mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Teknik Sipil STUDI SIFAT-SIFAT MEKANIS BETON YANG MENGGUNAKAN AGREGAT KASAR DARI PLASTIK JENIS POLYETHYLEN TEREPHTALATE (PET) . Dibawah ini adalah perumusan masalah, batasan masalah, tujuan penelitian dan lainnya mengenai skripsi ini

PERUMUSAN MASALAH
Dari latar belakang di atas dapat dirumuskan masalah sebagai berikut :

  • Kemungkinan penggunaan limbah plastik botol minuman daur ulang/ Polyethylen terephthalate (PET) sebagai bahan baku pembuatan agregat kasar ringan buatan.
  • Seberapa besar pengaruh agregat kasar ringan buatan terhadap sifat-sifat mekanis beton seperti kuat tekan, modulus elastisitas dan perbandingan angka Poisson, kuat tarik belah, kuat tarik beton dan agregat, kuat lentur, kuat geser, susut dan rangkak.

BATASAN MASALAH
Lingkup dari penelitian ini terbatas pada penelitian terhadap karakteristik material pembentuk beton ringan dan beton ringan itu sendiri terutama sifat-sifat mekanisnya. Penelitian terhadap karakteristik material pembentuk beton lebih dikhususkan pada agregat kasar ringan buatan yang berasal dari limbah plastik botol minuman daur ulang/ Polyethylen terephthalate (PET) yang mengacu pada standar ASTM C.330, “Standar Spesification for Lightweight Aggregates for Structural Concrete”.

Pengujian agregat kasar ringan dibatasi pada pengujian, diantaranya :

  • Pengujian berat jenis dan penyerapan air
  • Pengujian bobot isi dan rongga udara dalam agregat
  • Pengujian kuat tekan agregat

Pengamatan terhadap sifat-sifat mekanik pada hanya pada kuat tekan, modulus elastisitas dan perbandingan angka Poisson, kuat tarik belah, kuat tarik beton dan agregat, kuat lentur, kuat geser, susut dan rangkak yang mengacu pada ASTM dan SNI.

TUJUAN PENELITIAN
Tujuan utama penulisan ini adalah untuk memperoleh data dan pengetahuan tentang karakteristik agregat kasar ringan buatan yang berasal dari limbah plastik botol minuman daur ulang/ Polyethylen terephthalate (PET) dan kemudian menggunakan agregat kasar ringan buatan tersebut dalam campuran beton ringan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh agregat kasar ringan buatan yang berasal dari limbah plastik botol minuman daur ulang/ Polyethylen terephthalate (PET) terhadap sifat-sifat mekanis beton ringan yang akan dihasilkan.

Dari penelitian ini diharapkan dapat diperoleh suatu gambaran tentang sifat mekanis dari beton ringan yang menggunakan agregat kasar ringan buatan dari limbah plastik. Untuk kemudian menyimpulkan apakah limbah plastik botol minuman daur ulang/ Polyethylen Terephthalate (PET) ini efektif digunakan sebagai bahan baku pembuatan agregat kasar ringan dan sebagai alternatif material pengganti agregat ringan alami untuk membentuk beton ringan struktural.

METODE PENULISAN
Tahap awal dari penulisan ini adalah dengan penelusuran literatur untuk memahami karakteristik plastik terutama Polyethylen Terephthalate (PET), karakteristik agregat ringan beserta klasifikasinya, karakteristik beton ringan beserta klasifikasinya, metode rancang campur (mix design) yang tepat digunakan dalam rancang campur beton ringan.

Tahap selanjutnya adalah studi percobaan laboratorium, dimana dilakukan proses pembuatan agregat kasar ringan dari limbah plastik botol minuman daur ulang, pengujian terhadap agregat kasar ringan yang dihasilkan, melakukan perhitungan rancang campur beton untuk mendapatkan proporsi yang tepat dengan menggunakan agregat kasar ringan dari limbah plastik botol minuman daur ulang, pengujian terhadap beton segar (fresh concrete) dan beton keras (hardened concrete).

Selanjutnya membuat benda uji berdasarkan jenis pengujian yang dilakukan dan menganalisa hasil yang diperoleh dari pengujian tersebut.

Dibawah ini adalah perumusan masalah, batasan masalah, tujuan penelitian dan lainnya mengenai Skripsi Teknik Sipil STUDI SIFAT-SIFAT MEKANIS BETON YANG MENGGUNAKAN AGREGAT KASAR DARI PLASTIK JENIS POLYETHYLEN TEREPHTALATE (PET) ini, semoga bermanfaat.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.

Filed under: Sipil

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!