mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Teknik Industri Perancangan Sistem Informasi Perusahaan Dengan Pendekatan Model REA (Resources, Events, Agents) Enterprise Pada PTPN IV Kebun Dolok Ilir. Unit Pengolahan Kelapa Sawit PTP. Nusantara IV Kebun Dolok Ilir sebagai perusahaan yang bergerak dibidang perkebunan kelapa sawit dan penghasil CPO (Crude Palm Oil) dan PKO (Palm Kernel Oil), memiliki bermacam-macam proses internal dalam menjalankan sistem bisnisnya.

Dalam Skripsi Teknik Industri Perancangan Sistem Informasi Perusahaan Dengan Pendekatan Model REA (Resources, Events, Agents) Enterprise Pada PTPN IV Kebun Dolok Ilir ini dijelaskan bahwa proses tersebut adalah proses finansial proses pengadaan bahan baku, dan penolong, ATK, operating assets, solar dan layanan pemerintah atau pembayaran pajak, proses penggajian dan pengadaan asuransi tenaga kerja, proses konversi dan proses pemeriksaan mutu, proses penjualan, proses pengadaan listrik, dan proses pengadaan air.

Melihat kondisi ini, PTP Nusantara IV Kebun Dolok Ilir membutuhkan suatu sistem informasi perusahaan. Sistem informasi yang tidak terletak pada masing-masing depertemen, melainkan berupa sebuah sistem yang terpadu yang dapat dipakai oleh sejumlah departemen secara bersama-sama. Sistem informasi yang mengintegrasikan bagian keuangan, penjualan, pembelian, manufaktur, dan sumber daya manusia.

Dengan sistem informasi seperti ini, informasi dapat diperoleh dengan cepat. Pengambilan keputusan juga dapat terlaksana dengan cepat. Perencanaan sistem informasi perusahaan dengan pendekatan model REA (Resources, Event, Agents) dapat langsung menggambarkan proses bisnis internal perusahaan, aktivitas didalamnya, pelaku dan sumber daya yang digunakan atau dihasilkan oleh proses bisnis tersebut yang penting bagi perusahaan, dan dijadikan entitas atau objek database.

Untuk mencapai tujuan sistem informasi perusahaan yang terintegrasi dan terkomputerisasi, perancangan sistem informasi perusahaan ini menggunakan software PHP My SQL dan Microsoft Access 2003, Visual Basic 8 untuk interface dan memanfaatkan topologi LAN untuk mengintegrasikan sistem informasi antar bagian.

Topologi LAN yang dirancang adalah topologi star. Dengan menggunakan model REA (Resources, Event, Agents) Enterprise ini maka pengumpulan, pencarian, dan perolehan data serta penyajian laporan dapat dilakukan dengan cepat melalui perancangan program aplikasi interface yang memiliki operasi-operasi penambahan data, pengubahan data, penghapusan data, dan penampilan serta pencetakan laporan.

Dimana dalam mengaplikasikan sistem ini diperlukan banyak perangkat hardware dan software serta operator-operator didalam perusahaan yang terlatih. Operasi-operasi tersebut sangat mudah digunakan karena hanya dengan menekan tombol operasi-operasi tersebut pada program aplikasi interface yang dibuat. Interface adalah hubungan tatap muka antara pengguna dalam hal ini karyawan Unit Pengolahan Kelapa Sawit PTP Nusantara IV Kebun Dolok Ilir dengan database yang dirancang.

Program aplikasi interface yang dibuat juga memberikan pengamanan hak akses untuk menambah, mengubah, dan menghapus data. Hal ini ditujukan untuk melindungi database dari pengubahan dan penghapusan data dari karyawan yang tidak berwenang. Pengamanan akses ini dilakukan dengan memasukkan nama pengguna/ karyawan dan password yang telah didaftarkan ke administrator. Skripsi Teknik Industri Perancangan Sistem Informasi Perusahaan Dengan Pendekatan Model REA (Resources, Events, Agents) Enterprise Pada PTPN IV Kebun Dolok Ilir.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Filed under: Teknik Industri

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!