mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Teknik Sipil STUDI RESPON SEISMIK BANGUNAN BERTINGKAT YANG MEMPUNYAI TRANSFER BEAM DARI RANGKA BAJA . Dibawah ini adalah penjelasan mengenai tujuan penelitian , hipotesa dan lainnya yang penting untuk para mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi.

Tujuan Penulisan
Adapun tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk melakukan studi terhadap respon seismik struktur bangunan bertingkat secara tiga dimensi yang menggunakan transfer beam dari rangka baja, di mana bangunan bertingkat tersebut dibangun di atas sebuah bangunan lama yang merupakan heritage building. Analisa yang dilakukan akan dibantu dengan program ETABS.

Metode Penelitian
Penulisan skripsi ini dilakukan melalui tahapan-tahapan kerja sebagai berikut

Studi literatur

Dalam tahapan ini, Penulis melakukan studi literatur mengenai analisis dinamika struktur melalui buku-buku, jurnal, atau tugas akhir. Analisis dinamika struktur dari sumber yang dicari berkaitan dengan analisis respon seismik bangunan bertingkat. Selain itu, Penulis melakukan studi literatur mengenai transfer beam dari rangka baja.

Preliminary design

Dalam tahapan ini, Penulis menentukan desain awal dari bangunan yang akan dianalisis, yakni dengan menentukan bentuk bangunan, properti material yang digunakan, dan estimasi dimensi komponen struktur.

Modelisasi struktur dan beban dengan variasi parameter

Pada tahapan modelisasi struktur, Penulis menggunakan software sebagai penunjang dalam analisis. Modelisasi struktur dilakukan dalam bentuk tiga dimensi yang dimodelkan dengan beberapa variasi, yaitu variasi jumlah lantai/ tingkat dan variasi sistem sambungan pada rangka baja. Pada tahapan ini juga dilakukan kombinasi pembebanan untuk setiap variasi yang telah disebutkan di atas.

Input Pemograman Setelah modelisasi struktur dilakukan,

Dilakukan input pada program dengan modelisasi struktur yang telah dibuat sebelumnya dengan berbagai variasi. Input pemograman dilakukan untuk setiap kombinasi pembebanan pada setiap variasi model struktur.

Simulasi dan Analisis

Hasil dari input pada program ini akan diperoleh respon seismik struktur berupa karakteristik dinamik, displacement, momen guling, partisipasi massa, dan gaya geser tingkat pada struktur. Dari hasil tersebut, maka dilakukan analisis terhadap hasil yang telah didapatkan.

Kesimpulan

Dari hasil analisis yang dilakukan, maka Penulis dapat mengambil kesimpulan akhir dari hasil penelitian pada skripsi ini.

Ruang Lingkup Pembahasan

Pembahasan masalah pada skripsi ini adalah model struktur bangunan bertingkat dengan transfer beam dari rangka baja. Simulasi yang dilakukan oleh Penulis yakni meliputi struktur bangunan yang memiliki transfer beam dari rangka baja dengan variasi jumlah lantai (yaitu 4 lantai, 6 lantai, dan 8 lantai) serta dengan variasi sistem sambungan dari rangka baja yakni rangka baja dimodelkan sebagai rangka batang dengan sambungan sendi dan rangka baja dimodelkan sebagai portal/rangka rigid.

Adapun variasi sistem sambungan dimodelkan hanya pada bangunan 8 lantai. Keseluruhan struktur diteliti dengan analisis respon seismik yang menggunakan analisis CQC (Complete Quadratic Combination) dengan asumsi percepatan gempa pada wilayah 3 tanah lunak Indonesia.

Dalam skripsi ini, Penulis tidak meninjau masalah praktis atau kenyataan di lapangan, melainkan hanya menganalisis berdasarkan teori saja. Selain itu, untuk variasi sistem sambungan, Penulis juga tidak melakukan pendetailan sambungan melainkan hanya melihat respon seism k struktur dan kinerja sistem transfer dari kedua sistem sambungan tersebut.

Hipotesis Awal

Bangunan yang akan diteliti merupakan bangunan bertingkat yang menggunakan transfer beam dari rangka baja. Transfer beam dari rangka baja ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan akan kinerja batas ultimate yang terjadi dan memenuhi daya layan (servicibility limit) sesuai dengan yang ditargetkan.

Dalam penelitian ini, digunakan variasi jumlah lantai/tingkat dan variasi sistem rangka baja. Perbedaan jumlah lantai akan menimbulkan dimensi profil yang berbeda-beda di mana semakin banyak jumlah lantai yang dipikul, semakin besar pula profil yang digunakan. Dalam penelitian ini, penambahan profil akan tidak linier terhadap penambahan beban.

Demikian tadi uraian dari beberapa sub bab dalam Skripsi Teknik Sipil STUDI RESPON SEISMIK BANGUNAN BERTINGKAT YANG MEMPUNYAI TRANSFER BEAM DARI RANGKA BAJA ini, semoga bermanfaat.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.

Filed under: Sipil

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!