (susut) pada beton.

HIPOTESIS
Kuat lentur pada beton agregat daur ulang yang didapat pada umur 28 hari lebih rendah dibandingkan dengan beton agregat alam. Dan perubahan panjang (susut) pada beton agregat daur ulang lebih cepat menyusut dibandingkan beton agregat alam. Hal ini dikarenakan, sifat kimia dan fisik agregat alam yang lebih baik dibandingkan agregat daur ulang.

BATASAN MASALAH
Pedoman, teori, peralatan dan prosedur percobaan yang dipakai dalam penulisan skripsi ini mengacu kepada standar dari American Society for Testing and Material dengan memperhatikan Standar Nasional Indonesia terbitan PusLitbang Departmen Pekerjaan Umum.

Penelitian dilakukan di Laboratorium Struktur dan Material . Lingkup penelitian terbatas pada limbah beton yang diambil dari limbah industri beton (ready mix) yang tidak terpakai lagi. Pembahasan penelitian ini ditekankan terhadap kuat lentur dan susut beton agregat daur ulang. Penelitian ini dibagi menjadi:
1. Uji material penyusun beton agregat alam
a. Agregat Kasar Alam
b. Agregat Halus Alam
2. Uji material penyusun beton agregat daur ulang
a. Agregat kasar daur ulang
b. Agregat halus daur ulang
3. Pembuatan dan pengujian benda uji

  1. Rancangan campuran beton dengan fc’ 25 MPa.
  2. Benda uji dibuat dengan variasi komposisi bahan pembentuk beton yang terdiri dari beton agregat alam, beton agregat daur ulang dan campuran keduanya.
  3. Benda uji untuk uji kuat lentur terdiri dari balok ukuran 15 cm x 15 cm x 55 cm, setiap masing-masing pengujian dipakai 3 sampel benda uji. Benda uji untuk tes kuat lentur direndam dalam bak perendam sampai umur pengujian yaitu 28 hari.
  4. Benda uji terdiri dari balok ukuran 10 cm x 10 cm x 50 cm, setiap masing-masing pengujian dipakai 3 sampel benda uji untuk pengujian susut. Benda uji dilembabkan dan diselimuti dengan kain basah. Pengujian dilakuan setiap hari sampai umur 56 hari.
  5. Komposisi bahan pembentuk beton yang dilakukan

Berikut adalah rumusan masalah, tujuan penelitian, hipotesa dan batasan masalah yang penting untuk diketahui para mahasiswa yang mengambil topik seperti Skripsi Teknik Sipil STUDI PERILAKU KUAT LENTUR DAN SUSUT PADA BETON AGREGAT DAUR ULANG ini sebagai bahan skripsi.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.

Filed under: Sipil

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!