mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Teknik Industri Perancangan Sistem Informasi Persediaan Bahan Baku di PT. Prabu Jaya. PT. Prabu Jaya merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang pengolahan kayu. Produk utama yang dihasilkan oleh perusahaan ini adalah pintu kayu. Perusahaan ini berlokasi di Jalan Patumbak No. 10-A Km 8 Medan Tanjung Morawa, Medan-Sumatera Utara.

Dalam Skripsi Teknik Industri Perancangan Sistem Informasi Persediaan Bahan Baku di PT. Prabu Jaya ini dijelaskan bahwa rumusan masalah di perusahaan ini adalah adanya kesulitan untuk mendapatkan informasi pada bagian persediaan bahan baku dikarenakan belum adanya sistem informasi persediaan bahan baku yang terintegrasi ke departemen yang membutuhkan data persediaan bahan baku termasuk belum akuratnya perhitungan bahan yang dibutuhkan.

Tujuan dari penelitian Skripsi Teknik Industri Perancangan Sistem Informasi Persediaan Bahan Baku di PT. Prabu Jaya ini adalah untuk merancang sistem informasi persediaan bahan baku berbasis komputer yang dapat diimplementasikan sebagai pendukung perencanaan dan pengendalian persediaan bahan baku di PT. Prabu Jaya. Metode perancangan sistem informasi yang digunakan dalam penelitian perancangan ini adalah metode berorientasi objek dimana metode ini menggunakan diagram UML (Unified Modelling Language) dalam perancangan model visual sistem informasi persediaan bahan baku sedangkan pada perhitungan bahan digunakan metode EOQ dan POQ.

Sistem informasi ini dirancang menggunakan Visual Basic 6 sebagai software perancangan sistem informasi dan akses database menggunakan Microsoft Access 2003. Adapun rancangan report (laporan) persediaan bahan baku menggunakan software Crystal Report 8.5. Proses perancangan sistem informasi ini meliputi analisis struktur sistem, desain (model visual, database dan antar muka) dan implementasi (perangkat keras dan perangkat lunak).

Adapun dalam perancangan model visual menggunakan beberapa diagram diantaranya use case diagram, activity diagram, statechart diagram, class diagram, sequence diagram, collaboration diagram, component diagram dan deployment diagram. Adanya rancangan sistem informasi berbasis komputer ini memberikan beberapa keuntungan seperti aliran informasi antar departemen yang berhubungan dengan persediaan bahan baku lebih cepat, adanya penghematan waktu dalam proses penyediaan bahan baku sebesar 75 menit dengan menggunakan sistem informasi hasil rancangan, penyimpanan data persediaan bahan baku lebih aman dan rapi serta hasil perhitungan persediaan yang lebih akurat. Selain itu, dengan adanya sistem informasi rancangan ini, direktur dapat mengakses informasi yang ada secara cepat sehingga mendukung direktur dalam proses pengambilan keputusan. Skripsi Teknik Industri Perancangan Sistem Informasi Persediaan Bahan Baku di PT. Prabu Jaya.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Filed under: Teknik Industri

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!