mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Teknik Sipil STUDI SIFAT MEKANIK PAVING BLOCK TERBUAT DARI LIMBAH ADUKAN BETON DAN SERBUK KACA . Dibawah ini uraian penting seperti perumusan masalah, tujuan penelitian, batasan masalah dan lain sebagainya yang menyangkut skripsi ini

Perumusan Permasalahan
Permasalahan utama yang akan diangkat pada Skripsi Teknik Sipil ini adalah sebagai berikut :

  1. Bagaimana peranan penambahan limbah sisa adukan beton dan serbuk kaca yang diberikan terhadap karakteristik paving block
  2. Menentukan kadar komposisi serbuk kaca yang tepat dalam menentukan kekuatan paving block optimum.

Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian ini adalah :

  1. Memanfaatkan agregat sisa adukan beton dan limbah kaca untuk pembuatan paving block
  2. Mengetahui seberapa besar pengaruh penambahan agregat sisa adukan beton dan limbah kaca terhadap sifat-sifat mekanik dan fisik dari pembuatan paving block
  3. Mengurangi permasalahan kerusakan alam yang diakibatkan oleh pembuangan limbah beton dan limbah kaca
  4. Mengetahui nilai kuat tekan, kuat lentur dan absorpsi pada pembuatan paving block dengan bahan utama agregat sisa adukan beton dengan menambahkan serbuk kaca 0%, 10%, 20 % dan 30% dari berat semen.

Batasan Masalah
Batasan masalah dalam Skripsi Teknik Sipil ini adalah:

  1. Semen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Semen Portland sesuai dengan syarat yang ditentukan dalam SNI 15-2049-94 dan ASTM C150- 81
  2. Agregat halus yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari limbah sisa adukan beton PT. Adhimix yang sudah dikeringkan dan dihancurkan.
  3. Air yang digunakan dalam pengujian ini berasal dari air tanah yang terdapat pada pabrik paving block di jalan joe no. 38 Rt 002 Rw 03 Jagakarsa Lenteng Agung.
  4. Berdasarkan riset yang telah dilakukan di Columbia University dan survei di kota New York serta sumber sumber yang ada, dinyatakan bahwa kaca berwarna hijau yang digiling halus dapat digunakan pada beton untuk menghasilkan mutu yang tinggi.
  5. Serbuk kaca yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari peleburan sisa botol minuman heineken dan bir bintang yang dihancurkan dengan menggunakan mesin abrasi (los angeles) dengan tebal kurang lebih 3 mm dan lolos ayakan no. 200

Pengujian yang dilakukan terhadap material agregat adalah pengujian sifat fisiknya meliputi uji berat jenis dan penyerapannya, uji berat isi, analisis saringan dan kadar lumpur. Sedangkan pengujian untuk sampel paving block meliputi pengujian kuat tekan, kuat lentur dan absorpsi.

Skripsi Teknik Sipil yang dilakukan meliputi kuat tekan/desak, kuat lentur dan penyerapan air/absorpsi dari sampel paving block. Benda uji cetakan paving block berbentuk balok dengan ukuran panjang 20 cm, lebar 10 cm, dan tebal 8 cm. Untuk uji kuat tekan dilakukan pada umur 7 hari, 14 hari dan 28 hari.

Untuk uji kuat lentur hanya dilakukan pada umur 7 hari, 14 hari dan 28 hari. Sedangkan untuk uji resapan dilakukan pada umur 14 hari, 28 hari, 49 hari dan 56 hari. Variabel yang digunakan sebagai pembanding adalah variabel kadar serbuk kaca dengan variasi 0%, 10%, 20%, 30%. Dimana paving block tanpa penambahan serbuk kaca diklasifikasikan sebagai paving block dengan kadar serbuk kaca 0% .

Demikian tadi beberapa uraian yang menyangkut tentang Skripsi Teknik Sipil STUDI SIFAT MEKANIK PAVING BLOCK TERBUAT DARI LIMBAH ADUKAN BETON DAN SERBUK KACA ini. Semoga bermanfaat.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Artikel lainnya:

Filed under: Sipil

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!