mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Teknik Sipil STUDI PERILAKU PONDASI RIGID PADA BERTHING DOLPHIN UNTUK KAPAL CPO 30.000 DWT . Berikut adalah ruang lingkup permasalahan, tujuan penelitian, pembatasan masalah, sampai metode penelitian mengenai skripsi ini.

RUANG LINGKUP PERMASALAHAN
Ruang lingkup permasalahan yang akan dibahas adalah analisa perilaku pondasi rigid pada berthing dolphin untuk ukuran kapal CPO 30.000 DWT. Analisa perilaku pondasi ini dilakukan dengan memberikan beberapa variasi parameter dalam grup tiang, seperti jumlah tiang, sudut kemiringan tiang, dan arah kemiringan tiang.

Didalamnya termasuk pembahasan mengenai beban-beban yang terjadi, daya dukung tiang, perancangan tiang dengan program SAP2000, dan metode konstruksi yang tepat.

TUJUAN PENULISAN
Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui konfigurasi dari pondasi rigid untuk berthing dolphin, baik efisiensi maupun efektifitas, pada dermaga yang mempunyai beban kapal maksimum 30.000 DWT.

Dimana struktur berthing dolphin ini adalah struktur yang telah dibangun di Pelabuhan Teluk Bayur, Padang, Sumatera Barat. Selain itu, skripsi ini bertujuan untuk memenuhi persyaratan kelulusan menjadi Sarjana Teknik Sipil Universitas Indonesia.

PEMBATASAN MASALAH
Dalam penulisan skripsi ini terdapat beberapa pembatasan masalah, diantaranya:

  1. Pondasi dermaga yang didesain adalah untuk kapal tanker CPO 30.000 DWT.
  2. Pondasi yang dirancang adalah pondasi untuk berthing dolphin (lokasi tambatan kapal).
  3. Pondasi yang digunakan adalah tiang pipa beton-prategang (produk WIKA BETON).
  4. Perancangan yang dilakukan adalah menentukan konfigurasi grup pondasi dan kemiringannya yang efektif dan efisien, dengan melihat beban-beban yang terjadi. Dan variasi parameter yang dilakukan adalah variasi terhadap jumlah tiang, sudut kemiringan tiang, dan arah kemiringan tiang.

Modelisasi Struktur
Pada penelitian ini modelisasi dilakukan dengan menggunakan program SAP2000. Modelisasi struktur ini harus dilakukan untuk memberikan gambaran seperti apakah perilaku struktur yang akan didesain.

Dalam penelitian ini struktur yang akan dimodelisasi adalah struktur pondasi tiang rigid untuk dermaga dengan kapasitas kapal 30.000 DWT. Struktur tiang ini akan ditinjau dari perilaku strukturnya akibat beban-beban atau gayagaya yang terjadi, daya dukung material tiang, metode konstruksi yang digunakan, dan juga kaitannya dengan karakteristik tanah, dimana tiang dibenamkan.

Lapisan tanah yang ada akan diasumsikan sebagai pendukung tiang, dimana akan berdefleksi secara elastis terhadap beban lateral. Dari asumsi ini maka lapisan tanah akan dianggap seperti pegas (spring). Seperti yang telah digambarkan pada gambar 2.30.

Pegas ini merupakan modulus reaksi tanah horisontal (kh) dengan jenis tanah merupakan tanah lempung dengan kedalaman tanah keras berada pada kedalaman 50m dari muka air laut. Variasi modelisasi struk ur yang digunakan adalah variasi dari jumlah tiang dalam grup, spasi antar tiang, diameter tiang maupun sudut kemiringan tiang untuk struktur berthing dolphin.

Hasil dari variasi ini akan ditentukan konfigurasi tiang yang paling efisien dan efektif.

Input Data
Pada proses penelitian, data-data yang digunakan adalah:

  • gaya-gaya yang bekerja pada struktur
  1. gaya tumbuk kapal
  2. gaya tarik kapal
  3. gaya gelombang
  4. gaya dari pasang laut
  5. gaya gempa
  6. beban mati
  7. beban hidup

Gaya-gaya ini akan dimasukkan kedalam program sebagai tiang terfaktor
untuk menganalisa daya dukung tiang (tanah) dan sebagai beban terfaktor
untuk menganalisa komponen struktur.

  • material tiang yang digunakan
  • Modulus reaksi tanah horisontal (kh) yang dimodelkan menjadi spring dalam dua arah x dan y, dimana pengaruh grup ditinjau.
  • Variasi konfigurasi tiang pondasi rigid antara lain jumlah tiang, spasi antar tiang, diameter tiang serta sudut kemiringan tiang untuk struktur mooring dolphin.

Demikian tadi adalah ruang lingkup permasalahan, tujuan penelitian, pembatasan masalah, sampai metode penelitian mengenai Skripsi Teknik Sipil STUDI PERILAKU PONDASI RIGID PADA BERTHING DOLPHIN UNTUK KAPAL CPO 30.000 DWT ini, semoga bermanfaat.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.

Filed under: Sipil

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!