mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Teknik Sipil STUDI PERILAKU STRUKTUR GEDUNG AKIBAT PENGARUH GEMPA DENGAN MEMPERTIMBANGKAN EFEK SOIL-STRUCTURE INTERACTION . Uraian berikut ini adalah tentang rumusan masalah, tujuan penelitian dan hal penting lainnya yang dapat menambah referensi para mahasiswa yang sedang menyusun skripsi

Rumusan Masalah

Pemodelan bangunan tinggi di Indonesia umumnya dilakukan dengan mengganggap tumpuan pada bangunan adalah berupa sendi atau jepit. Setelah dianalisa struktur atas pada bangunan tersebut barulah gaya – gaya pada tumpuan dianalisa terpisah dengan memodelkan tanah dan pondasi pada pemodelan yang berbeda.

Tahapan pemodelan yang terpisah antara struktur atas dan struktur bawah ini umumnya menghasilkan nilai yang overestimate. Pemodelan struktur bawah dan struktur atas secara kesatuan dan kemudian dianalisis untuk mencari behavior dari struktur atas maupun stuktur bawah secara bersamaan jarang dilakukan.

Padahal jika dianalisis secara bersamaan, perencanaan bangunan dapat menghasilkan hasil yang lebih optimal dan sesuai dengan karakteristik di lapangan. Berdasarkan uraian di atas, maka melalui skripsi ini penulis mencoba untuk menganalisis pengaruh dari pemodelan Soil-Structure Interaction (SSI) pada bangunan tinggi dengan memodelkan tanah sebagai perletakan jepit dan juga solid element.

Pada pemodelan ini akan digunakan software SAP2000 v15 untuk menganalisis perilaku struktur tersebut terhadap beban dinamik gempa. Dari analisis ini harapannya dapat menjawab pertanyaan:

  • Apakah pengaruh dari pemodelan SSI pada struktur bangunan akibat beban dinamik gempa ?.

Berangkat dari hal itulah maka penulis membahasnya melalui judul: Studi perilaku struktur gedung akibat beban dinamik gempa dengan mempertimbangkan efek soil-structure interaction.

Tujuan Penelitian

Melihat dari rumusan masalah, maka tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perilaku struktur bangunan tinggi terhadap pemodelan SSI. Penelitian ini memfokuskan pada perilaku struktur berupa periode getar alami struktur, gaya gempa yang terjadi (seismic force), gaya geser tiap tingkat (story shear), momen guling, simpangan struktur saat gempa (displacement), dan juga story drift.

Batasan Masalah
Batasan masalah pada Skripsi Teknik Sipil adalah sebagai berikut :

  1. Variasi struktur yang digunakan adalah struktur dengan 9 lantai, 18 lantai, dan 27 lantai dengan ketinggian tipikal perlantai yaitu 3,6 meter.
  2. Masing – masing struktur memiliki 2 lantai basemen dengan ketinggian tiap lantai basement sebesar 4,6 meter.
  3. Tanah diasumsikan masih bersifat linear elastis selama gempa terjadi dan regangan pada tanah masih kecil sehingga nilai modulus geser maksimum yang digunakan dianggap cukup valid.
  4. Gelombang gempa yang terjadi pada tanah saat analisis dinamik diasumsikan telah teredam oleh modal damping sebelum sampai ke boundary tanah.
  5. Metode analisis gaya gempa yang digunakan adalah Linear Time History Analysis.
  6. Gaya gempa yang terjadi diasumsikan hanya terjadi pada struktur, sehingga nilai berat jenis tanah dapat diabaikan.

Metodologi Penelitian

Skripsi Teknik Sipil ini dimulai dengan mempelajari respon dinamik struktur dan SSI dari berbagai literatur. Lalu dilakukan pemodelan awal baik struktur maupun sebagian tanah disekelingnya dengan bantuan software SAP2000 v15.

Stuktur yang dimodelkan adalah struktur beton dengan 2 basemen dan dengan variasi 3 ketinggian yaitu 9 lantai, 18 lantai, dan 27 lantai. Sementara itu tanah dimodelkan sebagai elemen solid 3D linier dan dibandingkan dengan perletakan sederhana jepit.

Setelah pemodelan selesai, kinerja seismic bangunan tersebut akan dievaluasi berdasarkan respon strukturnya terhadap gempa Linier Time History. Hasil dari analisis mendalam ini kemudian akan dikumpulkan dan dibuat kesimpulannya.

Demikian tadi uraian singkat rumusan masalah, tujuan penelitian dan lain sebagainya tentang Skripsi Teknik Sipil berjudul STUDI PERILAKU STRUKTUR GEDUNG AKIBAT PENGARUH GEMPA DENGAN MEMPERTIMBANGKAN EFEK SOIL-STRUCTURE INTERACTION ini

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Artikel lainnya:

Filed under: Sipil

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!