mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Tujuan utama akuntansi adalah menyajikan informasi ekonomi dari suatu kesatuan ekonomi kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Diharapkan juga informasi akuntansi berguna dalam penghitungan zakat yang benar atau sesuai syariah. Untuk itu diperlukan adanya penyesuaian pengukuran dan pengakuan sejumlah rekening-rekening pada laporan keuangan, karena tidak semua metode akuntansi yang biasa dipakai sesuai dengan prinsip-prinsip syariah Islam.

Dalam skripsi ini bertujuan untuk menerapkan metode pengukuran dan penilaian rekening untuk penghitungan zakat mal perusahaan. Dalam studi kasus ini, peneliti mencoba menerapkannya pada CV Adi Komunika Enterprise yang merupakan perusahaan dengan bentuk usaha dagang dan jasa.

Pendekatan penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode terapan atau pengembangan. Metode yang digunakan adalah dengan melakukan penerapan teori akuntansi syariah dan hukum zakat dalam rangka memecahkan masalah
penghitungan zakat mal CV Adi Komunika Enterprise. Analisis kualitatif lebih banyak digunakan dalam skripsi ini dengan menguraikan data dengan cara memberikan pengertian, penjelasan dan penaksiran pada data yang dianalisis.
Analisis ini akan digunakan dalam penentuan pengukuran dan pengakuan rekening laporan keuangan untuk penghitungan zakat mal dan penentuan rekening yang dimasukkan dalam penghitungan zakat mal perusahaan, yang didasarkan pada landasan teori yang digunakan penulis. Barulah setelah itu secara kuantitatif penghitungan zakat dilakukan.

Hasil analisis dalam skripsi ini menunjukkan bahwa CV Adi Komunika Enterprise masih menggunakan metode pengukuran dan pengakuan yang konvensional, maka dalam penghitungan zakatnya diperlukan penyesuaian metode
pengukuran dan pengakuannya. Perubahan yang terjadi terutama pada metode pengukuran persediaan perusahaan. Karena CV Adi Komunika Enterprise memakai kos historis sebagai atribut yang diukurnya dalam mengukur nilai persediaannya.

Sedangkan untuk penghitungan zakat, nilai pada saat penghitungan zakat (current value) merupakan atribut yang diukur sebagai penilaian aset perusahaan, lebih tepatnya menggunakan harga jual sekarang (current exit price). Dengan mengacu pada aturan harta benda yang wajib dizakati, maka rekening-rekening yang berhubungan dengan penghitungan zakat pada CV Adi Komunika Enterprise secara garis besar terdiri dari tiga golongan utama yakni; Kas, Persediaan, dan Utang.

Zakat mal CV Adi Komunika Enterprise dihitung dengan cara mengurangkan utang terhadap jumlah kas dan persediaan dan mengalikannya dengan tarif zakat sebesar 2,575% atas dasar periode akuntansi selama 1 (satu) tahun masehi sebagai haulnya.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Artikel lainnya:

Filed under: Skripsi

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!