mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Teknik Sipil TINJAUAN OPTIMALISASI BIAYA DAN WAKTU MENGGUNAKAN METODE LEAST COST SCHEDULING . Dibawah ini adalah perumusan masalah, maksud dan tujuan penelitian, batasan masalah dan metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini.

PERUMUSAN MASALAH
Pekerjaan konstruksi umumnya mengacu kepada desain awal yang sudah direncanakan. Namun dalam proses pekerjaannya selalu dihadapkan kondisi yang tidak terduga seperti kondisi alam, kondisi lingkungan sekitar, situasi sosial yang ada, yang semuanya dapat menyebabkan penyimpangan atau keterlambatan progress dari rencana semula. Penyimpangan ini berimbas kepada durasi dan biaya yang sudah direncanakan.

Untuk memperbaiki penyimpangan progress tersebut, maka di lakukan suatu upaya percepatan pada pekerjaan yang mengalami keterlambatan.Oleh karena itu, penelitian yang dilakukan pada kesempatan ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah menentukan durasi dan biaya, pada kondisi diperlukannya percepatan waktu dengan menggunakan metode least-cost scheduling pada Proyek Pembangunan Flyover Arif Rahman Hakim, Depok.

MAKSUD DAN TUJUAN PENELITIAN
Maksud dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah menentukan durasi dan biaya yang optimum, pada kondisi diperlukannya percepatan waktu dengan menggunakan metode least-cost scheduling pada Proyek Pembangunan Flyover Arif Rahman Hakim, Depok.

Adapun tujuan dari penulisan ini adalah menentukan durasi dan biaya optimum, pada kondisi diperlukannya percepatan waktu dengan menggunakan metode least-cost scheduling pada Proyek Pembangunan Flyover Arif Rahman Hakim, Depok.

BATASAN MASALAH
Batasan dalam melakukan pendekatan studi kasus adalah sebagai berikut:

  1. Studi kasus dibatasi pada pekerjaan pier IV yang mengalami keterlambatan dan berpengaruh terhadap progress pekerjaan selanjutnya.
  2. Tidak membahas dampak proses konstruksi proyek terhadap lingkungan disekitarnya.
  3. Dasar–dasar percepatan durasi dan sumber daya yang akan digunakan pada analisa dengan metode least-cost scheduling sesuai dengan kondisi aktual perencanaan percepatan durasi.
  4. Dalam melakukan analisa, potensi denda yang mungkin muncul akibat rencana percepatan yang tidak terlaksana tidak digunakan, karena secara faktual dapat dilakukan renegosiasi.
  5. Penelitian dilakukan dari perspektif kontraktor.

Pendahuluan
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimanakah menentukan durasi dan biaya yang optimum, pada kondisi diperlukannya percepatan waktu dengan menggunakan metode least-cost scheduling pada Proyek Pembangunan Flyover Arif Rahman Hakim, Depok. Pada bab ini antara lain akan menjabarkan kerangka penelitian, teknik pengolahan data yang digunakan, teknik menganalisa dengan least-cost

Kerangka Penelitian
Dalam setiap penelitian pada umumnya dikenal dengan istilah “metode penelitian”. Dengan adanya penelitian ini diharapkan agar setiap langkah yang akan dilakukan sesuai dengan yang diharapkan sehingga penelitian tersebut dapat selesai pada tahap pengambilan keputusan. Ada dua macam pendekatan penelitian yaitu pendekatan secara kuantitatif dan secara kualitatif.

1. Pendekatan Kuantitatif
Pendekatan kuantitatif mencari pengumpulan data yang aktual dan untuk mempelajari hubungan antara fakta-fakta, bagaimana fakta tersebut dan hubungannya, apakah sesuai dengan teori, serta pencarian dari setiap penelitian yang telah dilaksanakan sebelumnya (literatur). Teknik dalam sains digunakan untuk mendapatkan ukuran-ukuran atau data-data yang dikuantitatifkan. Analisa dari data mendapatkan hasil yang kuantitatif dan kesimpulan-kesimpulan didapatkan dari evaluasi-evaluasi teori-teori yang ada beserta literaturnya.

2. Pendekatan Kualitatif
Pendekatan Kualitatif dilakukan untuk mendapatkan informasi yang tersirat dan memahami persepsi objek. Dalam pendekatan kualitatif pengertian, pendapat dan pandangan objek yang diinvestigasi dan data yang dihasilkan belum tentu terstruktur. Konsekuensinya objektifitas dari data kualitatif sering dipertanyakan, khususnya bagi orang-orang yang berpendidikan teknik/sains, yang mempunyai ”tradisi kuantitatif”. Analisa data cenderung lebih sulit untuk dipertimbangkan dari pada data kuantitatif. Untuk melaksanakan penelitian dilakukan pendekatan sebagai berikut:

  1. Pencarian topik, Pencarian topik pada penelitian ini dilakukan sesuai dengan minat dan keinginan penulis untuk memperdalam pengetahuannya, berdasarkan pada kemampuan penulis terhadap topik yang akan di ambil.
  2. Survey Pustaka, Survey pustaka dilakukan untuk mengetahui sejauh mana teori-teori yang relevan dan sesuai dengan topik penelitian yang akan di lakukan
  3. Penetapan Judul, Penetapan judul dilakukan untuk menegaskan dan memfokuskan penelitian yang akan dilakukan yang dapat mewakili keseluruhan isi dari penelitian ini.
  4. Perumusan Masalah, Perumusan masalah di tentukan untuk lebih fokus ruang lingkup masalah yang akan di teliti dan di analisa.
  5. Kajian Pustaka, Dilakukan pengumpulan informasi yang menjadi dasar teori dari berbagai pustaka, jurnal, penelitian-penelitian terdahulu.
  6. Pengumpulan Data, Pengumpulan data yang merupakan lebih banyak data sekunder dan berkaitan dengan optimalisasi biaya dan waktu pada objek yang di tinjau, dengan meninjau secara langsung ke lokasi proyek tersebut
  7. Pengolahan dan Analisa Data, Pada tahap ini, pengolahan dan Analisa data dilakukan terhadap objek yang di tinjau dengan metode yang digunakan.
  8. Temuan dan Kesimpulan, Setelah menganalisa data, di dapatkan temuan yang dapat menjawab perumusan masalah yang ditetapkan di awal.
  9. Validasi, Tahap terakhir yaitu memvalidasikan hasil dari analisa yang di dapat. Validasi dapat dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya yaitu: melalui pakar dibidangnya, referensi/ literatur, tool yang sesuai dengan topik penelitian.

Demikian tadi adalah perumusan masalah, maksud dan tujuan penelitian, batasan masalah dan metode penelitian yang digunakan dalam Skripsi Teknik Sipil TINJAUAN OPTIMALISASI BIAYA DAN WAKTU MENGGUNAKAN METODE LEAST COST SCHEDULING ini, semoga bermanfaat.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.

Filed under: Sipil

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!