mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Teknik Industri Analisis Keandalan dan Penentuan Persediaan Optimal Komponen Mesin Sludge Separator di PTPN III PKS Sei Mangkei. Aktivitas produksi sering mengalami hambatan dikarenakan tidak berfungsinya mesin-mesin produksi. Hal ini mengakibatkan penumpukan dalam aliran proses produksi sehingga target produksi dan jadwal penyelesaian produk tidak terpenuhi.

Dalam Skripsi Teknik Industri Analisis Keandalan dan Penentuan Persediaan Optimal Komponen Mesin Sludge Separator di PTPN III PKS Sei Mangkei ini dijelaskan bahwa diperlukan sebuah sistem pemeliharaan mesin yang memadai agar diperoleh reliability (keandalan) mesin yang optimal. PT. Perkebunan Nusantara III PKS Sei Mangkei merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pengolahan kelapa sawit yang sering mengalami kendala seperti kerusakan mesin produksi atau menunggu datangnya unit mesin/komponen yang dipesan/dibeli untuk menggantikan komponen yang rusak.

Sistem perawatan yang selama ini berjalan masih bersifat corrective maintenance sehingga setiap ada kerusakan, bagian perawatan hanya melakukan perbaikan dengan mencari kerusakannya, dan mengganti komponen yang rusak tanpa memperhatikan keandalannya atau kondisi mesin saat itu apakah mampu beroperasi sesuai dengan yang diharapkan.

Penelitian Skripsi Teknik Industri Analisis Keandalan dan Penentuan Persediaan Optimal Komponen Mesin Sludge Separator di PTPN III PKS Sei Mangkei ini akan dilakukan pengembangan sistem pemeliharaan mesin dengan pendekatan Reliability Engineering yang tujuannya adalah mendapatkan nilai Mean Time To Failure (MTTF) sebagai basis informasi untuk melakukan penggantian komponen (jadwal pemeliharaan) berdasarkan data historis sebelum terjadinya kerusakan/kegagalan komponen. Selain itu juga bertujuan mendapatkan jumlah kebutuhan komponen untuk mendukung persediaan optimal komponen mesin.

Pemilihan komponen kritis dilakukan dengan metode ABC sehingga didapat empat komponen kritis yaitu Nozzle d = 1,7 mm, Roller Bearing 2231 EFAG, Bearing FAC 22318 EKC3, dan Gland Packing Unicop Steel. Dari hasil pengolahan data dan pembahasan yang dilakukan diperoleh nilai MTTF Nozzle d = 1,7 mm sebesar 95.2441 hari, Roller Bearing 2231 EFAG sebesar 115.2596 hari, Bearing FAC 22318 EKC3 sebesar 119,6667 hari, dan Gland Packing Unicop Steel sebesar 75,8713 hari.

Dari hasil perhitungan MTTF masing-masing komponen tersebut, dihasilkan interval waktu penggantian untuk masing-masing komponen yaitu komponen Nozzle d = 1,7 mm sebesar 31 hari, Roller Bearing 2231 EFAG sebesar 68 hari, Bearing FAC 22318 EKC3 sebesar 50 hari, dan Gland Packing Unicop Steel sebesar 28 hari. Untuk ukuran pemesanan optimal masing-masing komponen dalam 1 tahun untuk komponen Nozzle d = 1,7 mm sebanyak 4 unit, Roller Bearing 2231 EFAG sebanyak 3 unit, Bearing FAC 22318 EKC3 sebanyak 4 unit, dan Gland Packing Unicop Steel sebanyak 4 unit. Skripsi Teknik Industri Analisis Keandalan dan Penentuan Persediaan Optimal Komponen Mesin Sludge Separator di PTPN III PKS Sei Mangkei.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Filed under: Teknik Industri

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!