mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Teknik Sipil STUDI PERILAKU SUSUT DAN KUAT TEKAN PADA BETON DENGAN MENGGUNAKAN SERAT KAWAT BENDRAT . Berikut ini adalah penjelasan tentang rumusan masalah, tujuan penelitian dan lain-lain yang berkaitan dengan judul skripsi di atas

Perumusan Masalah
Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini antara lain :

  1. Bagaimana pengaruh penggunaan serat kawat bendrat terhadap kuat tekan dan susut beton dengan variasi kadar serat pada beton masingmasing 4%,6%,8%,10%, dan 12% dari berat semen.
  2. Komposisi serat yang paling optimum untuk kuat tekan dan susut beton yang masing-masing akan diuji pada umur beton 3,7,14, dan 28 hari untuk kuat tekan dan untuk uji susut pada umur beton 28 hari.

Tujuan Penelitian
Tujuan yang akan dicapai dari Skripsi Teknik Sipil ini antara lain : Untuk mengetahui karakteristik bahan penyusun beton, meliputi :

  1. Agregat kasar : gradasi, ketahanan aus, berat jenis, kadar air agregat kasar, finess modulus.
  2. Agregat halus : gradasi, kadar lumpur, berat jenis, finess modulus
  3. Mengetahui pengaruh penambahan serat kawat bendrat terhadap workability yaitu kemudahan pengerjaan beton.

Batasan Masalah
Mengetahui hubungan kuat tekan dan susut pada beton dengan komposisi penambahan serat 4%, 6%, 8%, 10% dan 12% Secara khusus, penelitian ini difokuskan pada penggunaan kawat bendrat sebagai serat pada sampel beton.

Semen yang digunakan dalam pembuatan sampel adalah PCC (Portland Comporite Cement) dengan nilai faktor air semen pada kisaran 0,5. Dengan menggunakan agregat dari alam (pasir ex.Cimangkok dan split ex.Rumpin) serta penambahan kawat bendrat dengan panjang 3±0,3cm dan berdiameter 0,8mm.

Selain itu, dalam campuran beton juga digunakan admixture yang berupa fly ash ex.Surlaya. Untuk penelitian digunakan 15% fly ash menggantikan berat semen. Mutu beton yang direncanakan dalam penelitian adalah fc’ 25 MPa dengan slump 15±2 cm. Penelitian yang dilakukan meliputi kuat tekan dan susut dari sampel beton.

Benda uji berupa silinder berdimensi 10 x 20 cm dan 15 x 30 cm digunakan untuk uji kuat tekan dan benda uji berupa balok berukuran 10 x 10 x 50 cm Variasi yang akan digunakan sebagai pembanding adalah variasi penambahan kawat bendrat dengan variasi 4%, 6%, 8%, 10%, 12%. Dimana beton tanpa penambahan serat kawat bendrat diklasifikasikan sebagai beton dengan kadar serat 0%. dan 7,5 x 7,5 x 25,4 cm digunakan untuk uji susut.

Hipotesis
Dengan penambahan serat yang mengurangi berat semen akan meningkatkan kuat tekan beton dan mengurangi susut pada beton.

Demikian tadi uraian mengenai perumusan masalah, tujuan penelitian, hipotesa dan lain-lain yang menyangkut Skripsi Teknik Sipil STUDI PERILAKU SUSUT DAN KUAT TEKAN PADA BETON DENGAN MENGGUNAKAN SERAT KAWAT BENDRAT ini semoga bermanfaat.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Artikel lainnya:

Filed under: Sipil

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!